Pengalaman Mengikuti Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia di Jakarta


Hasbundoya.com - Putera Puteri Bahari Indonesia diselenggaran oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pariwisata melalui yayasan dharma ayu bahari (YDAB). Kegiatan ini merupakan wadah bagi pemuda untuk mendukung kinerja kementerian tersebut dalam mendukung program pelestarian kebaharian indonesia. Kegiatan ini pertamakali dilaksanakan pada tahun 2012 silam.

Awalnya saya tidak menyangka dapat mewakili povinsi lampung pada pemilihan putera puteri bahari indonesia pada tahun 2017 lalu dan mengikuti karantina selama sepuluh hari pada tanggal 06-15 desember 2017, yang bertempat di Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) di Jakarta.

Setelah melalui seleksi akhirnya saya lolos bersama indah yessica bella untuk mewakili provinsi lampung. Persiapanpun kami lakukan mulai dari mempelajari materi wisata kebaharian, pariwisata lampung, dan menyiapkan makalah untuk dipersentasikan.

Selain itu, tak lupa perlengkapan pakaian adat lampung yang kami bawak dari dukungan dinas pariwisata provinsi lampung. disini kami membawa kostum adat lampung sai batin, alasan kami karena sesuai dengan kegiatannya meliputi bahari yang pas dengan khas pesisir.

Selama sepuluh hari mengikuti karantina di sekolah staf komando angakatan laut benar-benar mengesankan, bertemu, dan saling mengenal dengan para kandidat perwakilan dari 34 provinsi diindonesia berkumpul dan berusaha menampilkan yang terbaik, mereka adalah orang-orang cerdas yang memilki segudang prestasi.

Kegiatan dikarantina sangat padat, hari pertama pengambilan foto. dihari berikutnya melakukan pembekalan materi, yang diisi oleh beberapa narasumber diantaranya dari staf kementerian kelautan dan perikanan ibu eni, staf kementerian presiden RI bapak Diaz Hendropriyono, dan pesenter televisi nasional serta dari staf angkatan laut.

Selain itu kegiatan kami lainnya yakni latihan koreo, menghapalkan materi, kunjungan, persentasi, publik speaking. hingga waktu tidur diatas jam 12 malam, dan bangun pagi harus tepat waktu untuk berolahraga. Setiap melakukan kesalahan, dan tidak tepat waktu, dan melanggar aturan yang sudah ditetapkan, maka push up serta langsung mendapatkan teguran dari panitia.

Sampai ditahap grand final alhamdulillah kami berhasil menampilkan yang terbaik, nama provinsi lampung disebut sebagai juara. indah berhasil menjadi juara dan saya berhasil menjadi juara putera bahari indonesia best tellent dan mendapatkan awards sebagai putera bahari of the day bersama puteri perwakilan dari nusa tenggara barat.

Saya bersyukur kepada allah swt, mendapatkan banyak sekali pengalaman selama mengikuti pemilihan putera puteri bahari indonesia. Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu baik moril maupun materilnya. Kegiatan ini bagi saya adalah salah satu cara dalam memperkenalkan dan mempromosikan segala potensi kebaharian yang ada diprovinsi lampung, agar terus dikenal luas di indonesia.

Selaku muli mekhanai lampung sudah sepatutnya kita wajib berkontribusi dan berupaya ikut andil dalam melestariakan budaya dan pariwisata di provinsi lampung tercinta. "Mak neram sapa lagi, mak tanno kapan lagi". Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel