Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Makalah/ Tugas

Makalah merupakan salah satu tugas mahasiswa dalam melaksakan perkuliahan baik untuk makalah pribadi maupun kelompok. Tugas makalah akan dikumpulkan dan dipresentasikan. Membuat makalah bagi mahasiswa sudah tidak asing di telinga. 

Mahasiswa sudah biasa membuat makalah sebagai tugas wajib perkuliahan. Sehingga semua lebih mengerti jika berbicara mengenai makalah. Makalah sebagai sumber penilaian selama perkuliahan yang tidak boleh terlewatkan bagi mahasiwa. 

Membuat makalah memang beragam, namun disesuaikan dengan pedoman akademik masing-masing-masing Perguruan Tinggi. Sehingga contoh makalah disini, hanya sebatas tambah fefrensi saja dan sebagai pengingat bahwa terdapat banyak pengalaman bagi mahasiswa jika berbicara tentang makalah. 

Makalah memiliki urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format halaman, format gambar, format tabel dan masih banyak lagi aturan baku yang menjadikan makalah menjadi sebuah hasil karya ilmiah. 

Membuat karya ilmiah dapat mengikuti berbagai pedoman, namun disesuaikan dengan aturan yang telah diberlakukan di perguruan tinggi. Menulis karya ilmiah makalah, membuat seseorang sudah biasa, bagi yang biasa mengerjakan tugas. 

Makalah sebagai suatu bentuk terkecil dari penulisan karya ilmiah. Saat memulai penulisannya harus selalu berpedoman pada sistem penulisan dan runtutan kalimat  dengan hasil pokok bahasannya. 

Berikut ini, sistem penulisan kerangka awal makalah, yaitu:

1. Cover

Buatlah terlebih dahulu cover. (hardcover atau softcover) sebaiknya desain cover lebih menarik dan tidak terlalu banyak pariasi, cukup dengan logo dan identitas. 

2. Judul

Setelah cover selesai, langkah selanjutnya buatlah judul makalah sesuai dengan tema yang akan di bahas. Usahakan dalam menulis judul lebih jelas dengan huruf kapital dan dicetak tebal sesuai ukuran yang ditentukan pada pedoman penulisan.

3. Kata Pengantar/Prakata

Kata pengantar ucapan terimakasih atas selesainya tulisan anda. Contoh kata pengantar:

Kata Pengantar 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pemurah. Puji syukur kehadiratnya, pada kesempatan ini kita masih diberikan kesehatan, keselamatan, baik jasmani dan rohani.  

Makalah ini disusun secara maksimal dan didukung bantuan dari banyak pihak, sehingga dapat memberikan kelancaran dari pembuatannya. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini.

Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan baik dari segi kalimat maupun tata bahasa dan konsepnya. Oleh karena itu, sebagai bahan pembelajaran untuk kedepannya saran dan kritik membangun dari pembaca sangat di harapkan, agar dapat memperbaiki makalah ilmiah yang akan datang.

Semoga makalah ilmiah ini dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat dan bermanfaat bagi pembaca.

                            Bandarlampung, 21 April 2018
                            Penyusun 

4. Daftar Isi

Ini merupakan daftar dari isian seluruh makalah anda. Daftar isi dibuat sesuai aturan tang ditentukan dengan memberikan keterangan nomor dan sub judul masing-masing. Agar pembaca tidak kebingungan dengan tulisan anda.

5. Bab I: Pendahuluan

Pendahuluan dibuat sebagai awal permasalahan yang akan di angkat. Tulislah pendahuluan yang menyangkut tema dari makalah.

6. Bab II: Isi

Ditahap ini merupakan bagian terpenting dari sebuah makalah. Bagian isi merupakan pembahasan yang dituangkan dari pokok pemikiran dan teori dari refrensi anda. Buatlah bagian isi lebih fokus dan tidak terlalu melebar.

7. Bab III: Penutup

Penutup dibuat sebagai bentuk kesempurnaan dari makalah. Adanya kalimat penutup sebagai bagian akhir, dengan penjelasan rangkuman sebagai kesimpulan dari sub judul secara keseluruhan.

8. Daftar Pustaka

Setiap makalah wajib memiliki daftar pustaka, hal ini sebagai penguat dari seluruh materi dan teori yang anda tuliskan. Cantumkan di bagian daftar pustaka meliputi judul buku, nama pengarang, tahun berapa.
contoh:

- Departemen Pendidikan Nasional, 2010, Sistem Penilaian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Panduan Pembelajaran Ujian Bahasa Indonesia, Bandung: Depdiknas.

- Radar Lampung Tv, 2018, 05 Mei. Menyambut Pemilu 2019 Kpu Gelar Sosialisasi Parade Budaya, Halaman 13.

Dalam membuat daftar pustaka yang meliputi jurnal ilmiah, majalah, buku, interview, dan surat kabar, dari website atau internet, yang penting sumber dan datanya sesuai. Sehingga karya ilmiah makalah, akan rapih dan sesuai buku panduan. 

Pembuatan makalah sebaiknya banyak mempersiapkan refrensinya, supaya hasil makalah lebih baik. Tentunya karya ilmiah memiliki sumber yang banyak, memudahkan dalam menjabarkannya. 

Demikian cara membuat makalah yang baik, untuk lebih mudah mulailah menulis. Semakin banyak berlatih, maka lebih mudah saat mengerjakannya. Paling penting saat membuat makalah perhatikan petunjuk di buku panduan baik fakultas maupun universitas.