Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budiker Ragam Seni Budaya Daerah

Budiker adalah seni budaya melayu yang ada di daerah. Budiker dibawakan dengan lirik bahasa arab oleh laki-laki, tabuhan rebana sebagai pengiringnya. Budiker biasanya dilakukan saat upacara adat pernikahan. 

Namun karena kondisi dan Seni budiker sangat rumit, dapat dijadikan sebagai pengingat akan keragaman seni budaya daerah. 

Budiker melantunkan doa dalam liriknya dan sholawat, budiker memiliki seni saat dilantunkan. Dilakukan malam hari, sampai selesai. Seni budaya memiliki keunikan di tiap-tiap daerah. 
Seni budaya Budiker sebagai warisan sejak dahulu masih terlestarikan di daerah, khususnya dikalangan orang tua yang mengetahui. 

Seni budaya budiker seringkali dilakukan saat upacara pernikahan. Tapi saat ini, upacara pernikahan dapat dibuat sederhana, sehingga dapat dilakukan tanpa membuat acara yang berlebihan. 

Budiker ialah seni budaya melayu yang unik, yang dipengaruhi oleh kebudayaan Arab, khususnya dari sisi bahasa. Upacara adat pernikahan di daerah Lampung, dapat dilakukan menggunakan adat dan seni budaya. Asalkan pihak penyelenggara mampu melakukannya. 

Ragam kesenian daerah di Indonesia dapat dikenali, untuk sekadar menambah pengetahuan. Menjadi pengingat bahwa Seni budaya melayu sangat kaya. 

Walaupun demikian, sebagai Warga Negara Indonesia. Sangat bangga, setidaknya dapat menggunakan budaya bangsa di utamakan, salah satunya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di Indonesia. Foto: @kruimotret