Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Tempat Wisata di Lampung Barat Yang Ramai Dikunjungi

Terdapat beberapa spot wisata favorit pengunjung di daerah Lampung Barat yang dapat anda kunjungi. Lampung Barat memiliki keadaan alam yang didominasi oleh pegunungan, dimana kawasan Lampung Barat ini memiliki bagian bukit barisan. 

Hal ini dikaeranakan sebagian wilayah Lampung Barat terdapat bagian dari taman nasional bukit barisan selatan (TNBBS). Berdasarkan faktanya bahwa kabupaten Lampung Barat merupakan hasil pemekaran suatu wilayah di Kabupaten Lampung Utara. 

Jika dilihat dari sektor pariwisatanya, Kabupaten Lampung Barat ini memang layak menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Provinsi Lampung dan patut untuk diperhitungkan.

Kabupaten Lampung Barat sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun para pengunjung daerah lain. Daerah ini juga ternyata menawarkan berbagai pilihan daerah wisata yang sangat lengkap. Berikut rangkuman 10 tempat wisata di Lampung Barat:

1. Wisata Gunung Seminung

Daerah Gunung Seminung berada tepat di sebelah barat laut Kabupaten Lampung Barat, dari Ibukota Liwa yang berjarak sekitar 25 kilometer.

Sebagaimana diketahui Lampung Barat dikenal dengan daerah perbukitan didataran tinggi. Gunung seminung masuk dalam daerah Lampung Barat dimana sebagian wilayahnya yang masuk di kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Uniknya kabupaten ini sebagian daerahnya masuk di kecamatan Ranau, Sumatera Selatan. Sedangkan Di kaki gunung seminung ini para pengunjung dapat melihat danau yang sudah terkenal dan masuk dalam danau terbesar kedua di pulau sumatra yakni danau ranau yang memiliki panoram alam yang sagat unik dan menarik.

Pengunjung yang datang ke Lampung Barat sangat disayangkan jika tidak mendatangi wisata ini, jangan sampai anda menyesal karena keindahannya yang terlewatkan.

Gunung seminung sudah dikenal luas karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan sangat tepat jika menjadi tujuan wisata populer bagi masyarakat. Jika dari puncak gunung seminung tersebut para petualang dapat menyaksikan secara langsung hamparan alamnya yang begitu elok.

2. Wisata Danau Ranau

Wisata danau ranau menyajikan keindahan alam yang begitu berkesan berlokasi di Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, Sumatra Selatan dan sebagiannya masuk di daerah Lampung Barat. Danau Ranau begitu luas yang memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat.

Selain keindahan danau ranau yang memiliki udara yang sejuk, daerah ini memiliki pulau kecil bernama pulau kelapa yang ada di tengah-tengah danau sehingga para pengunjung dapat berkeliling menggunakan perahu petugas.

Danau Ranau diwilayah Oku Selatan ini sering dikunjungi banyak wisatawan bahkan mancanegara untuk berwisata dan menginap di Wisma PT Pusri yang lengkap dengan fasilitas memadai.

3. Wisata Bukit Mandi Angin

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Lampung Barat yang masih trending dan lebih ekstrim yang dapat memicu adrenalin anda yakni bukit mandi angin. Bukit ini berada daerah kawasan lombok ranau. Dimana anda dapat menyaksikan secara langsung bukit mandi angin yang memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan air laut.

Tempat ini merupakan salah satu spot yang lepas landas terkhusus bagi pecinta olahraga terbang bebas dari ketinggiannya, permainan olahraga ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan paralayang. Setiap orang yang melakukannya akan membuat pengunjung begitu takjub, tak heran jika tempat ini menjadi salah satu primadona di Lampung Barat bagi orang-orang pecinta olahraga paralayang.

Setiap pengunjung yang melakukan paralayang di bukit mandi angin akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, akan nampak dari ketinggiannya berupa wisata pemandangan gunung seminung, danau ranau oku selatan dan area persawahan masyarakat yang terbentang luas, serta perbukitan yang terjal menjulang yang dinikmati selama terbang di udara lepas.

4. Wisata Desa Lumbok

Di kabupaten Lampung Barat terdapat sebuah desa tepat berada di kecamatan sukau, memiliki sebuah nama lumbok. Wisata Lumbok ini berada tepat 30 km dari kota Liwa, Lampung Barat.

Setiap pengunjung yang datang berlibur di daerah ini akan disuguhkan dengan kegiatan sangat unik dan menarik seperti kegiatan menangkap ikan yakni dengan cara tradisional diantaranya menombak, dan memanah, sembari berenang di Danau, dan memancing belut.

Jika pada malam harinya kegiatan lain yang tak kalah seru yakni bercengkrama bersama penduduk sekitarnya. Jika anda bingung dengan penginapan di desa ini anda tak perlu khawatir lagi, sudah tersedia oleh warga sekitar secara terbuka untuk melakukan penginapan secara langsung dan berbaur bersama.

Desa ini sangat sejuk dengan panorama keindahan Danau Ranau yang berada di tepiannya, sehingga para pengunjung akan merasa nyaman, tenang dan damai.

Sebagaimana masyarakat menyebut desa lumbok adalah tempat wisata yang telah ditetapkan sebagai daerah yang sangat terkenal dengan ketenangan bagi setiap pengunjung yang datang. sangat seru dan disayangkan jika anda tidak berkunjung ke wisata Lampung Barat dengan bercengkrama bersama warga sekitar.

5. Wisata Gunung Pesagi

Gunung Pesagi sebagai objek wisata yang ada didaerah Lampung Barat yang berada di pekon hujung. Pengunjung dapat mendaki puncak gunung pesagi untuk berwisata. Sehingga para pengunjung akan menikmati indahnya wisata alam Kabupaten Lampung Barat yang terlihat dari ketinggiannya.

Di daerah ini sudah tersedia tempat bersantai termasuk homestay secara unik dan tradisional yang menghadirkan fasilitas cukup memadai untuk para pengunjung istirahat setelah mendaki gunung.

Bagi traveller yang sangat hobi melakukan petualangan, jika berada disini akan selalu tertantang untuk menaklukkan zona titik tertinggi yang akan melakukan pendakian disetiap titik daerahnya.

6. Wisata alam kubu perahu

Wisata Alam Kubu Perahu terdapat di Kabupaten Lampung Barat adalah Kawasan yang cocok bagi pecinta treveller dalam melakukan segala kegiatan alam seperti jungle run. Hal ini dikarenakan wilayah yang dipenuhi oleh tumbuhan lebat dengan pepohonan besar seperti hutan rimba yang hijau.

Disini para pengunjung sendiri dapat menjumpai banyak keindahan alam dan sejumlah aliran sungai yang mengalir jernih, sejuk, dan air terjun yang keren dengan airnya yang sangat dingin.

Berdasarkan letaknya Kabupaten Lampung Barat yang berada di daerah pegunungan bukit barisan yang masuk menjadi bagian dari Taman nasional bukit barisan selatan (TNBBS) merupakan salah satu tempat daerah wisata yang direkomendasikan dalam menjelajahi dan menelusuri keindahan taman nasional, dari lampung barat yakni melalui kubu perahu yang berada tepat di kecamatan balik bukit.

7. Wisata alam di Danau Suoh

Berbicara mengenai danau dilampung barat sendiri memiliki jenis danau lainnya. Selain wisata danau ranau Oku Selatan yang sudah terkenal diseluruh indonesia, kabupaten lampung barat sepertinya takkan kehabisan stok wisata alamnya. 

Sebab lampung barat masih memiliki satu danau yang begitu indah dan mempesona yang sangat berpotensi besar untuk menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakatnya yakni danau suoh.

Wisata danau suoh, di lampung barat ini dapat dijumpai dengan melakukan perjalanan melalu daerah kecamatan batu brak atau dengan melalui kecamatan sekincau yang diperkirakan untuk waktu tempuhnya sekitar kurang lebih 4 jam perjalanan dihitung dari kota liwa, Lampung Barat.

Akses perjalanan jika menuju lokasi danau suoh ini cukup menantang, sehingga anda perlu berhati-hati dan dihimbau bagi seluruh pengunjung jika ingin ke danau ini sebaiknya menggunakan kendaraan yang sesuai dengan keadaan jalan seperti mengendarai mobil offroad atau motor trail, sehingga membutuhkan tenang exstra tinggi.

Berwisata di kawasan danau suoh ini terdapat tiga jenis danau yang begitu unik dan ajaib, yakni danau yanga memiliki air yang dapat berubah warna. Sedangkan daerah yang tak jauh dari lokasi danau ini, para petualang dapat melihat dan menyaksikan secara langsung fenomena alam yang sangat langka yakni adanya sumber panas bumi, yakin tempat ini akan membuat anda berlama-lama.

8. Wisata di Sungai Way Besai

Lampung Barat secara geografisnya yang terletak didataran tinggi dengan pengunungan yang sejuk dengan hamparan udaranya yang segar, para pengunjung sudah pasti akan menemui sejumlah sungai. Tak terkecuali adanya sungai way besai sebagai tempat liburan anda.

Selain berpetualang dengan paralayang dan mendaki gunung diperbukitan ini, para pengunjung juga akan dihadapkan dengan suguhan yang begitu ekstrim lainnya yakni berupa arung jeram. Tempat ini ada di sungai way besai yang masuk kategori dalam grade 3 (tiga) yang berjarak tempuh sekitar 3 kilometer dengan lokasinya yang berada tepat di kecamatan sumber jaya di Lampung Barat.

Daerah wisata Lampung Barat ini dilewati oleh aliran sungai yang bernama way besai. Ini merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki sungai berjeram dengan penuh tantangan. Kegiatan yang akan dilakukan para pengunjung nantinya yaitu dengan memanfaatkan aliran sungai way jeram tersebut sebagai olahraga spot air arung jeram yang menarik.

9. Wisata Religi di Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Uniknya berwisata di Lampung Barat ini, selain menghadirkan wisata pemandangannya, daerah ini memiliki wisata religi yang begitu mengesankan masyarakat. Berdiri kokoh dan megah dengan bangunan yang tertata rapih dan indah sebuah Masjid Islamic Center yang diberi nama Baitul Maukhlisin.

Masjid yang dibangun oleh pemerintah daerah kabupaten lampung barat pada tahun 2009 ini menghadirkan arsitektur bangunan dengan ornamen yang bernuansa timur tengah. Masjid kebanggaan masyarakat lampung barat ini dibangun dengan materialnya yang berasal dari jenis batuan marmer dengan perpaduan batu andesit, sehingga memperindah dan mempercantik bangunan masjid ini.

Bangunan Masjid yang berdiri kokoh dan termegah di kabupaten lampung barat ini juga sangat terkenal, masyarakat menyebut Masjid bintang emas dengan merujuk kepada simbol bintang yang berada di bagian atas kubah masjid seperti berlapis emas. 

Sungguh takjub bagi masyarakat yang datang ke masjid ini membuat hati damai dan ketenangan serta kenyamanan yang akan dirasakan. Tidak heran, setiap saat masjid bintang emas ini ramai oleh masyarakat sekitar untuk beribadah.

10. Wisata Batu Brak, Situs Megalitikum Zaman Purbakala

Daerah batu brak memiliki macam peninggalan manusia di zaman megalitikum yang dapat dijumpai oleh setiap pengujung yakni dalam bentuk arca, menhil, serta dolmen. Daerah ini sangat tepat bagi para pengunjung yang meliputi pelajar, dan mahasiswa untuk sekedar mengambil gambar.

Namun tak terkecuali bagi pengunjung dari kalangan umum yang ingin menambah pembelajaran dan pemahaman dalam kegiatan observasi, studi penelitian, apresiasi seni dan budaya, agar dapat meningkatkan wawasan terkait adanya bukti zaman megalitikum sesuai sejarah zaman dahulu.

11. Kebun Raya Liwa

Salah satu tempat favorite muda-mudi di daerah Kabupaten Lampung Barat yang tak ketinggalan dengan menghadirkan sensasi yang menyenangkan yakni kebun raya liwa. Lampung barat terkenal dengan kesuburan alamnya yang cocok untuk pertanian dan perkebunan. Seperti kebun raya liwa yang merupakan tempat yang paling cocok untuk bersantai disore hari, bahkan tempat nongkrong.

Saat ini, kebun raya ini digunakan sebagai tempat untuk melakukan penelitian tumbuhan langka yang tak bisa kita temui di tempat lain. Sedangkan, dikebun raya liwa ini memiliki banyak tumbuhan yang meliputi tanaman langka. sehingga jika anda datang berkunjung disini, anda akan melihat secara langsung jenis tanaman yang langka. Sangat tepatkan selain berwisata perbukitan asri, juga akan mendapatkan pengetahuan dan menambah wawasan yang langka.

12. Wisata Air Terjun Sanyir

Salah satu air terjun yang cukup terkenal di daerah Lampung Barat yakni air terjun sanyir yang dapat di tempuh dengan hati-hati karena perjalanan yang terjal, berbukit yang rindang. Bagi setiap pengunjung yang masuk ke daerah ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Sejuknya udara didukung Keindahan alam alam perbukitan dengan kesegaran air yang bening membuat pengunjung yang datang akan merasa betah, dan memanfaatkan istirahat untuk berfoto.

Itulah beberapa informasi seputar pariwisata yang ada di daerah
Lampung Barat. Selain tempat-tempat wisata yang tertera diatas, potensi daerah Lampung Barat juga menyimpan banyak kekayaan alam, termasuk hasil bumi yang melimpah.