Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Slogan Duta Bahasa, Utamakan Bahasa Indonesia !

Slogan Duta Bahasa adalah Utamakan Bahasa Indonesia, Lestari Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing. Dari slogan tersebut dapat dimaknai bahwa sangat penting mengutamakan Bahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan Indonesia. Maka pemartabatan bahasa Indonesia di ruang publik penting di terapkan. Misalnya di tempat kerja, lembaga pendidikan, dan di ruang publik lainnya. 

Bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan berarti harus menggunakan bahasa baku setiap berkomunikasi. Akan tetapi, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik sesuai tempat dan kondisinya. 

Kemudian, lestari bahasa daerah sebagai bahasa ibu. Bahasa ibu adalah bahasa yang pertamakali dikenalkan oleh ibu. 

Bahasa ibu sebagai bahasa yang di pakai saat berkomunikasi sejak kecil dan dalam keseharian. 
Indonesia memiliki banyak bahasa daerah, sebagai rumpun bahasa melayu. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia di gunakan warga negara indonesia sebagai bahasa persatuan di Negara Indonesia. 

Selain mengutamakan Bahasa Indonesia, lestari Bahasa Daerah, maka perlunya menguasai Bahasa Asing. Untuk persiapan agar mempermudah dalam berkomunikasi bahasa asing untuk di pelajari. 

Sehingga mempelajari bahasa sangat tepat mengutamakan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan. Supaya dapat berkomunikasi dengan baik sesuai tempat, kondisi, dan lawan bicara.