Cara Mengatasi Grogi/ Demam Panggung !

Demam panggung atau grogi salah satu masalah yang sering dialami ketika berbicara didepan banyak orang. Rasa takut dan gemetar, sehingga sulit untuk menyampaikan pendapat didepan umum. 
Perasaan tersebut wajar, misalnya seperti berpidato, membawakan acara, bahkan saat terlibat dalam kegiatan lainnya. Berikut ini cara mudah untuk mengatasi grogi/demam panggung; 

1. Lakukan Persiapan

Maksudnya adalah siapkan materi, dan seluruh perlengkapan atau atribut yang diperlukan. Persiapan adalah penting yang tidak bisa disepelekan.

2. Lebih Awal

Ini salah satu cara untuk menghilangkan grogi supaya dapat melihat kondisi dan keadaan sekitar. Datang lebih awal sangat baik, agar tidak tergesa-gesa, serta menjadikannya lebih santai.

3. Baca situasi dan kondisi

Wajib memperhatikan kondisi acara, berkomunikasi dengan baik, dan terus aktif kepada seluruh tamu undangan. 

4. Relaksasi

Pastinya selain persiapan sudah selesai, harus sesuai dengan semua yang dibutuhkan. Selanjutnya tarik nafas dan santai dengan keadaan sekitar.

5. Tampil memikat

Tampil memikat penonton atau audiens dengan bahasa tubuh yang sesuai, membuat orang lebih nyaman dengan sopan dan santun. Perhatikan cara memikat orang lain dengan kenyamanan dan ketenangan. Diam dan tersenyum akan mengungkap berbagai rahasia keadaan.

6. Gunakan kontak mata

Usahakan arah tatapan fokus mata ke audience dan berekspresi. Jika anda merasa grogi usahakan pandangan fokus di atas kepala audience sambil tersenyum, termasuk saat anda menyebut tamu VIP, maka pandanglah pejabat yang ada dihadapan dengan menunduk sebagai tanda hormat.

7. Mulai acara dan kendalikan

Pada saat panitia pengarah acara belum menyatakan siap untuk membuka acara maka, aktifkan suara musik sesuai kondisi di pengeras suara. Cara lain, selaku MC dapat menghibur dan mencairkan suasana dengan baik. 

8. Lakukan dengan emotional content

Ini bertujuan untuk membuat suasana terjalin kebersamaan dan keakraban secara dialogis. Usahakan agar pembicaraan yang sampaikan memiliki emosi yakni dengan melakukan penegasan setiap kata dan pengulangan kata, serta menunda kata, dan untuk memperpanjang kata.

9. Kuasai panggung untuk memberikan rasa santai pada acara. dapat anda lakukan dengan hal-hal berikut ini :

Langkahkan kaki dengan melangkah penuh keyakinan dan ketenangan.

Atur strategi tempat anda berdiri yang tepat dan nyaman agar dapat dilihat dan disaksikan oleh semua orang.

Posisi berdiri tegak lurus dan tidak membungkuk, hindari bersandar di dinding atau di sound sistem.

Awali acara anda dengan mendahulukan mengucapkan salam yang tulus dari hati.

Bicaralah dengan tehnik suara yang jelas, dan tidak terlalu cepat serta lambat, hindarkan jangan monolog tapi secara berdialog, perpadukan dengan menggunakan intonasi suara anda yang sesuai dan jelas. Perhatikan ekspresi agar tetap terlihat baik. Tetap bawakan acara dengan menjadi diri sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel