Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pulau Pisang Tempat Nelayan Mencari Ikan


Pulau Pisang adalah salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Pesisir Barat di daerah Lampung, yang masuk dalam wilayah ujung paling selatan pulau Sumatra.

Pulau pisang memiliki luas sekitar 2.310 hektar yang terdiri dari 6 desa. Pulau pisang memang sudah tidak ramai, karena masyarakatnya lebih memilih merantau.

Pulau Pisang memiliki pantai yang alami, karena tempat nelayan mencari ikan. bagi yang beruntung dapat menyaksikan kawanan lumba-lumba saat berlayar karena memang lumba-lumba di daerah ini jarang. 

Pantai di Pulau Pisang hanya dapat dinikmati dari pinggiran saja. Apalagi saat diambil dari kamera ponsel. 

Bersantai di pinggiran pantai sambil menikmati spot yang sangat khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain, diantaranya adanya tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus ombak.

Pengunjung dapat leluasa menikmati liburan di daerah ini. Berenang bebas menikmati keindahan alam dan melompat dari bangunan dermaga yang menjorok kelaut. 

Untuk lebih aman usahakan berenang di pinggiran pantai saja sambil menikmati panorama alamnya. Sebab ombak sangat besar yang akan membawa pengunjung ke tengah.

Tak seperti objek wisata lain yang modern, saat berkunjung ke daerah ini, anda akan merasa seperti kembali ke masa lalu di Pulau Pisang. Di pulau ini anda akan melihat deretan rumah tradisional tak berpenghuni karena sudah ditinggalkan pemiliknya untuk memilih merantau ke luar pulau.

Salah satu bangunan yang masih ada ialah bangunan sekolah dasar Pulau Pisang yang khas. Sekolah ini merupakan bangunan tertua sejak jaman penjajahan dan masih digunakan hingga saat ini, meskipun bangunan ini beberapa kali mengalami renovasi supaya tetap layak digunakan oleh masyarakat sekitar untuk sarana menuntut ilmu.

Selain itu, Pulau Pisang terdapat spot batu inton memancarkan kerlap kerlip batu khas pantai yang dihasilkan dari sinar mentari. Sekilas jika di pandang dari pinggiran seperti intan permata. Usahakan pengunjung memakai sunblock agar badan tidak terlalu terpapar sinar matahari, menikmati es dugan dan membawa vitamin agar tubuh tetap sehat.

Di Kecamatan Pulau Pisang memiliki kearifan lokal yang kental dengan tradisi warisan leluhur sejak dahulu kala dan sebagai daerah penghasil kain kerajinan tangan daerah.

Untuk penyebrangan menuju ke Pulau Pisang harus berhati-hati. Sebab ombak yang besar menggulung tentu membahayakan. 

Bagaimana tertarik ke Pulau ini? Tetap waspada, jaga kesehatan karena kesehatan itu mahal. (Foto: @samsu.humas)