Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Wisata Populer Kabupaten Tanggamus Paling Hits

Inilah 11 spot wisata di kabupaten tanggamus paling hits yang mungkin anda coba. sepertinya tanggamus memiliki tempat wisata yang beragam. Diketahui Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah wisata terfavorit di daerah lampung. Daerah dataran tinggi dengan posisi yang langsung menghadap ke arah teluk terbesar yang ada di Lampung.

Sejak diresmikan pada 21 Maret 1997 menjadi sebuah kabupaten, menjadikan daerah ini cepat dikenali masyarakat. Diketahui nama kabupaten tanggamus diambil dari sebuah gunung kebanggaan yang ada tepat di pusat kota yakni Gunung Tanggamus.

Tak heran dengan kondisi wilayahnya yang begitu bervariasi mulai dari dataran rendah dan dataran tinggi menjadikan kabupaten tanggamus ini sangat kaya akan hasil pertanian.

Sejauh ini sudah banyak tempat wisata di tanggamus yang mulai bermunculan. Ini bertujuan guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung dan memberikan pilihan tempat wisata bagi anda yang tertarik berkunjung. 

11 Tempat Wisata Populer Tanggamus Paling Hits

Tempat wisata tanggamus saat ini memang sangat populer. Para wisatawan memang begitu antusias saat berkunjung. Tempat wisata paling hits yang sangat tepat dijadikan objek berfoto juga dapat memberikan kesan menarik dalam menghibur kepenatan. Apa saja tempat wisata populer paling hits di Kabupaten tanggamus?, Mari kita lihat dengan jelas.

1. Teluk Kiluan Tanggamus, Daerah wisata untuk Bertemu Lumba-lumba yang Cantik.

Teluk kiluan salah satu tempat yang ramai dikunjungi para mayarakat. Jika dilihat dari letaknya, daerah wisata teluk kiluan ini berada tepat di desa Kilauan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Tempat ini akan menawarkan panorama untuk anda.

Namun, pada saat liburan tiba teluk kiluan kemungkinan ramai. Konon beredar kabar bahwa teluk kiluan ini tak kalah menarik dari Pantai Lovina Bali. Dimana keduanya merupakan spot wisata yang mengahdirkan nuansa yang sama, pengunjung akan menyaksikan atraksi lumba-lumba saat waktunya tiba.

Jika dilihat dari keindahan pantai di teluk kiluan, anda akan begitu kagum dengan keindahan panorama alam yang disajikan. Indah nya teluk kiluan yang luas, dan hamparan pasir putih yang bersinar di tengah terik matahari menyilaukan mata memandang, menjadikan liburan anda berkesan berada di tempat ini.

2. Pantai Gigi Hiu, Sebagai Tempat Favorite untuk Spot Foto.

Tempat wisata ini mengahdirkan nuansa pantai yang di lengkapi batu karang runcing dan sangat mirip dengan gigi hiu. Tak heran masyarakat sekitar menyebutnya pantai gigi hiu hingga nama ini dikenal oleh setiap pengunjung.

Diketahui saat ini pantai gigi hiu merupakan daerah spot wisata di kabupaten tanggamus yang hangat diperbincangkan oleh para petualang, hadir dengan nama gigi hiu dikarenakan batu karang yang menyerupai gigi runcing nan tajam. 

Di lihat dari letak geografisnya pantai ini berada tepat di desa/pekon pegadungan, di kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Anda tak perlu membawa peralatan snorkeling, karena pantai gigi hiu hanya dapat dinikmati secara visual saja.

Jangan sampai anda melakukan hal konyol untuk snorkling, sebab ombak yang besar dan batu karang yang terjal sangat mengkhawatirkan.

3. Air Terjun Lamuran Sebagai Potensi Wisata Tanggamus yang Tersembunyi.

Daerah tanggamus dikenal dengan wilayah dataran tinggi yang meliputi pengunungan dan berbukit. Tak heran kabupaten ini menghadirkan spot wisata alam air terjun yang cukup untuk dipandang. 

Jika dilihat dari perjalanan saat menuju spot air terjun, secara umum harus membutuhkan usaha yang ekstra ditambah air terjun tanggamus harus melalui jalanan terjal, cocoklah untuk yang suka berpetualang menaklukan alam yang gersang dan indah. 

