Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hemat Penuhi Kebutuhan Makan Anak Kosan

Anak kosan juga mesti hidup hemat. Mencukupi kebutuhan mulai dari makanan, biaya untuk kebutuhan tugas harus terarah dengan jelas. Tak perlu berlebihan menggunakan biaya sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan terpenting. 

Mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti makan misalanya, maka tidak perlu pilih-pilih. Hemat adalah pangkal kaya, untuk urusan makanan cukup dengan memasak nasi, sayuran atau lauk. 

Namun jika malas memasak, bisa membeli di warung makan. Tapi sebisa mungkin harus tetap diperhatikan, jangan sampai melebih jumlah pengeluaran harian yang jumlahnya tidak semestinya. 
Bagi anak kosan makanan terkadang menjadi masalah, karena harus di penuhi setiap waktu. Namun Jika tidak dikontrol dengan baik, akan menggunakan uang dengan leluasa tanpa memperhatikan pengeluaran. Sehingga menjadi pribadi yang boros dan tidak dapat mengatur keuangan dengan baik. 

Nah untuk mengatasinya, berikut tips makanan anak kosan yang menyehatkan dan hemat. Makan tetap lancar dan keuangan terkontrol dengan baik. Simak dengan semangat, berikut ini:

Memasak nasi

Nasi sebagai menu utama makanan. Untuk lebih hemat, masaklah nasi setiap hari disesuaikan  waktu makan. Jika memiliki sisa uang lebih, sekali-kali makan diluar, sesuai keinginan. Namun jangan terlalu sering, sesuaikan jumlah uang yang dimiliki. 

Masak Sayur

Cara hemat memenuhi kebutuhan  makan bagi anak kosan berikutnya ialah memasak sayur. Membuat hidangan tumisan, buncis, toge, dan sawi dengan tambahan ikan teri. Ini sudah cukup untuk menjadi sayur untuk makan. 

Goreng telur dadar, dan sesekali memasak ikan jika memungkinkan. Dengan memasak sendiri akan membuat hidup jadi hemat. Bukan berarti tidak boleh beli nasi dan sayuran jadi. Namun disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki.

Membuat masakan sendiri supaya lebih hemat dan irit. Memasak menu sendiri sebagai anak kosan juga menyehatkan. Contohnya sayuran di tumis, membuat sambal, telur dadar, ikan goreng, tahu tempe dan lalapan mentah. Itu sudah nikmat terasa. 

Jika ingin makan dengan sayuran lengkap sesuai keinginan, sesekali beli sayuran jadi. Makan lancar, hemat dan sehat. Hidup hemat pangkal kaya. Setidaknya bisa mengatur keuangan sebagai anak kosan, agar terbiasa. 

Kemudian bisa mengatur kebutuhan, dari yang terpenting. Jangan jadi hidup boros, karena boros salah satu hal yang merusak dan termasuk dalam sesuatu yang berlebihan. Intinya agar hemat untuk kebutuhan makan, memasak. Sesekali beli makanan jadi, apalagi jika rasa malas mulai menggerogoti. 

Nah, biasakan hidup hemat dan sederhana. Selalu bersyukur, kebutuhan dapat terorganisir dengan baik. Maka gunakan cara yang hemat dan tidak menjadi pribadi yang boros. Sangat lumayan, dengan uang seadanya dapat mencukupi kebutuhan hidup dengan baik.