Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Cara Membuat Essay Pemilihan Duta Bahasa

Mengikuti pemilihan Duta Bahasa merupakan Kegiatan yang positif generasi muda dalam mensosialisasikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tempat dan kondisinya. 

Pemilihan Duta Bahasa dimulai tingkat Provinsi dan kemudian dilanjutkan pada tingkatan nasional. Penilaiannya yaitu kecakapan berbahasa Indonesia, wawasan kebangsaan, dan aspek etika selama mengikuti proses pemilihan berlangsung. 

Tahapan yang akan dilalui peserta ialah membuat essay sesuai tema yang ditentukan. Biasanya terdapat pilihan tema yang akan dibuat sesuai keinginan.

Cara Membuat Essay Duta Bahasa

Diketahui Esay merupakan suatu tulisan berupa opini dan tanggapan, berdasarkan pemikiran yang dituangkan dalam kata/kalimat menjadi paragraf.
Membuat essay terdapat gagasan/ide. Untuk itu, dalam membuat essay, tulis sesuai topik permasalahannya supaya tidak keluar pada topik yang dibahas. 

Untuk memudahkan membuat essay untuk duta bahasa, sebagai refrensi, Berikut 9 cara membuat essay pemilihan Duta Bahasa. Meliputi;
  1. Pilihlah tema yang lebih mudah dari pilihan yang tersedia.
  2. Buatlah judul essay. Judul dan tema berbeda. Menulis judul akan lebih mudah ketika tema sudah ditentukan.
  3. Buat tulisan mengenai sudut pandangan di bagian pembahasan.
  4. Gunakan bahasa baku yang baik dan benar sesuai KBBI.
  5. Hindari kata-kata alay karena kurang tepat seperti kata loe, gue, dan lainnya.
  6. Lakukan analisa secara subjektif terhadap fakta yang terjadi, dan dalam kalimat yang baik, dan kritikan yang membangun.
  7. Fokus pada masalah yang dibahas.
  8. Bagian isi disesuaikan dengan judul dan tema yang dipilih supaya tulisan tidak keluar dari topik pembahasan.
  9. Periksa kembali essay yang dibuat supaya lebih mudah dipahami.
Membuat kalimat dalam essay perhatikan penggunaan huruf kapital (huruf besar) karena dipakai pada huruf pertama kata, diawal kalimat. contohnya "Mereka mengikuti perlombaan". Maka penempatan huruf kapital di huruf "M". 

Menulis essay yang baik bukan seperti menulis buku harian pribadi. Seperti menggunakan kata gw atau elo. Karena menulis essay harus menggunakan bahasa yang baik dan benar karena ini merupakan karya tulis yang bersifat formal. 

Oleh karena itu, buatlah essay dengan bahasa yang mudah dimengerti. Bedakan pula dengan menulis sistem Search Engine Google pada situs, tidak tepat jika diterapkan di essay. 

Setiap penulisan kalimat pertimbangkan kira-kira siapa saja pembacanya. Jika essay anda sasarannya kepada para intelektual, berarti anda wajib menggunakan bahasa yang bersifat intelektual. 

Begitu juga sebaliknya, apabila calon pembaca adalah masyarakat umum, maka gunakanlah bahasa umum secara formal agar essay anda mudah dipahami dan di mengerti.

Tahap selanjutnya yaitu mengerjakan. Jika persiapan di atas sudah anda pahami maka akan lebih mudah dalam menulis essay. 
Untuk memulai penulisan, agar tidak melebar pembahasannya maka buatlah terlebih dahulu kerangka atau bentuk susunan. 

Kerangka susunan ini berfungsi sebagai mempermudah agar tidak ada pengulangan kata/kalimat. Ini juga berfungsi sebagai menentukan pokok-pokok bahasan agar lebih rinci seperti kalimat utama, pembahasan dan lainnya.