Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Blog, Sarana Menulis

Blog atau Weblog adalah website atau jurnal yang dilakukan secara online berisi tentang beragam informasi dengan membuat postingan tulisan artikel di Blog. Blog memiliki konten yang dikelola dengan santai.

Pengguna Blog disebut Blogger atau publisher yang dapat berbagi mengenai, tips atau cara, pengalaman berupa diary parenting, dan membuat tulisan dari sudut pandang pribadi maupun orang lain untuk menyampaikan pesan positif yang dapat bermanfaat kepada pembaca.

Membuat konten tulisan pada blog menggunakan gaya bahasa tulisan yang seadanya dan sesuai keinginan pribadi. Sehingga tidak harus tertulis secara formal yang penting tulisan tersebut memiliki makna tujuan yang bermanfaat kepada pembaca. 

Misalnya, Blog diary parenting, Blog Pribadi, Blog tentang kesehatan, Blog tentang bisnis, atau Blog dengan konten tulisan mengenai perjalanan wisata ke suatu tempat, membahasa tentang Budaya, tentang kuliner, dan masih banyak lainnnya. 
Kemajuan tekhnologi banyak menghadirkan berbagai macam media sosial yang dapat di jadikan sebagai sarana menulis atau coretan. Salah satunya media sosial Blog, yang dapat di gunakan untuk menyimpan berbagai tulisan dan dapat diakses oleh pembaca. Sehingga pembaca akan mendapatkan informasi positif saat mengakses situs tersebut.
  
Membuat Blog dapat berbagi inspirasi baik dari sudut pandang pribadi dan dari berbagai pihak secara berkesinabungan. Dalam menulis Blog memang menghadirkan gaya penulisan yang beragam.

Tapi teruslah belajar karena sejatinya, hidup adalah universitas kehidupan yang nyata dan tidak lepas dari pembelajaran.

Untuk mendapatkan motivasi agar semangat dalam menulis, maka dapat belajar dengan membaca tulisan Jurnalis, Penggiat Literasi, Sastrawan, dan lainnya. Sebagai bahan refrensi untuk membuat artikel tulisan.

Tulisan mereka dapat membangunkan semangat yang memberikan inspirasi untuk semuanya. Ingat, Setiap orang adalah guru, maka belajarlah dengan orang-orang terdekat.

Manfaat Blog 

Sebelum membuat Blog, mesti ada tujuannya. Maka perlu membedakan antara Blog atau Blog untuk media online. Supaya fokus pada konten yang akan ditulis Untuk lebih jelas dalam perumpamaannya, ialah: "Semua Jeruk adalah buah, tapi semua buah belum tentu jeruk".

Berarti dapat disimpulkan bahwa: "Semua Blog adalah Website, tapi semua Website belum tentu Blog". Coba kita lihat, jika Blog maka pembahasan bukan kriminal, info politik, hukum dan HAM. 

Tulisan yang dibuat berdasarkan sudut pandang pribadi maupun sudut pandang orang lain dengan gaya penulisan yang berbeda-beda. Topiknya seperti pengalaman, tips trik, parenting dan lainnya. 

Begitupula Blog untuk media online yang membahas tentang topik berita. Namun blog media online, pembahasannya lebih luas. Dapat membuat berbagai konten tulisan untuk pembaca. Tentunya harus terdaftar di dewan pers, sebagai legalitasnya.