Cara Membuat Essay Untuk Pemilihan Duta Bahasa


Hasbundoya.com - Berdasarkan pengalaman dalam Pemilihan Duta Bahasa juga memiliki tahapan terdahulu, yakni sebagai perisapan untuk ditetapkan sebagai finalis. Hal ini dikarenakan menjadi seorang finalis duta bahasa harus melewati berbagai seleksi, salah satunya seluruh peserta wajib mengumpulkan tulisan dalam bentuk essay.

Diketahui Esay merupakan sebuah tulisan yang berupa opini yakni terdapat tanggapan berdasarkan pemikiran yang dituangkan dalam bentuk kata/kalimat. Dengan menyampaikan sebuah essay yang mengandung gagasan/ide. Untuk itu, dalam membuat essay harus benar-benar fokus agar memiliki hasil yang baik.

Maka perhatikan tata cara membuat essay yang baik berikut ini: (#Salambahasa, Janganlupa follow istagram saya @doyahasbun Duta Bahasa IV lampung 2017).

Perhatikan sistem tatacara pembuatanya supaya anda bisa membuat essya dengan bagus.

1. Pilih Tema yang dianggap Mudah dan menarik.

Pilihlah tema yang tepat dan sesuai kemampuan, tentukan terlebih dahulu essay apa yang akan ditulis. Karena tema yang sangat menarik akan memberikan pengaruh terhadap kemudahan merangkai kalimat, membuat isi secara keseluruhan, dan bagian paragraf terakhir. Maka pilihlah tema yang sesuai dengan kemudahan mencari refrensinya.

2. Siapkan Refrensi.

Jika tema sudah anda tentukan maka hal yang harus anda lakukan adalah mencari refrensi, bukan berarti anda copy paste. Akan tetapi membaca bentuk isi dari tulisan tersebut sebagai fakta kebenarannya dan anda simpulkan melalui pemikiran yang dituangkan dengan bahasa anda melalui tulisan.

Ini berfungsi sebagai memperkuat kosa kata dan isi dari essay yang akan anda buat. jadi kesannya jelas, orang yang membaca akan semakin memahami dan mengerti. Dalam menulis essay bukan berarti anda harus copas, justru refrensi tersebut anda jadikan pedoman saja.

3. Perhatikan Susunan Kerangka Essay.

Untuk memulai dalam penulisan, agar tidak melebar pembahasanya maka buatlah terlebih dahulu kerangka atau bentuk susunan. Kerangka susunan ini berfungsi sebagai mempermudah agar tidak ada pengulangan kata/kalimat. Ini juga berfungsi sebagai menentukan pokok-pokok bahasan agar lebih terperinci seperti kalimat utama, bagian isi, dan bagian penutup.

4. Perhatikan Penggunaan Huruf Kapital.

Saat membuat kalimat dalam essay maka pahami penggunaan huruf kapital (huruf besar) karena memiliki aturan tersendiri, salah satunya dipakai pada huruf pertama kata diawal kalimat. contohnya "Mereka mengikuti perlombaan", penempatan huruf kapitalnya yaitu pada huruf "M". Begitu juga saat anda membuat essy sesuaikan dengan aturannya.

5. Perhatikan Penggunaan Kata.

Menulis essay yang baik bukan seperti menulis buku harian pribadi. Seperti menggunakan kata gw atau elo . Karena menulis essay harus menggunakan bahasa yang baik dan benar karena ini merupakan karya tulis yang bersifat formal. Oleh karena itu, buatlah essay dengan bahasa yang formal yang lugas.

Setipa penulisan kalimat pertimbangkan kira-kira siapa saja pembacanya. Jika esaay anda sasarannya kepada para intelektual, berarti anda wajib menggunakan bahasa yang bersifat intelektual. Begitu juga sebaliknya, apabila calon pembaca adalah masyarakat umum, maka gunakanlah bahasa umum secara formal agar essay anda mudah dipahami.

6. Memulai mengerjakan.

Tahap selanjutnya yaitu mengerjakan. Jika persiapan diatas sudah anda pahami maka akan lebih mudah dalam menulis essay. Akan tetapi, Dalam penulisan essay ada tiga hal penting yang harus anda ketahui yaitu adanya kalimat pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Jadi ketika membuat essay tidak sembarangan menempatkan kalimat, jangan sampai tertukar penempatanya.

Untuk pembahasaan kalimat pembuka, kalimat isi, dan kalimat penutup, serta contoh essay, maka akan kita bahas pada artikel selanjutanya agar anda bisa lebih mudah memahami dan mempraktekkan penulisan yang benar secara langsung. Semoga bermanfaat,,

Baca juga:
1. 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Pemilihan Duta Bahasa
2. Cara Lolos Menjadi Finalis Duta Bahasa, Hingga Ke Tahap Akhir
3. Simak Rahasia Sukses di Pemilihan Duta Bahasa
4. Cara Menang di Pemilihan Duta Bahasa
5. Cara Menang di Pemilihan Putera Puteri Bahari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel