Cara Mudah Agar Lolos Menjadi Finalis Muli Mekhanai, No 2 Paling Berpengaruh

Hasbundoya.com - Pemilihan Muli Mekhanai disetiap kabupaten/kota di lampung dilaksanakan setiap tahunnya. Saat tiba waktunya maka pelaksanaan seleksi akan di gelar secara langsung di masing-masing daerah dengan waktu yang berbeda tergantung kebijakan masing-masing daerah.

Berbagai tahapan dalam pemilihan muli mekhanai dilakukan mulai dari sosialisasi dari pihak dinas pariwisata dimasing-masing daerah, pendaftaran peserta, dan mengumpulkan berkas identitas pendukung lainnya yang dibutuhkan.

1. Persiapan Peserta.

Mengikuti pemilihan muli mekhanai hampir sama dengan tingkat kabupaten maupun provinsi. Disini akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman yang sudah saya ikuti, agar anda dapat lolos tahap pertama dan melaju sebagai finalis hingga berhasil.

Namun anda wajib memahami 3 point persiapan berikut ini:

1. Penampilan
Sebelum masuk ke gedung serba guna pastikan penampilan anda sudah totalitas mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, termasuk siapkan selalu parfum agar anda wangi sepanjang hari yanga akan membuat panitia dan dewan juri nyaman.

Perhatikan rambut jangan terlalu kering tambahkan pomade agar lebih kelimis dan bersinar, serta jaga wajah anda agar tidak berminyak atau kusam, kemudian Siapkan berkas biodata lengkap, Copyan kartu tanda pengenal seperti KTP/KTM/SIM, selalu bawak pulpen dan buku.

Untuk kemeja usahakan lengan panjang dan berwarna terang, pakai dasi dan pantofel yang mengkilat, Pastikan formulir yang kamu bawa sudah terisi dengan baik. Formulir dapat di peroleh dari panitia atau dapat anda peroleh dari gedung tourisme information center (TIC) Pesisisr Barat.

2. Tenang dan Ramah
Upayakan tampil tenang dan ramah sejak masuk ke ruang audisi hingga selama berhadapan kepada jajaran dewan juri di ruang Audisi. Perhatikan cara duduk agar lebih sopan, kedua kaki sejajar bahu, hindari menyender di kursi. Jadi, posisi badan lurus dan tegap sembari tersenyum.

3. persiapka bakat
Bakat salah satu nilai penyelamat buat anda, jadi saat menampilkan bakat harus maksimal, jangan setengah setengah. Jika berupa silat, tampilkan gerakan yang patah-patah agar indah dilihat, begitu juga menyanyi, maka bernyayilah dengan hati jangan sampai fals, musik harus sejalan jangan sampai ketinggalan tempo.

Jika anda sudah mempersiapkan 3 (tiga) point diatas maka anda sudah diposisi aman, lanjut kita beralih ke pembahasan tahapan tes seleksi. Pentingnya memahami tahapan proses seleksi ini agar anda bisa banyak mendapatkan berbagai refrensi sebagai pendukung dalam persiapan anda dalam memulai kompetisinya.

2. Sistem Seleksi Pemilihan Muli Mekhanai di Lampung

Pemilihan muli mekhanai dimasing-masing daerah di lampung. untuk sistem seleksi sangat ketat yaitu:

a. Pengukuran tinggi badan.
Tahap awal anda akan melakukan pengukuran tinggi badan terlebih dahulu, seluruh sepatu akan dilepas. Jika sekiranya tinggi anda tidak mencukupi dengan aturan yang sudah ditetapkan sebagai syarat, maka sebaiknya tidak usah mendaftarkan diri.

b. Tes Tertulis
Setelah pengukuran tinggi badan lanjut ke tes tertulis. Seluruh peserta akan mendapatkan 15 soal yang sama. Jangan lupa sebelum anda kerjakan isi terlebih dahulu data indentitas diri anda berikut nomor peserta.

Dari seluruh soal usahakan terjawab semua, jangan pernah mencontek, atau bertanya-tanya dengan teman disamping anda hal ini dikarenakan belum tentu jawaban mereka benar dan itu akan membuat anda tidak konsisten dimata juri.

Ikuti petunjuk dalam pengisian soal, ketika terdapat soal bahasa lampung maka jawablah dengan mnggunakan bahasa lampung. Begitu juga sebaliknya, jika soal tersebut bahasa inggris anda wajib menjawab dengan tulisan bahasa inggris.

c. Tes wawancara.
Dikabupaten pesisir barat sendiri untuk tes wawancara dilakukan di gedung serbaguna selalau, juri sudah duduk menunggu sudah tentu akan bertanya seputar biodata anda mulai dari nama sampai dengan aktivitas sehari hari kamu.

Usahakan menyampaikan biodata diri anda secara jujur dan tak perlu menjawab dengan kalimat yang berangan-angan sebap juri lebih mengetahui anda berbicara sesuai dengan fakta atau tidak. Jadi jadilah diri sendir dengan menyampaikan jawaban secara informatif dan menarik serta lugas.

Selain bertanya seputar kepribadian anda, Juri pasti akan bertanya apa motivasi kamu mengikuti ajang pemilihan Muli Mekhanai Pesisir Barat dan meminta anda untuk menunjukkan bakat apa yang kamu miliki.

Setelah pengukuran tinggi badan, tes tertulis, dan wawancara selesai anda tinggal menunggu pengumuman. sekitar 20 menit dewan juri berkumpul dan langsung mengumumkan seluruh peserta yang lolos ditahap 18 besar. Baca juga: Panduan Cara Menang di Pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung

Setelah itu, dikerucutkan dari berbagai pertimbangan menjadi 12 besar finalis yang mengikuti masa karantina selama 3 (Tiga) hari. Namun aturan sistem pelaksanaan di masing-masing daerah berneda yang disesuaikan dengan susunan acaranya.

Jika anda melakukan hal serupa dengan penuh teliti, maka anda akan mudah mengatur strategi untuk menjadi pemenang. selanjutnya, tips agar menang di pemeilihan muli mekhanai pesisir barat di artikel lanjutanya. Paling penting adalah yakin dengan diri anda. Jika sudah yakin menang maka anda akan lebih santai dan fokus pada kemenangan tersebut. Semoga bermanfaat..

Baca Juga:
1. Panduan Cara Menang di Pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung
2. Cara Menang di Pemilihan Duta Museum, Berikut Panduannya
3. 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Pemilihan Duta Bahasa
4. Cara Lolos Menjadi Finalis Duta Bahasa, Hingga Ke Tahap Akhir
5. Simak Rahasia Sukses di Pemilihan Duta Bahasa
6. Cara Menang di Pemilihan Duta Bahasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel