Tahapan Pemilihan Duta Bahasa Lampung

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung digelar hampir setiap tahun yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL). Pemenang Duta Bahasa Lampung akan mengikuti pemilihan di tingkat nasional, mewakili Provinsi Lampung. 
Pemilihan Duta Bahasa memiliki beberapa tahapan yang akan dilalui oleh peserta. Berikut tahapan pemilihan Duta Bahasa Lampung;

Proses Pendaftaran

Tahap pertama adalah proses pendaftaran. Para peserta mengisi formulir pendaftaran langsung di Kantor Bahasa Lampung. Kemudian mengumpulkan berkas persyaratan. 

Tes Essay

Persyaratan selanjutnya ialah membuat essay dengan tema yang telah ditentukan. Essay dikirimkan melalui email Kantor Bahasa Lampung dan dikumpulkan pada saat mengikuti tes UKBI berlangsung.

Tes Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI)

Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan salah satu tahapan dalam seleksi pemilihan Duta Bahasa. 
Mengikuti tes Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) akan di ikuti para peserta dan mengerjakan soal pilihan ganda sesuai waktu yang telah ditentukan.

Menurut badanbahasa.kemdikbud.go.id
Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sutu perwujudan gagasan bernas para ahli bahasa dan pengambil kebijakan bahasa dalam perwujudan momentum besar Kongres Bahasa Indonesia V Tahun 1988. 

Tes Wawancara

Peserta yang lolos tahap UKBI akan mengikuti tes wawancara di Kantor Bahasa Lampung. Tes wawancara sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tempat dan kondisinya.
Bagi peserta yang lolos tes wawancara akan diumumkan sebagai finalis untuk mengikuti malam final.

Malam Final

Malam final Duta Bahasa, setiap peserta akan menjawab pertanyaan dari masing-masing Dewan Juri. kemudian pengumuman pemenang.

Pemilihan Duta Bahasa sebagai sarana menambah pengetahuan yang dapat bermanfaat untuk kedepannya. Pengetahuan merupakan ilmu yang hadir dalam jiwa dan pikiran seseorang karena tercipta dari suatu reaksi, hubungan, dan lingkungan sekitar. 

Pengetahuan meliputi informasi, pemikiran, ilmu, komunikasi, dan emosi yang terbentuk. Pengetahuan adalah ilmu, sehingga ilmu bukan hanya didapat dari pendidikan formal saja tetapi ilmu dapat kita peroleh dari hubungan antar sesama dan lingkungan sekitarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel