Uniknya Tradisi Tupping di Kalianda Lampung Selatan

Lampung Selatan sebagai salah satu Kabupaten di Lampung paling Selatan pulau Sumatra yang memiliki tradisi warisan leluhur sejak zaman dahulu. 

Salah satu budaya yang unik dan berkembang di daerah Lampung Selatan ialah Tupping. Seni Tupping atau topeng terbuat dari kayu untuk menutup wajah dengan bentuk karakter tokoh yang beragam. 
Tupping/topeng memiliki bentuk yang unik, karakter yang diperankan pada Tupping mulai dari karakter berwatak kesatria sakti, berwatak berwibawa sampai pada tokoh jenaka dan lainnya.

Tupping/Topeng di Lampung Selatan Tradisi Sejak Zaman Dahulu

Tradisi Tupping yang unik di Lampung Selatan memang sudah ada sejak zaman dahulu. Tradisi ini memiliki nilai sakral tinggi baik dalam pemakaian yang tidak semua orang dapat menggunakannya. 

Dahulu tradisi Tupping sangat spesifik yang tidak dapat ditambah, dikurangi, atau ditiru. Namun seiring perkembangannya, Tupping saat ini telah digunakan oleh masyarakat Lampung dalam kegiatan kesenian, upacara adat, dan lainnya.

Seni Tupping memiliki makna nilai sakral sebagai budaya warisan leluhur zaman dahulu. Sebagai bentuk pelestarian budaya di daerah ini, tradisi Tupping juga di tampilkan dalam kegiatan drama, dan festival supaya dikenal luas oleh masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel