Cara Lolos Tes UKBI Pemilhan Duta Bahasa


Hasbundoya.com - Cara Lolos Tes UKBI Pemilhan Duta Bahasa, memang menjadi tantangan. Dimana para peserta akan saling menuangkan fikirannya dalam menjawab semua soal Bahasa Indonesia. Sekilas mirip dengan ujian nasional waktu SMA. Soal yang akan dihadapi tentu tak jauh berbeda pada ujian bahasa indonesia lainnya.

Setelah dilakukan penutupan pendaftaran untuk peserta pemilihan duta bahasa, maka tahap selanjutnya yakni Tes UKBI dimana peserta sudah selesai melakukan seleksi administrasi seperti pemberkasan dan pengumpulan esai pada tahap awal. Jika sudah gugur pada pemberkasan maka tidak akan mengikuti Tes UKBI.

Kemudian pada hari ini seluruh peserta melakukan tes UKBI yang dihadiri sekitar puluhan peserta. walaupun ada diantaranya yang tidak hadir namun sudah pasti dinyatakan gugur. Padantahapan tes ini cukup berbeda pada pemilihan tahun ini, dimana tes seleksi UKBI dilakukan di aula kantor bahasa provinsi lampung yang berlangsung pada jum'at, 13 april 2018.

Saya bersama beberapa rekan dari duta bahasa ikut berpartisipasi dan sekaligus mewakili ikatan bersilaturahmi dengan pihak kantor bahasa sembari menghadiri dan melihat langsung antusias seluruh peserta dalam mengerjaan soal UKBI.

Jumlah peserta 109 terdiri dari mahasiswa yang memiliki banyak prestasi pada bidangnya, hal tersebut terlihat dari beberapa rekan duta museum provinsi lampung 2017 turut andil yang sedang fokus terhadap pengerjaan soal dan berusaha agar dapat lolos mengikuti tahap selanjutnya.

Disaat semua peserta tengah fokus mengerjakan soal teringat kenangan yang tak terlupakan diwaktu kami diposisi mereka sebelumnya. Saya sadar betul bahwa setiap pertemuan, pasti ada perpisahaan. Di aula kantor bahasa itulah tempat kami saling mengenal dan mendapatkan pengalaman baru.

Pengalaman memang banyak mengajarkan kita tentang kehidupan ini, semua yang terukir disetiap kegiatan dari awal mengikuti pendaftaran hingga saat ini tidak akan pernah terlupakan. Karena pada dasarnya kehidupan sesorang akan berkah jika senantiasa berbagi ilmu atau pengalaman dengan siapapun, karena dalam hidup hendaknya berlomba-lomba dalam kebajikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel