6 Cara Memilih Organisasi Yang Baik

Organisasi memiliki peran penting dalam pengembang diri bagi seseorang. Dalam organisasi pengkaderan setiap anggota akan diberikan pemahaman dan pembelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan, baik lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Namun faktanya, tidak semua orang menyukai organisasi. Tergantung cara pandang dan keinginannya. Bagi mahasiswa organisasi sangat bermanfaat. Sebagai cara dalam mengembangkan pola pikir, meningkatkan spiritual kepada pencipta, dan mengasah kemampuan baik skill maupun soft skill.

Cara Memilih Organisasi Bagi Mahasiswa

Mengikuti organisasi harus didasari atas keinginan pribadi, tidak ikut-ikutan, atau keterpaksaan. Cara memilih dan menentukan organisasi disesuaikan dengan tujuan dan keinginan. Sebagai sarana pembelajaran dan dapat diterapkan pada masyarakat. 
Untuk mengatasi kebingungan dalam menentukan pilihan organisasi yang akan diikuti, maka simak cara memulainya berikut ini;

1. Cocokan dengan Kemampuan

Memilih organisasi khususnya bagi kalangan mahasiswa yaitu mengenali kemampuan diri dan tujuannya. Misalkan ingin menjadi seorang atlet, maka perlu memilih organisasi di bidang olahraga yang disukai. 

Jika hal tersebut sudah dikenali maka akan sangat mudah dalam memilih organisasi yang tersedia. Mengikuti organisasi tidak dengan tujuan maka akan sia-sia.

2. Sistem Organisasi

Sebelum mengikuti suatu organisasi perlu memperhatikan sistemnya. Organisasi pengkaderan atau organisasi massa. Tentukan keinginan sesuai cara pandang masing-masing agar dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh di masyarakat.

3. Visi Misi Organisasi

Mengenal organisasi dilihat dari Visi dan Misi. Supaya dapat mengetahui tujuan suatu organisasi tersebut. Apabila Visi dan Misi organisasi sesuai, maka ikuti dan berproseslah dengan baik.

4. Konsep Pengkaderan

Perlu diperhatikan saat memilih organisasi adalah memperhatikan pengkaderannya. Tahapan dalam pengkaderan yang baik menurut pandangan anda. Setiap organisasi memiliki pengkaderan yang beragam, mulai dari tahap pendaftaran sampai menjadi anggota.

5. Solidaritas Organisasi

Cara memilih organisasi selanjutnya ialah  mencari tahu solidaritas antara sesama anggota, dan alumni. Solidaritas akan terlihat apabila setelah mengikuti sistem pengkaderan dan setelah menjadi keanggotaan. Untuk itu, sebelum memilih organisasi alangkah baiknya untuk mempertimbangkan.

6. Kontribusi Organisasi

Memilih organisasi dapat dipertimbangkan dari aspek kontribusi dari organisasi. Kontribusi untuk organisasi dan masyarakat. Supaya manfaat organisasi sesuai Visi dan Misi dapat sejalan dengan baik.

Menjadi anggota perlu memperhatikan dengan baik mengenai hubungan antar kader, program kegiatan dan solidaritas kepada semua anggota. Tanpa adanya pengelompokan karena berbeda ideologi dan persepsi.

Perbedaan ideologi dan persepsi dalam lingkup organisasi adalah hal yang wajar. Namun bukan untuk dipermasalahkan, tetapi sebaiknya disatukan agar terciptanya perdamaian dan solidaritas yang baik untuk kedepannya.  

Demikian cara memilih organisasi yang baik agar dapat bermanfaat. Terus berproses secara konsisten dan belajar dengan tulus dan ikhlas yakin usaha sampai. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel