Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Pemilihan Duta Bahasa


Hasbundoya.com - Setelah melalui tahapan awal saat mengikuti pemilihan duta bahasa, yang paling menegangkan disaat menunggu pengumuman penentuan lolos dari tahap ujian kemahiran bahasa indonesia (UKBI). Dimana sepanjutnya para peserta nantinya akan mengikuti tes lain seperti wawancara. Baca juga: Contoh Pertanyaan Duta Wisata

Setelah pengumuman selesai, maka seluruh peserta yang lolos UKBI akan mengikuti tes wawancara. Diposisi ini anda harus waspada dan konsisten agar bisa melaju ke finalis. Kuncinya anda yakin dan jadilah diri sendiri. Tak perlu takut dengan rekan-rekan anda. Jika anda sudah memiliki materi dasar maka tinggal dikembangkan dalam penyampaiannya.

Berdasarkan pengalaman saya disaat tes wawancara, semua dewan juri akan memperhatikan anda dimulai dari gaya bahasa, dan keterampilan yang dimiliki. Jangan lupa untuk menggunakan komunikasi yang baik sesuai kaidah bahasa indonesia. Penyebutan kosa kata yang bercampur bahasa asing sebaiknya tak perlu anda gunakan.

Disini akan saya bagikan mengenai tips sederhana seperti kisi-kisi contoh pertanyaan terpenting saat tes wawancara pemilihan duta bahasa. Namun dalam kompetisi setiap tahun mengalami perubahan. Setidaknya dengan informasi pengelaman ini dapat membantu anda.

Untuk itu, berikut ini beberapa pertanyaan saat mengikuti tes wawancara pemilihan duta bahasa.

1. Jelaskan pengalaman hidup anda?, atau perkenalan diri dan menceritakan pengalaman hidup.

Maksud dari pertanyaan ini adalah anda hanya memperkenalkan diri dan berusaha menceritakan pengalaman anda sebelumnya. Tugas anda adalah hanya menceritakan sampai menurut juri selesia. Point peneliannya adalah dewan juri merangkum kosa kata bahasa indonesia baik dan benar, serta kelancaran dalam berkomunikasi.

Jadi usahakan anda berbicara dengan bahasa indonesia yang baik. seperti pengucapan hp atau android ini wajib dihindari, usaahkan saat pengucapannya dengan kata "gawai" karena dalam bahasa indonesia yang benar adalah gawai.

2. Apa bakat yang anda miliki, atau apa yang bisa anda tampilakan?

Satu hal yang berpengaruh agar anda lolos tahap wawancara ini, dewan juri akan melihat bakat apa yang anda miliki. Misal bernyanyo, menari, seni budaya lampung seperti berpantun dll. Disini, anda wajib melaksanakannya.

Ketika anda mengatakan "saya bisa menari" langsung contohkan gerakan tarinya didepan juri. Begitu juga menyanyi, tapi usahakan bakat yang anda tampilkn memiliki unsur budaya lampung, dan saat menampilkan bakat usahakan selalu percaya diri, semangat , dan totalitas dengan gerakan atau suara yang merdu.

3. Pertanyaan lainnya, apa kesibukan/kegiatan anda selain dikampus?

Jika dewan juri mempertanyakan hal ini, anda harus menjawabnya dengan jujur, usahakan cari jawaban yang benar-benar positif. Contohnya "saat ini kesibukan saya selain dikampus, yakni berorganisasi. Karena, kebetulan saya sudah mendekati semester akhir jadi, dengan saya mengikuti pemilihan duta bahasa ini agar dapat memanfaatkan waktu luang saya dengan baik, sehingga saya mendapatkan pembelajaran baru dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial lainnya bersama ikatan duta bahasa". Kurang lebih seperti ini jawaban yang positif.

4. Apakah anda siap berpartisipasi dengan ikatan duta bahasa, jika lolos menjadi finalis duta bahasa?

Pada dasarnya ditahap ini anda harus benar-benar jujur dan tulus dalam mejawab pertanyaan. Usahakan cari jawaban yang menguntungkan bagi pihak dewan juri. Contoh "menjadi bagian keluarga dari ikatan duta bahasa adalah impin dan harapan banyak orang, dengan saya konsisten mengikuti pemilihan ini dari tahap awal sudah menunjukan kesiapan saya, dan saya sangat berterima kasih kepada pihak dewan juri sudah memberikan kesempatan kepada saya sampai ditahap ini.

Saya berharap bisa lolos dan menjadi bagian keluarga ikatan duta bahasa serta siap berpartisipasi dalam menyuarakan kepada pemuda agar selalu mengutamakan bahasa indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing". Dengan anda mejawab secara lugas dan jelas, artinya anda sudah mempersiapkan diri untuk bergabung dengan ikatan duta bahasa.

Itulah empat point pertanyaan penting yang berpengaruh saat anda seleksi wawancara pada pemilihan duta bahasa, hal yang perlu anda ingat bahwa pemilihan duta bahasa ini sangat konsisten dengan nilai seleksi sebelumnya.

Untuk semua tahapan ini memiliki skor nilai tersendiri, seperti nilai essay, nilai ukbi, nilai tes wawancara, hingga nilai saat grand final berlangsung. Semua tahapan tersebut akan diakumulasikan, selebihnya ditambah dari etika dan kesopan anda, hingga penampilan.

Mungkin anda akan merasa kecewa disaat pengumuman pemenang disaat grand final berlangsung. Bisa saja peserta yang memilki nilai paling rendah dari tahapan seleksi sebelumnya dapat menjadi juara dengan jawaban terbaik saat malam final. Sebap, skor paling tinggi penilainya terdapat pada saat anda menjawab pertanyaan dari juri.

Oleh karen itu, apapun hasilnya tampilkan yang terbaik, teruslah berlatih dan belajar lebih giat. Pahami bahasa indonesia yang baik dan benar serta konsisten dari awal hingga malam penentuan. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel