11 Wisata Populer Kabupaten Tanggamus Paling Hits

Inilah 11 spot wisata terbaik di kabupaten tanggamus paling hits yang patut anda coba. sepertinya tanggamus memiliki tempat wisata yang beragam. Diketahui Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah wisata terfavorit wisatawan yang berkunjung ke provinsi lampung. Daerah dataran tinggi dengan posisi yang langsung menghadap ke arah teluk terbesar yang ada di Lampung.

Sehingga membuat daerah ini memiliki banyak spot wisata unggulan yang meliputi wisata bahari, wisata pendidikan, wisata alam, dan sebagainya. Tanggamus juga dikenal sebagai spot terbaik dalam menemani anda yang menghadirkan atraksi keindahan lumba-lumba yang akan memanjakan liburan anda.

Sejak diresmikan pada 21 Maret 1997 menjadi sebuah kabupaten, menjadikan daerah ini cepat dikenali. Diketahui nama kabupaten tanggamus diambil dari sebuah gunung kebanggaan yang ada tepat di pusat kota yakni Gunung Tanggamus.

Tak heran dengan kondisi wilayahnya yang begitu bervariasi mulai dari dataran rendah dan dataran tinggi menjadikan kabupaten tanggamus ini sangat kaya dengan sumber daya alam yang memadai. Bagi anda pencinta travelling tak salahnya anda mencoba berpetualang di kabupaten ini.

Sejauh ini sudah banyak tempat wisata di tanggamus yang mulai bermunculan. Ini bertujuan guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung dan memberikan pilihan tempat wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung. 

11 Tempat Wisata Populer Tanggamus Paling Hits

Tempat wisata tanggamus saat ini memang sangat populer. Para wisatawan memang begitu antusias saat berkunjung. Tempat wisata paling hits yang sangat tepat dijadikan objek berfoto juga dapat memberikan kesan menarik dalam menghibur kepenatan. Apa saja tempat wisata populer paling hits di Kabupaten tanggamus?, Mari kita lihat dengan jelas.

Mengulik tempat wisata tanggamus sepertinya tidak ada habisnya. Selain wisata unggulan yang sudah terkenal di berbagai daerah termasuk di Indonesia. 

Berikut ini rangkuman tempat-tempat wisata favorit kabupaten tanggamus sebagai tujuan wisata bagi anda:

1. Teluk Kiluan Tanggamus, Daerah wisata untuk Bertemu Lumba-lumba yang Cantik.

Sahabat bloggers tahukah anda teluk kiluan ini merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi para traveler. Jika dilihat dari letaknya, daerah wisata teluk kiluan ini berada tepat di desa Kilauan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Tempat ini sudah pasti dan wajib anda masukan dalam agenda petualangan bersama rekan-rekan.

Namun, pada saat liburan tiba teluk kiluan akan penuh disesaki pengunjung. Konon beredar kabar bahwa teluk kiluan ini tak kalah menarik dari Pantai Lovina di provinsi Bali. Dimana keduanya merupakan spot wisata yang mengahdirkan nuansa yang sama yakni pengunjung akan sama-sama menyaksikan atraksi lumba-lumba yang menggemaskan.

Teluk kiluan ini cukup dekat dengan kota bandar lampung sebagai ibukota provinsi lampung, berjarak kurang lebih 80 kilometer dengan waktu tempuh selama 4 jam perjalanan santai. Untuk keadaan jalan yang mulus saat menuju daerah ini anda tak perlu khawatir lagi. 

Jika dilihat dari keindahan pantai di teluk kiluan, anda akan begitu kagum dengan keindahan panorama alam yang disajikan. Indah nya teluk kiluan  yang luas, dan hamparan pasir putih yang bersinar di tengah terik matahari, menjadikan liburan anda berkesan berada di tempat ini.

2. Pantai Gigi Hiu, Sebagai Tempat Favorite untuk Spot Foto.

Setelah anda menikmati wisata teluk kiluan tanggamus. Anda tinggal bergeser ke spot wisata yang unik dan menarik yang tak jauh dari Teluk Kilauan yakni sebuah pantai yang disebut-sebut memilik keindahan pantai yang sudah pernah dikunjungi ribuan pengunjung dari luar lampung yakni Pantai Gigi Hiu alias Pantai Batu Layar. 

Tempat wisata ini mengahdirkan nuansa pantai yang di lengkapi batu karang runcing dan sangat mirip dengan gigi hiu. Tak heran masyarakat sekitar menyebutnya pantai gigi hiu hingga nama ini dikenal oleh setiap pengunjung.

Diketahui saat ini pantai gigi hiu merupakan daerah spot wisata di kabupaten tanggamus yang hangat diperbincangkan oleh para petualang, hadir dengan nama gigi hiu dikarenakan batu karang yang menyerupai gigi runcing nan tajam hingga melekat nama pantai gigi hiu. 

Di lihat dari letak geografisnya pantai ini berada tepat di desa/pekon pegadungan, di kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Bagi anda pecinta foto daerah ini sangat tepat. Daerah yang menghadirkan pilihan spot foto yang unik. 

 Disini sahabat treveller tak perlu membawa peralatan snorkeling, hal ini dikarenakan pantai gigi hiu hanya dapat dinikmati secara visual saja. Jangan sampai anda melakukan hal konyol untuk snorkling, sebab ombak yang besar dan batu karang yang terjal sangat mengkhawatirkan.

3. Air Terjun Lamuran Sebagai Potensi Wisata Tanggamus yang Tersembunyi.
Daerah tanggamus dikenal dengan wilayah dataran tinggi yang meliputi pengunungan dan berbukit. Tak heran kabupaten ini menghadirkan spot wisata alam air terjun. Jika dilihat dari perjalanan saat menuju spot air terjun secara umum harus membutuhkan usaha yang ekstra ditambah air terjun tanggamus ini masih baru terekspose. 

Jadi, untuk akses jalan bagi pengunjung yang belum memadai. Termasuk saat mengunjungi air terjun lamuran. Air terjun lamuran ini berada di lereng Gunung Tanggamus. Anda akan dihadapkan dengan perbukitan lembah pegunungan selama menempuh perjalanan. 

Akan tetapi, bagi sahabat traveler rasa lelah akan terbayarkan saat anda sudah tiba di air terjun lamuran ini. Sejuknya udara dan rindangnya pepohonan akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Derasnya air terjun dan dinginnya air membuat liburan anda begitu menyenangkan.

Air terjun ini terletak di dusun Lamuran, tepatnya di pekon Teratas, kecamatan Kota Agung, kabupaten Tanggamus. Walaupun letaknya berada di wilayah ibukota tanggamus yang pasti rute perjalanan untuk menuju ke lokasi ini cukup membutuhkan tenaga. Terkhusus bagi yang pemula. Jika anda berada di tempat ini sudah pasti keindahan panorama yang ada menjadikan liburan anda makin bermakna.

4. Gunung Tanggamus, Wisata Kebanggaan Masyarakat Setempat.

Siapa yang tak kenal gunung tanggamus. Wisata pegunungan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para petualang. Dari informasi yang beredar bahwa gunung tanggamus sering dijadikan tempat pendakian oleh mahasiswa pecinta alam dan para traveller di Lampung hingga pengunjung dari daerah lain.

Gunung ini berada tegak di daerah timur laut tepat dengan ibukota kabupaten tanggamus yakni kecamatan Kota Agung. Tak heran, sebagian pendaki sering melakukan perkemahan di sekitar gunung tanggamus ini.

Diketahui bahwa gunung tanggamus memiliki ketinggian 2.102 meter tepat di atas permukaan laut. Gunung ini tercatat sebagai gunung tertinggi kedua setelah Gunung Pesagi yang berada di Provinsi Lampung. Situasi puncak gunung ini mempunyai pemandangan yang memukau yang begitu indah.

Apalagi terlebih saat pagi dan menjelang sore hari. Dimana anda akan menyaksikan secara langsung keadaan lembah Gunung Tanggamus yang akan tertutup kabut putih tebal yang akan membuat setiap pengunjung yang berada di daerah ini berasa di negeri awan. Panorama pemandangan alam yang luar biasa indah.

5. Nikmati Keindahan Pantai Sawmill Tanggamus.

Jika berbicara spot wisata bahari di kabupaten tanggamus benar-benar membuat anda begitu tanda tanya. Wialayah tanggamus dengan menghadap langsung ke Teluk Semangka membuatnya memiliki garis pantai yang sangat panjang dan indah yang menghadirkan panorama pantai asri dan elok. Seperti hal nya yakni Pantai Sawmill yang terletak di desa Karangsari, kecamatan Wonosobo.

Diketahui Pantai ini memiliki sebutan lain. Sebagian masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama pantai Sumil. Jika berada di tempat ini, anda akan dimanjakan dengan lautan yang luas. 

Terlihat di sebelah barat pantai ini pemandangan dari pegunungan Bukit Barisan Selatan yang begitu indah. Dimana bukit ini sudah diakui pemerintah sebagai taman Nasional kebanggaan. Untuk itu, jika berkunjung ke tanggamus jangan lupa ke pantai sawmil ya.

6. Wisata Air Terjun Way Lalaan Kabupaten Tanggamus.

Tahukah anda selain menghadirkan spot wisata pantai, ternyata kabupaten tanggamus memiliki tempat wisata alam yang sudah terkenal yakni air terjun way lalaan.

Keindahan panorama air terjun ini begitu memesona, tak heran setiap saat tempat ini selalu ramai di kunjungi. Walaupun cukup menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan dengan keadaan jalan yang begitu menantang.

Diketahui air terjun way lalaan memiliki ketinggian yakni 11 meter, dimana air terjun ini mengalir hingga bermuara ke teluk semaka. Temat ini beralamat di pekon (desa) Kampung baru, tepat di kecamatan Kota Agung Timur yang tak jauh dari kaki gunung tanggamus.

Sebagai akses perjalanan menuju menuju ke lokasi air terjun ini sudah ada seperti tangga beton yang kokoh. Konon akses jalan ini sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1937. Jadi, selain berwisata alam ke air terjun ini sahabat treveller juga akan menambah pengetahuan.

7. Wisata Air Terjun Dua Rupa yakni Curug Jarum Lebuay Tanggamus.

Karena letak geografisnya yang berada di dataran tinggi membuat kabupaten tanggamus sangat kaya dengan wisata. Selain menghadirkan wisata bahari, dan wisata pendidikan, namun terdapat wisata alam yang begitu menggugah para pengunjung. Hal ini terlihat dari spot wisata alam yang begitu beragam.

Selain terdapat air terjun way lalaan, ternyata masih ada wisata air terjun yang lainnya. dimana salah satu keunikan air terjun ini memiliki dua rupa sekaligus yaitu Curug Jarum Lebuay. 

Percaya atau tidak jika musim hujan tiba maka air terjun ini akan langsung berubah menjadi air terjun kembar yang langsung membentuk dua aliran yang berdampingan.

Diketahui keberadaan air terjun curug jarum lebuay terdapat di pekon Lebuay Datar, yang ads di kecamatan Air Naningan. Walaupun musim kemarau tiba air terjun ini tepat mengalir begitu deras tetapi hanya satu aliran. 

Akan tetapi jika musim penghujan tiba, air terjum ini akan berubah drastis menjadi kembar. Memang benar-benar ajaib ean sangat cocok untuk di kunjungi.

8. Wisata Bendungan Batu Tegi Tanggamus.

Keberadaan bendungan batu tegi ini memang menjadi salah satu spot wisata mengejutkan, hadir dengan nuansa bangunan yang tersusun rapi dan kokoh yang sudah puluhan tahun. Diketahui bendungan batu tegi ini mulai dibangun sejak tahun 1995. 

Proses pembangunan ini pun memakan waktu 9 tahun, jika dilihat dari kondisi alamnya bendungan batu tegi ini berada di antara dua bukit yang sangat tinggi hingga harus mengorbankan salah satu bukit yang rendah untuk ditenggelamkan.

Beredar kabar bahwa Bendungan Batu tegi ini merupakan bendungan yang paling besar di lingkup Asia Tenggara. Hal itu dibuktikan bahwa bendungan ini sangat mampu menampung dengan jumlah 9 juta meter kubik. 

Pada awal pengembangannya, bendungan batu tegi dimanfaatkan sebagai sarana pembangkit tenaga listrik. Kemudian bendungan ini dikembangkan menjadi tempat tujuan wisata.

Selain tiket masuk yang sangat murah, yakni anda hanya merogoh kocek 2 ribu rupiah saja per orang. Nah, sebagai saran untuk anda yang tertarik mengunjungi bendungan ini sebaiknya datang pada pagi hari atau sore dan usahakan hindari berkunjung pada waktu siang. Hal ini dikarenakan, jika sudah siang hari bendungan ini begitu panas oleh terik matahari dan juga tidak ada tempat untuk berteduh.

9. Kawah Belerang Bukit Pagar Alam.

Kawah Belerang Bukit Pagar Alam kabupaten tanggamus ini merupakan salah satu spot wisata menarik yang wajib kita kunjungi. Rasakan sensasi keindahan alamnya yang begitu memukau. Walaupun bauk menyengat dari belerang ini tak membuat anda jenuh dan bosan. 

Menghadirkan nuansa asri dengan penuh ketenangan didukung oleh pemandangan memukau dari permukaan yang berwarna keperakan bercampur warna kegelapan ini sangat cocok menghasilkan gambar foto yang unik.

Terdapat beberapa titik dari genangan air yang ada namun tidak terlalu dalam yang juga muncul sumber air panas yang hangat terasa yang keluar dari celah celah bebatuan. munculnya kepulan asap putih yang menghadirkan aroma menyengat dari khas belerang. Daerah ini terasa hangat nan indah. Tak heran tempat ini menajadi salah satu favorit masyarakat untuk berpetualang.

10. Air Terjun Lembah Pelangi, Objek Wisata Yang Hangat Diperbincangkan.
Keberadaan Air Terjun Lembah Pelangi ini tak jauh dari wisata kawah belerang bukit pagar alam. Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini menghadirkan air terjun yang cukup berbeda pada umumnya. Uniknya air terjun lembah pelangi ini memiliki 3 susunan yang bertingkat. 

Dengan tingkatan air terjun terbawah memiliki sumber air panas yang sering dimanfaatkan masyarakat dan pengunjung untuk terapi. Sebagian masyarakat beranggapan air hangat ini dapat menghilangkan penyakit kulit lainnya. 

Jadi, bagi anda yang berkunjung ke tempat ini alangkah baiknya mencoba, merasakan sensasi wisata alam ini. Jika dilihat melalui letak ke tiga susunan air terjun pelangi yakni diposisi terpisah. 

Jika ingin mendatangi satu per satu dari Air Terjun Lembah Pelangi ini sangat dibutuhkan usaha yang cukup ekstra. Hal ini dikarenakan ketiganya memiliki jarak yang terpisah, dengan kondisi medan yang curam. Namun, meskipun terpisah posisi ketinggalan pun tidak berjauhan. Jadi, anda tak bisa leluasa berpetualang didaerah ini. 

11. Wisata Danau Hijau Tanggamus.

Masih berada satu kawasan dengan kawah belerang dan Air Terjun Lembah Pelangi terdapat sebuah danau asri nan indah yaitu Danan Hijau Tanggamus. Jika anda bingung ingin berekreasi di kabupaten ini mungkin Danau Hijau salah satu referensi terbaik bagi anda dengan wisata alamnya yang begitu mempesona.

Jarak lokasi danau hijau jika dari kota Bandar Lampung memakan waktu sekitar 3 jam yakni perjalanan Lintas Barat yang akan melewati kabupaten Pesawaran, kabupaten Pringsewu, dan menuju tanggamus yang sangat dekat sekali perjalannya.

Tak perlu khawatir, jika anda masih bingung dengan perjalananya. Sebab, Anda dapat bertanya secara langsung kepada warga disepanjang perjalanan menuju Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus. Disaat anda sudah berada di daerah gisting ini, anda akan dimanjakan dengan keindahan dataran tinggi perbukitan yang sejuk dan luas.

Perlu anda ketahui bahwa danau ini berada di daerah yang dikenal sebagai daerah geothermal kabupaten Tanggamus. Artinya danau ini bukan danau seperti biasanya, karena danau hijau memiliki air yang hangat dengan aroma bau belerang yang sangat menyengat. Namum, bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke daerah ini akan merasa lega dengan nuansa alamnya yang indah dan cantik.

Tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi oleh para treveller, di lokasi sekitar pinggir danau hijau banyak menjajakan kuliner yang beraneka jenis baik makanan maupun cemilan yang akan menemani anda. 

Kemajuan zaman yang semakin modern dan tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Tanggamus yang semakin banyak membuat pemerintah kabupaten Tanggamus terus berupaya menciptakan tempat wisata baru yang tak kalah menarik.

Munculnya tempat wisata tanggamus membuat pengunjung yang datang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. 

Maka tak heran jika kabupaten Tanggamus dijadikan oleh bebagai komunitas pencinta alam untuk menjadi tujuan utama berwisata. Selain alamnya yang mendukung, letak kabupaten tanggamus yang tak jauh dari kota bandar lampung. 

Para wisatawan yang datang sudah tentu merasakan keceriaan dan kenyamanan berkat tersedianya berbagai tempat pilihan wisata seperti wisata bahari, wisata alam, wisata religi, dan lainnya.

Nah, bagi yang hobby fotografer bisa dicoba Danau Ulu Belu yang sangat tepat, dengan menghadirkan pemandangan alamnya. Sangat disayangkan jika hanya dinikmati tanpa berselfie.

Demikianlah informasi seputar wisata kabupaten tanggamus yang paling populer dan terhits. Dimana 11 tempat wisata ini hanyalah sebagian yang sedang naik daun dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Jika dilihat dari jumlah spot wisata secara keseluruhan, Kabupten Tanggamus sangat banyak menyimpan kekayaan alam yang belum terekspose. Baca juga: 13 Wisata Unggulan Kabupaten Tanggamus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel