Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tari Tradisional Hadra dan Lirik Lagunya

Tari hadra adalah salah satu tarian tradisional di Indonesia. Tari hadra dibawakan oleh laki-laki dan tari kreasi hadra di tarikan oleh laki-laki dan perempuan. 

Tari hadra adalah kesenian yang di tampilkan dengan tabuhan alat musik rebana dan dzikir atau sholawat. Salah satu budaya yang unik di Indonesia. 

Budaya berasal dari kata Budhi dan Daya yang artinya suatu kesadaran dan kemampuan manusia dalam berjuang mempertahankan kehidupannya. Masyarakat melayu sangat kental akan Budaya leluhur mulai dari Kesenian, upacara adat, dan lainnya.  

Tari Hadra adalah salah satu tarian tradisional yang masih ada di daerah. Dahulu, Tari hadra di ajarkan kepada anak remaja laki-laki, untuk melestarikan dan di pentaskan pada upacara adat.
Tarian Hadra dibawakan khusus laki-laki di kalangan Bujang maupun orang tua. Tari Hadra mudah dibawakan dan sampai zaman modern sekarang masih tetap dilestarikan. Sebagai tarian melayu warisan zaman dahulu.

Tarian Hadra dilakukan dengan gerakan santai dan penghayatan sesuai iringan alat musik rebana dan sholawat. Gerakan tangan menyambai, kaki melangkah dan menyembah. 

4 Lirik Lagu Tari Hadra 

Lirik lagu tari hadra dari 1-4 lagu, memiliki tarian masing-masing. Beberapa tari hadra berikut, yang selalu di tampilkan dalam upacara adat, karena mengingat waktu saat di tampilkan terbatas. 

Sehingga 4 lagu tari hadra inilah yang sering digunakan. Persamaan gerak tari dari ke 4 lagunya tersebut terletak pada gerakan tangan dan kaki.

Namun, yang membedakan gerakan tariannya ialah pada awalan dan langkah dalam gerakannya. Berikut lirik lagu taru hadra:

1. YA ALLAH YA SOLLU ROBBUNA ALLAH YA MAULAI 2X.
YAALLAHYA ALA MUHAMMAD-MUHAMMAD
SAPIUL ANAM.
YAALLAHYA AL-BADRI TAMAN YA MAULAI 2X
YAAALAH NURUM TAJALLAH - TAJALLAH
ALAIHI SALAM.

2. SOLATUN ALAL AHMAD DIHAMSATUN DIHAMPADON ILUL IMAN 2X.
ALLAH ALLAH TAJMAN NABI ALLAH 2X
LAILLAH NABI RUYU.
LAILLAH-LAILLAH NABI SALLIM ALIM.

3. YAALLAH SOLAWATULLAH MANUYA MALIK 2X.
YAALLAH ALPUTRIL MUBIN 2X.
YAALLAH ANTUSLEH MANUYA MALIK.

4. YAALLAH HIYYA YUNIA YALLAH PITENALAINA MAULANNAS 2X.
YAALLAH ROBBUL ALAMIN YAHU 2X.
MAULAIWA MAULAI YAALLAH ROBBUL ALAMIN.
YAALLAH ROILALHAYA.

Tarian tradisional Hadra dilaksanakan saat upacara adat pernikahan dan dapat dipentaskan pada festival atau perlombaan. Dulu, anak laki-laki yang menginjak remaja harus bisa menari. Menari tarian tradisional yang diajarkan leluhur.

Sedangkan, bagi perempuan yang menginjak remaja harus bisa menjahit, membuat hasta karya menyatukan benang dan kain menjadi kerajinan tangan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.