Jadi, untuk akses jalan bagi pengunjung  belum memadai. Termasuk saat mengunjungi air terjun lamuran. Air terjun lamuran ini berada di lereng Gunung Tanggamus. Anda akan dihadapkan dengan perbukitan lembah pegunungan selama menempuh perjalanan. 

Akan tetapi, rasa lelah akan terbayarkan saat anda sudah tiba di air terjun lamuran ini. Sejuknya udara dan rindangnya pepohonan akan memberikan kenyamanan tersendiri karena derasnya air terjun dan dingin.

4. Gunung Tanggamus, Wisata Kebanggaan Masyarakat Setempat.

Gunung ini berada tegak di daerah timur laut tepat didaerah tanggamus. Tak heran, sebagian pendaki sering menaiki gunung dan bermalam untuk melihat awan putih cemerlang.

Diketahui bahwa gunung tanggamus memiliki ketinggian 2.102 meter tepat di atas permukaan laut. Gunung ini tercatat sebagai gunung tertinggi kedua setelah Gunung Pesagi di daerah Lampung. Situasi puncak gunung ini mempunyai pemandangan yang cukup indah.

Apalagi saat pagi dan menjelang sore hari. Anda akan menyaksikan secara langsung keadaan lembah Gunung Tanggamus tertutup kabut putih tebal yang akan membuat setiap pengunjung yang berada di daerah ini berasa di negeri awan. 

5. Nikmati Keindahan Pantai Sawmill Tanggamus.

Jika berbicara spot wisata bahari di kabupaten tanggamus benar-benar membuat anda begitu tanda tanya. Wilayah tanggamus dengan menghadap langsung ke Teluk Semangka membuatnya memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantai Sawmill terletak di desa Karangsari, kecamatan Wonosobo.

Diketahui Pantai ini memiliki sebutan lain. Sebagian masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama pantai Sumil. Jika berada di tempat ini, anda akan dimanjakan dengan lautan yang luas. 

Sebelah barat pantai ini, ada pemandangan dari Pegunungan Bukit Barisan Selatan yang begitu indah. Dimana bukit ini sudah diakui pemerintah sebagai taman Nasional kebanggaan. Untuk itu, jika ke taggamus mampir ke pantai sawmill anda akan merasa seperti di tempat wisata yang keren.

6. Wisata Air Terjun Way Lalaan Kabupaten Tanggamus.

Air terjun begitu berpanorama asri, tak heran tempat ini dijadikan daerah wisata. Walaupun menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan dan menantang terkadang membuat pengunjung kualahan, setibanya di air terjun panorama dan dinginnya air begitu sejuk.

Diketahui air terjun way lalaan memiliki ketinggian yakni 11 meter, dimana air terjun ini mengalir hingga bermuara ke teluk semaka. Temat ini beralamat di pekon (desa) Kampung baru, tepat di kecamatan Kota Agung Timur yang tak jauh dari kaki gunung tanggamus.

Sebagai akses perjalanan menuju ke lokasi air terjun ini sudah ada seperti tangga beton. Akses jalan sudah ada, yang dapat dipakai untuk pengunjung. 

7. Wisata Air Terjun Dua Rupa yakni Curug Jarum Lebuay Tanggamus.

Karena letak geografisnya yang berada di dataran tinggi membuat kabupaten tanggamus memiliki panorama alam. Selain terdapat air terjun way lalaan, ternyata masih ada wisata air terjun yang lainnya. Dimana air terjun ini memiliki dua rupa sekaligus yaitu Curug Jarum Lebuay. 

Percaya atau tidak jika musim hujan tiba maka air terjun ini akan langsung berubah menjadi air terjun kembar yang langsung membentuk dua aliran yang berdampingan.

Diketahui keberadaan air terjun curug jarum lebuay terdapat di pekon Lebuay Datar, yang ada di kecamatan Air Naningan. Walaupun musim kemarau tiba air terjun ini tepat mengalir begitu deras tetapi hanya satu aliran. Akan tetapi jika musim penghujan tiba, air terjun ini akan berubah drastis menjadi kembar yang disebabkan curah hujan deras.

8. Wisata Bendungan Batu Tegi Tanggamus.

Keberadaan bendungan batu tegi ini memang menjadi salah satu spot wisata mengejutkan, hadir dengan nuansa bangunan yang tersusun rapi dan kokoh yang sudah puluhan tahun. Diketahui bendungan batu tegi ini mulai dibangun sejak tahun 1995. 

Proses pembangunan ini pun memakan waktu 9 tahun, jika dilihat dari kondisi alamnya bendungan batu tegi berada di antara dua bukit yang sangat tinggi hingga harus mengorbankan salah satu bukit yang rendah untuk ditenggelamkan.

Pada awal pengembangannya, bendungan batu tegi dimanfaatkan sebagai sarana pembangkit tenaga listrik. Kemudian bendungan ini dikembangkan menjadi tempat tujuan wisata di daerah.

Selain tiket masuk yang sangat murah, yakni anda hanya merogoh kocek 2 ribu rupiah saja per orang. Untuk pengunjung yang tertarik, datang pada pagi hari atau sore dan usahakan hindari berkunjung pada waktu siang karena jika sudah siang hari bendungan ini begitu panas oleh terik matahari dan tidak ada tempat untuk berteduh.

9. Kawah Belerang Bukit Pagar Alam.

Kawah Belerang Bukit Pagar Alam kabupaten tanggamus ini merupakan salah satu spot wisata daerah. Rasakan sensasi keindahan alamnya yang begitu memukau. Walaupun bauk menyengat dari belerang mungkin tak membuat anda jenuh dan bosan. 

Menghadirkan nuansa asri penuh ketenangan didukung oleh pemandangan memukau dari permukaan yang berwarna keperakan dan bercampur warna kegelapan ini sangat cocok menghasilkan gambar foto yang unik.

Terdapat beberapa titik dari genangan air tak terlalu dalam memunculkan sumber air panas keluar dari celah celah bebatuan. Muncul kepulan asap putih dengan aroma menyengat dari khas belerang. Daerah ini terasa hangat nan indah. Tak heran tempat ini menjadi salah satu favorit masyarakat untuk berpetualang.

10. Air Terjun Lembah Pelangi, Objek Wisata Yang Hangat Diperbincangkan.

Air terjun ini tak jauh dari belerang.
tingkatan air terjun terbawah memiliki sumber air panas yang sering dimanfaatkan masyarakat dan pengunjung untuk terapi. Sebagian masyarakat beranggapan air hangat ini dapat menghilangkan penyakit kulit lainnya. 

Jadi, bagi anda yang berkunjung ke tempat ini alangkah baiknya mencoba, merasakan sensasi wisata alam ini. Jika dilihat melalui letak ke tiga susunan air terjun pelangi yakni diposisi terpisah. 

Jika ingin mendatangi satu per satu dari Air Terjun Lembah Pelangi ini sangat dibutuhkan usaha yang cukup ekstra. Hal ini dikarenakan ketiganya memiliki jarak yang terpisah, dengan kondisi medan yang curam. Namun, meskipun terpisah posisinya sangat lumayan. Jadi, anda tak bisa leluasa berpetualang didaerah ini. 

11. Wisata Danau Hijau Tanggamus.

Masih berada satu kawasan dengan kawah belerang dan Air Terjun Lembah Pelangi terdapat sebuah danau kecil berudara sejuk yaitu Danan Hijau Tanggamus.

Jika anda bingung ingin berekreasi di kabupaten ini mungkin Danau Hijau salah satu referensi terbaik bagi anda dengan wisata alamnya yang asri.

Jarak lokasi dari kota Bandar Lampung memakan waktu berjam, ditambah perjalanan menelusuri hutan dan perkebunan warga untuk tiba disini. 

Tak perlu khawatir, jika anda masih bingung dapat bertanya langsung kepada warga disepanjang perjalanan menuju Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus. Disaat anda sudah berada di daerah gisting ini, anda akan dimanjakan dengan keindahan dataran tinggi perbukitan yang sejuk.

Perlu anda ketahui bahwa danau ini berada di daerah yang dikenal sebagai daerah geothermal kabupaten Tanggamus. Artinya danau ini bukan danau seperti biasanya, karena danau hijau memiliki air yang hangat dengan aroma bau belerang yang sangat menyengat. 

Namun, bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke daerah ini akan merasa lega dengan nuansa alam berudara dan memiliki pengalaman menulusuri kawasan hutan, berpanorama.

11 tempat wisata ini hanyalah sebagian yang sedang naik daun beberapa waktu lalu dan sudah ada yang mencoba mengunjungi karena panorama alam indah dari berbagai kamera dan berudara asri.