Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Pemilihan Duta Bahasa

Tahapan mengikuti pemilihan Duta Bahasa, yang paling ditunggu ialah pengumuman penentuan lolos dari tahap Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI).

Peserta yang lolos UKBI akan mengikuti tes wawancara. Menjawab pertanyaan wawancara yang baik agar bisa lolos menjadi finalis. 
Kuncinya anda yakin dan jadilah diri sendiri. Jika anda sudah memiliki materi dasar maka tinggal dikembangkan dalam bentuk penyampaiannya.

Semua dewan juri akan memperhatikan mulai dari gaya bahasa, dan keterampilan yang dimiliki. Jangan lupa untuk menggunakan komunikasi yang baik sesuai tempat dan kondisinya.

Contoh Pertanyaan Duta Bahasa 

Sebagai tips sederhana berikut kisi-kisi contoh pertanyaan tes wawancara pemilihan Duta Bahasa. Informasi ini dapat menjadi refrensi tambahan saja.

Berikut beberapa pertanyaan saat mengikuti tes wawancara pemilihan Duta Bahasa.

1. Jelaskan motivasi mengikuti pemilihan Duta Bahasa?

Maksudnya menjelaskan apa alasan anda mengikuti pemilihan Duta Bahasa, jadi sampaikan dengan sopan sesuai tujuan anda.

Jadi usahakan berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik seusai tempat dan kondisinya. seperti pengucapan kata hp atau android, maka gunakan kata "Gawai" karena dalam Bahasa Indonesia yang benar adalah Gawai.

2. Apa bakat yang anda miliki, atau apa yang bisa anda tampilkan?

Maka sampaikan bakat terbaikmu di bidang musik, tari, olahraga, dan lainnya.

3. Pertanyaan lainnya, apa kesibukan/kegiatan anda selain di kampus?

Jika dewan juri mempertanyakan hal ini, anda harus menjawabnya dengan jujur, usahakan cari jawaban yang benar-benar positif. Contohnya "saat ini kesibukan saya selain di kampus, yakni berorganisasi. Sekarang sudah semester akhir dan tertarik mengikuti pemilihan Duta Bahasa untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru" (Hanya contoh).

4. Apakah anda siap berpartisipasi pada kegiatan di Ikatan Duta Bahasa ?

"Saya siap berpartisipasi dalam Ikatan Duta Bahasa". Saya berharap bisa lolos dan menjadi bagian keluarga ikatan duta bahasa serta siap berpartisipasi dalam menyosialisasikan program Ikatan Duta Bahasa untuk Mengutamakan Bahasa Indonesia, Melestarikan Bahasa Daerah, dan Menguasai Bahasa Asing". 

Menjawab pertanyaan secara lugas dan jelas, artinya anda sudah mempersiapkan diri untuk bergabung dan berkontribusi dengan Ikatan Duta Bahasa.

Itulah beberapa contoh pertanyaan dalam wawancara pemilihan Duta Bahasa. Untuk semua tahapan seleksi memiliki skor nilai masing-masing, seperti nilai essay, nilai UKBI, Nilai tes wawancara, hingga nilai malam penobatan. Semua tahapan tersebut akan dijumlahkan ditambah dari nilai kepribadian peserta.

Oleh karen itu, apapun hasilnya tampilkan yang terbaik, teruslah berlatih dan belajar lebih giat. Pahami Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar bermanfaat. Kemudian harus konsisten dari awal pendaftaran hingga malam penobatan pemenang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel