Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Pemilihan Duta Bahasa Lampung

Pemilihan Duta Bahasa dilakukan, untuk memilih pemuda/i Indonesia turut serta mensosialisasikan pengutamaan bahasa Indonesia. Kegiatan itu, dilaksanakan dari tingkat Provinsi. Pemenang Duta Bahasa, diikut sertakan di tingkat nasional, sebagai perwakilan masing-masing daerah. 

Duta Bahasa, memiliki slogan "Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing". Maka jangan dibalik-balik, yaitu mengutamakan bahasa Indonesa. Bahasa daerah di lestarikan, bahasa asingnya di kuasai. 

Mengikuti pemilihan duta bahasa, mengikuti tahapannya. Para peserta akan mengikuti seleksi sesuai ketentuan perlombaan. Misalnya dari pendaftaran, pengumpulan essay, seleksi UKBI, wawancara, hingga malam final dan keputusan pemenang. 
Pemilihan Duta Bahasa memiliki beberapa tahapan, biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelum-sebelumnya, selalu diadakan diantaranya:

Proses Pendaftaran

Tahap pertama adalah proses pendaftaran. Para peserta mengisi formulir pendaftaran dan pengumpulan berkas persyaratan. 

Tes Essay

Persyaratan selanjutnya ialah membuat essay. Temanya akan ditentukan panitia. Essay dikirimkan melalui email atau datang langsung di kantor bahasa yang melakukan pemilihan. dan naskahnya, dikumpulkan pada saat mengikuti tes UKBI berlangsung.

Tes Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI)

Tahapan selanjutnya ialah Tes UKBI di ikuti oleh Semua peserta yang telah mendaftar dan sesuai persyaratan. Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) merupakan salah satu tahapan dalam seleksi pemilihan Duta Bahasa. 

Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), berupa soal pilihan ganda. Mengerjakannya sesuai waktu yang telah ditentukan. Peralatan tes pensil 2B, penghapus, buku dan pena. 

Menurut badanbahasa.kemdikbud.go.id
Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah suatu perwujudan gagasan para ahli bahasa dan pengambil kebijakan bahasa dalam perwujudan momentum besar Kongres Bahasa Indonesia V Tahun 1988. Sehingga menjadi syarat dalam pemilihan duta bahasa. 

Tes Wawancara

Lolos tahap UKBI, peserta akan mengikuti tes wawancara. Tes wawancara sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, di sesuai tempat dan kondisinya. Peserta yang lolos tes wawancara diumumkan sebagai finalis, untuk mengikuti malam final.

Malam Final

Malam final Duta Bahasa, setiap peserta akan menjawab pertanyaan dari masing-masing Dewan Juri. kemudian tahap akhir, di umumkan  pemenangnya.

Mengikuti pemilihan Duta Bahasa, salah satu sarana menambah pengetahuan dan pengalaman. Membiasakan mengutamakan bahasa Indonesia di ruang publik. Hal itu, tentu bermanfaat. Tahapan pemilihan duta Bahasa akan ditentukan panitia penyelenggaranya. Mengikuti petunjuk pelaksanaannya penting dilakukan.