Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Belajar Jurnalistik Bagi Mahasiswa

Belajar jurnalistik dapat mengikuti pelatihan atau seminar. Biasanya unit kegiatan mahasiswa (UKM) , melibatkan pelajar bahkan mahasiswa untuk menjadi peserta dalam kegiatan pelatihan jurnalistik. 

Di tingkat perguruan tinggi, terdapat unit kegiatan mahasiswa di bidang jurnalistik yang bisa diikuti. Pelatihan jurnalistik tingkat dasar, tingkat menengah, sampai pelatihan tingkat nasional. Kegiatan rutin dilaksanakan dalam proses rekrutmen anggota baru.

Mahasiswa yang suka menulis dapat mengembangkan dan belajar jurnalistik di unit kegiatan mahasiswa. Selama menjadi anggota, akan belajar menulis berita, puisi, dan mengenal kode etik jurnalistik. 
Menulis adalah kegiatan menyenangkan. Di bangku sekolah menulis sudah biasa dilakukan, bahkan menulis dapat menjadi hobi dan pekerjaan. 

Manfaat Belajar Jurnalistik Bagi Mahasiswa

Belajar jurnalistik, khusunya bagi mahasiswa memiliki banyak manfaat, diantaranya ialah:

Dapat menjadi modal dasar untuk bekerja di media massa, penulis buku, dan lainnya. Menulis dapat di pelajari dengan baik. Selain itu, Memudahkan membuat karya di bidang sastra, contohnya membuat puisi, dan berbagai buku bacaan. 

Kemudian, jika bekerja sebagai tenaga pendidik dapat berbagi keilmuan di bidang jurnalistik dan tidak mudah termakan isu karena dapat memahami makna kalimat pada tulisan. Selain itu, menunjang keahlian dalam menulis. 

Manfaat Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

Selain memilih bergabung langsung menjadi anggota di organisasi kemahasiswaan di bidang jurnalistik, maka dapat mengikuti pelatihan atau seminar jurnalistik. 

1. Mengikuti pelatihan jurnalistik akan mendapatkan pemahaman mengenai cara menulis berita dan kode etik dalam jurnalistik.

2. Belajar cara melakukan wawancara kepada narasumber, agar dapat menggali informasi yang jelas dan akurat.

3. Kemudian, mendapatkan pemahaman tentang beretika yang baik dalam dunia jurnalistik. 

4. Selain itu, para peserta pelatihan akan mendapatkan pengetahuan dari narasumber. Tentang perjalanan hidupnya, pengalamannya di bidang jurnalistik yang akan menambah wawasan. 

5. Jika memiliki kemampuan menulis berita dan paham kode etik dalam jurnalistik, menjadi modal dasar jika berkeinginan bekerja di media massa. Namun paling penting adalah memiliki kemauan dan siap mengabdi sesuai aturan. 

Masih banyak manfaat lain yang akan diperolah saat mengikuti kegiatan jurnalistik bagi mahasiswa, setiap orang akan merasakan manfaat yang beragam. 

Oleh karena itu, tertarik untuk belajar jurnalistik di lingkungan kampus?, silahkan bergabung menjadi anggota di unit kegiatan mahasiswa (UKM) bidang jurnalistik di kampus masing-masing.