Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Membuat Essay Sederhana !

Membuat essay dapat mengikuti panduan pada umumnya. Essay dibuat berdasarkan tema yang telah di tentukan. Misalnya tema tentang ekonomi, pendidikan, sosial budaya, dan lainnya. 

Contoh essay sederhana berikut dapat menjadi refrensi tambahan saja. Bukan berarti contoh essay yang dibuat berikut ini lebih sempurna. Tentu tidak, hanya sama-sama belajar.

Berikut ini contoh essay yang sederhana untuk bahan mempelajari dalam membuat essay, untuk di ulang-ulangi sebagai bahan bacaan.

Contoh Essay Sederhana

TEMA: DAMPAK BANJIR DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Musim penghujan saat ini sering kali meresahkan warga. Hampir setiap hari banjir terjadi menggenangi, hingga ke pemukiman warga terutama saat menguapnya air sungai. 

Kebanjiran ini memiliki banyak faktor, seperti faktor cuaca, penebangan hutan secara liar, longsor, dan membuang sampah sembarangan. Akan tetapi, dari banyaknya faktor penyebab banjir tersebut, penggundulan hutan adalah salah faktor yang paling berbahaya diantara semua faktor-faktor lainnya.

Menurut data yang diperoleh dari awal 2017 tahun lalu, dikutip dari data BNPB. Bahwa Provinsi DKI Jakarta berada diurutan pertama tertanggal 21 Februari 2017, dengan wilayah terdampak 15 kecamatan, dan memiliki kedalaman air tertinggi 1,5 meter. 

Untuk jumlah korban jiwa berjumlah 2 orang, dan Jumlah pengungsi sebanyak 1.613 orang. Peristiwa banjir ini memiliki dampak buruk bagi masyarakat seperti longsor yang akan merugikan warga. Berikut ini dua paragraf yang akan membahas kerugian akibat bencana banjir.

Pertama adalah, banjir dapat membuat aktivitas warga terganggu.
Sehingga masyarakat akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi bukan hanya itu saja, banjir juga dapat menimbulkan nyawa mereka yang akan terseret arus sungai.

Kedua, dampak banjir akan mudah mengundang bencana lainnya yang dapat merusak tempat tinggal yakni bencana longsor hingga mengancam nyawa masyarakat. Saat banjir melanda pemukiman warga tentu menjadi permasalahan besar, hal ini akan memicu wabah penyakit yang menular.

Sehingga akan mengancam kesehatan dan kesejahteraan mulai dari usia balita, anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Contohnya kasus seperti banjir yang terjadi di kota bekasi, jawa barat dimana wilayah terdampak 10 kecamatan dengan Kedalaman tertinggi 2 meter. Gejala banjir ini menelan Korban jiwa sebanyak 2 orang, hingga jumlah Pengungsi sebanyak 400 orang.

Oleh karena itu, peristiwa banjir dapat menyebabkan banyak hal mulai dari longsor hingga kematian, dan akan mengancam ketempat pengungsian warga. 

Masyarakat akan mengalami masalah yang akan menggangu aktifitas, dan menggangu kesehatan dan kemakmuran masyarakat. Untuk itu, Jangan buang sampah sembarangan dan hindari penebangan hutan secara liar yang akan mengancam masyarakat. 

Demikian contoh membuat essay yang sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Tentunya untuk para duta bahasa di manapun berada. 

Jangan lupa, slogan duta bahasa: utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa Asing. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di Indonesia yang harus kita banggakan. #SalamBahasa