Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Berkarir Jadi Voice Over/Dubber Talent

Menjadi Voice Over/ dubber Talent yang sukses tentu butuh perjuangan. Maka untuk menjadi voice over atau dubber perlu latihan untuk menghasilkan suara yang bagus. 

Akan tetapi, menjadi Voice Over bukan tentang suara yang bagus, tapi bagaimana membuat suara agar menghasilkan karakter suara unik, menarik, dan sesuai.

Artinya bukan hanya sekadar berbicara dan merekam suara, melainkan di sesuaikan pada program yang tepat. Misalnya untuk pembuatan iklan. Apakah iklan TVC, iklan layanan masyarakat, atau iklan produk, dan lainnya. 

Tertarik memulai karir menjadi Voice Over atau dubber talent? Mulailah dengan cara sebagai berikut:

1. Mulai berlatih

Voice over sebagai profesi bagi yang sesuai dengan bidangnya. Maka untuk memulai berkarir jadi voice over ialah mulai berlatih. Latihan sebagai persiapan agar terbiasa dan menghasilkan suara yang tepat. 
Menjadi Voice Over Talent yang profesional juga siap membuat narasi sesuai permintaan konsumen. Artinya persiapan ini, perlu dimiliki seorang voice over atau dubber talent, supaya lebih profesional.

Berlatih dapat membaca contoh iklan voice over atau dubber talent lainnya. Salah satu contoh kecil ialah ketika melihat jargon tulisan pada benner atau spanduk yang anda temui di jalan raya, baca dengan intonasi semampunya terlebih dahulu. 

2. Belajar Voice Over/Dubber

Ketika sudah biasa memulai latihan dengan satu atau dua teks. Maka terus belajar untuk mencari referensi dari para voice over/dubber terkenal lainnya. 

Memulai karir sebagai voice over atau dubber butuh refrensi yang banyak. Agar bisa menirukan iklan lainnya. Menjadi voice over atau dubber talent yang sukses tidaklah cepat. Artinya butuh waktu untuk memulai, berlatih, dan mengembangkannya.

3. Ikut Training/Seminar

Memulai voice over atau dubber talent agar sukses, maka sempatkan untuk mengikut pelatihan atau training di seminar. Biasanya para voice over atau dubber mengadakan pelatihan secara umum yang mendatangkan publik speaker yang sudah lebih dulu memulai. 

Gunakan traning atau pelatihan tersebut dengan baik. Fokus dalam mengikuti pelatihan akan memberikan pengetahuan dan informasi mengenai cara jadi voice over atau dubber yang baik. 

Mengikuti kelas dalam seminar voice over menjadi kesempatan terbaik untuk sharing kepada narasumber dan berbagi pengalaman bagaimana memulai karir di dunia voice over/dubber talent yang sukses. 

4. Mengikuti Casting/Audisi VO

Jika persiapan awal sudah memadai, maka cobalah mengikuti casting atau audisi. Gunakan sosial media dengan bijak untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mengikuti casting/audisi voice over atau dubber. 

Mungkin di tahap awal mengalami kegagalan, jangan putus asa. Untuk menjadi yang terbaik harus terus mencoba. Terus persiapkan dengan baik supaya dapat berkarir menjadi voice over/dubber talent profesional. 

5. Evaluasi Diri

Ketika sudah memulai di dunia voice over atau dubber talent maka jangan berpuas diri. Tentunya harus mengevaluasi kinerja yang sudah dijalankan. 

Evaluasi Bagaimana hasil rekaman yang sudah dibuat kemari, adakah yang bisa dikembangkan? Atau di ubah dengan suara yang lain? Semakin melakukan banyak evaluasi, maka akan semakin lebih baik. 

Tidak ada yang mustahil jika memiliki keinginan berkarir menjadi voice over/dubber talent. Tetap semangat, dan berlatih. Memulai karir sebagai voice over tentu butuh waktu dan usaha yang baik.