5 Tips Menghemat Pemakaian Listrik Agar Awet !

Listrik adalah kebutuhan hidup yang tidak dapat di lewatkan. Maka menggunakan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari perlu di lakukan dengan baik. Supaya tidak boros dan terjadi penunggakan pembayaran. 
Menghemat listrik adalah salah satu cara dalam menerapkan green lifestyle dalam kehidupan. Sikap boros sangat tidak baik, dan terlalu kikir apalagi. Artinya gunakan seadanya dan hidup sederhana saja.

Cara Menghemat Pemakaian Daya Listrik

Menghemat listrik dapat di lakukan dari hal terkecil. Supaya tidak menyalahkan daya listrik di rumah apabila terjadi kenaikan pembayaran dan token listrik tidak cepat habis. Berikut cara menghemat daya listrik agar awet;

1. Catatan Pengeluaran Listrik.

Mencatat pengeluaran pada kebutuhan tidak harus hanya berupa uang untuk makan dan kebutuhan lainnya. Mesti di perhatikan pengeluaran khusus untuk listrik agar terlihat jelas. Supaya tidak leluasa dalam memakai daya listrik yang sia-sia.

2. Matikan Lampu 

Lampu yang tidak perlu langsung di matikan. Jangan biarkan lampu menyala tanpa faedah. Misalnya menggunakan listrik di dapur ketika memasak atau sedang beraktivitas di area dapur. Kemudian perhatikan lampu di kamar, toilet, dam ruangan lainnya. 

3. Matikan Stop Kontak

Jika berpergian ke luar rumah yang lama maka jangan lupa matikan stop kontak listrik. Supaya daya listrik tidak mengalir saat rumah di tinggalkan. Cara ini dapat meminimalisir penggunaan daya listrik agar hemat.

4. Mengurangi Lampu

Maksudnya adalah ruangan tidak perlu banyak lampu, cukup satu per satu di setiap ruangan. Jika terdapat ruangan yang lebih dari satu lampu maka cabut dan copot pemakaiannya. 

5. Pilih Lampu

Daya lampu di sesuaikan dengan ruangan.  Semua ruangan tidak harus sama daya lampunya. Misalnya di bagian depan, gunakan lampu yang ukuran watt tidak terlalu besar. Begitu juga di area toilet dan lampu samping rumah. 

Perlu memperhatikan pengeluaran khusus kebutuhan listrik. Begitu juga dengan rumah yang memakai peralatan elektronik yang banyak, seperti AC, komputer, kipas angin, dan lainnya. 

Maka gunakan peralatan elektronik yang tidak di pakai langsung di cabut atau di matikan. Supaya daya listrik tidak memakan arus yang mengakibat pengeluaran untuk kebutuhan listrik tidak membengkak. Hidup hemat dan hidup sederhana wajib di terapkan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel