Cara Membuat Makalah/ Tugas

Makalah merupakan salah satu tugas dalam kegiatan belajar pada siswa di sekolah atau mahasiswa di perguruan tinggi. 

Makalah memiliki urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format halaman, format gambar, format tabel dan masih banyak lagi aturan baku yang menjadikan makalah menjadi sebuah hasil karya ilmiah.

Makalah sebagai suatu bentuk terkecil dari penulisan karya ilmiah. Saat memulai penulisannya harus selalu berpedoman pada sistem penulisan dan runtutan kalimat  dengan hasil pokok bahasannya. 

Berikut ini, sistem penulisan kerangka awal makalah, yaitu:

1. Cover

Buatlah terlebih dahulu cover. (hardcover atau softcover) sebaiknya desain cover lebih menarik dan tidak terlalu banyak pariasi, cukup dengan logo dan identitas. 

2. Judul

Setelah cover selesai, langkah selanjutnya buatlah judul makalah sesuai dengan tema yang akan di bahas. Usahakan dalam menulis judul lebih jelas dengan huruf kapital dan dicetak tebal sesuai ukuran yang ditentukan pada pedoman penulisan.

3. Kata Pengantar/Prakata

Kata pengantar ucapan terimakasih atas selesainya tulisan anda.
Contoh kata pengantar:

Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pemurah. Puji syukur kehadiratnya, pada kesempatan ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan, baik jasmani dan rohani.  

Makalah ini disusun secara maksimal dan didukung bantuan dari banyak pihak, sehingga dapat memberikan kelancaran dari pembuatannya. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini.

Kami sangat menyadari sepenuhnya bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan baik dari segi kalimat maupun tata bahasa dan konsepnya. Oleh karena itu, sebagai bahan pembelajaran untuk kedepannya saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan, agar dapat memperbaiki makalah ilmiah yang akan datang.

Semoga makalah ilmiah ini dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat dan bermanfaat bagi pembaca.

                            Lampung, 1 April 2018
                                                   Penyusun 

4. Daftar Isi

Ini merupakan daftar dari isian seluruh makalah anda. Daftar isi dibuat sesuai aturan tang ditentukan dengan memberikan keterangan nomor dan sub judul masing-masing. Agar pembaca tidak kebingungan dengan tulisan anda.

5. Bab I: Pendahuluan

Pendahuluan dibuat sebagai awal permasalahan yang akan di angkat. Tulislah pendahuluan yang menyangkut tema dari makalah.

6. Bab II: Isi

Ditahap ini merupakan bagian terpenting dari sebuah makalah. Bagian isi merupakan pembahasan yang dituangkan dari pokok pemikiran dan teori dari refrensi anda. Buatlah bagian isi lebih fokus dan tidak terlalu melebar.

7. Bab III: Penutup

Penutup dibuat sebagai bentuk kesempurnaan dari makalah. Adanya kalimat penutup sebagai bagian akhir, dengan penjelasan rangkuman sebagai kesimpulan dari sub judul secara keseluruhan.

8. Daftar Pustaka

Setiap makalah wajib memiliki daftar pustaka, hal ini sebagai penguat dari seluruh materi dan teori yang anda tuliskan. Cantumkan di bagian daftar pustaka meliputi judul buku, nama pengarang, tahun berapa.
contoh:

-Departemen Pendidikan Nasional, 2010, Sistem Penilaian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Panduan Pembelajaran Ujian Bahasa Indonesia, Bandung: Depdiknas.

-Radar Lampung TV, 2018, 05 Mei. Menyambut Pemilu 2019 Kpu Gelar Sosialisasi Parade Budaya, Halaman 13.

Dalam membuat daftar pustaka yang meliputi jurnal ilmiah, majalah, buku, interview, dan surat kabar, dari website atau internet, yang penting sumber dan datanya sesuai.

Pembuatan makalah sebaiknya banyak mempersiapkan refrensinya, supaya hasil makalah lebih baik.

Demikian cara membuat makalah yang baik, untuk lebih mudah mulailah menulis. Semakin banyak berlatih, maka lebih mudah saat mengerjakannya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel