Manfaat Blog, Sarana Menulis

Blog atau Weblog adalah website atau jurnal yang dilakukan secara online berisi tentang  beragam informasi dengan membuat postingan tulisan artikel di Blog. Blog memiliki konten yang dikelola secara pribadi maupun kelompok user.

Pengguna Blog disebut Blogger atau publisher yang dapat berbagi mengenai, tips atau cara, pengalaman berupa diary parenting, dan membuat tulisan dari sudut pandang pribadi maupun orang lain untuk menyampaikan pesan positif yang dapat bermanfaat kepada pembaca.Membuat konten tulisan pada blog menggunakan gaya bahasa tulisan yang seadanya dan sesuai keinginan pribadi. Sehingga tidak harus tertulis secara formal yang penting tulisan tersebut memiliki makna tujuan yang bermanfaat kepada pembaca. 
Misalnya, Blog diary parenting, Blog Pribadi, Blog tentang kesehatan, Blog tentang bisnis, atau Blog dengan konten tulisan mengenai perjalanan wisata ke suatu tempat, membahasa tentang Budaya, tentang kuliner, dan masih banyak lainnnya. Sehingga pembaca akan mendapatkan informasi positif saat mengakses pads situs tersebut.

Kemajuan tehnologi banyak menghadirkan berbagai macam media sosial yang dapat di jadikan sebagai tulisan, atau coretan. Salah satunya media sosial Blog, yang dapat di manfaatkan sebagai sarana menulis.
  

Membuat Blog dapat berbagi inspirasi baik dari sudut pandang pribadi dan dari berbagai pihak secara berkesinabungan. Dalam menulis Blog memang menghadirkan gaya penulisan yang beragam, dan terdapat kesalahan, misalnya ketidak singkronan kalimat-kalimatnya. Tapi teruslah belajar karena sejatinya, hidup adalah universitas kehidupan yang nyata dan tidak lepas dari pembelajaran.

Untuk mendapatkan motivasi agar semangat dalam menulis, maka dapat belajar dengan membaca tulisan Jurnalis, Penggiat Literasi, Sastrawan, dan lainnya. Tulisan mereka dapat membangunkan semangat yang memberikan inspirasi untuk semuanya. Ingat, Setiap orang adalah guru, maka belajarlah dengan setiap orang.

Kemudian untuk media online informasi yang ditulis mengutamakan informasi yang terjadi pada hari ini, seperti kriminal, politik, hukum dan HAM. Tulisan dikemas secara formal dan konsisten setiap harinya. Nah, media online harus terdaftar secara legalitas resmi di Dewan Pers. 

Kemudian media online juga lebih luas pembahasan kontennya, seperti tips trik, kesehatan, olahraga, wisata, budaya, dan sebagainya.

Berbeda jika Blog yang tidak membahas lebih detail tentang informasi kriminal, dan politik yang terjadi setiap hari dengan tulisan teks berita. 

Sebelum membuat Blog, mesti ada tujuannya. Maka perlu membedakan antar Blog atau Blog untuk media online. Untuk lebih jelas dalam perumpamaannya, ialah: "Semua Jeruk adalah buah, tapi semua buah belum tentu jeruk".

Berarti dapat disimpulkan bahwa: "Semua Blog adalah Website, tapi semua Website belum tentu Blog". Coba kita lihat, jika Blog maka pembahasan dan gaya tulisannya tidak mengandung pemberitaan seperti kriminal, info politik, hukum dan HAM. 

Karena lebih banyak tulisan coretan yang lebih kepada tips, konten tentang strategi bisnis dan lainnya. Dibuat berdasarkan pandangan pribadi maupun sudut pandang orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel