Cara Lolos Menjadi Finalis Duta Bahasa Hingga Ke Tahap Akhir



Hasbundoya.com - Pemilihan Duta Bahasa diselenggarakan oleh Kantor Bahasa yang menggelar acara pemilihan disetiap tahunnya. pemenang I putera dan puteri duta bahasa tersebut akan mengikuti ajang pemilihan duta bahasa di tingkat nasional, yakni mewakili daerahnya masing-masing. Kegiatan Ini menjadi kesempatan terbaik untuk pemuda-pemudi menyuarakan tentang pengutaman bahasa indonesia sesuai slogannya.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk terus berupaya melestarikan bahasa Indonesia agar tidak tersingkirkan. saat ini bahasa indonesia sudah mulai tergeser, banyak orang lebih terbiasa menggunakan bahasa alay yang tak jelas dan mencampuradukannya dengan bahasa asing. Baca juga: Contoh Pertanyaan Duta Wisata

Perlu anda ketahui tahapan seleksi dari duta bahasa sendiri sangat ketat, untuk itu simak tips khusus agar bisa menjadi duta bahasa provinsi lampung. (Info: follow @doyahasbun #salambahasa).

1 . Tahap persiapan.

Jika anda berniat mengikuti pemilihan duta bahasa pasti anda harus memiliki persiapan terlebih dahulu. Dimulai dari mental, data diri berikut prestasi anda sebelumnya, kartu tanda pengenal, buatlah esai sesuai tema yang ditentukan, pakaian/wardrobe, materi kebahasaan dan kebangsaan, materi budaya di daerah, dan pengetahuan umum.

Berikut sebagian materi Duta Bahasa, yang wajib kamu pelajari:

✓Untuk materi kebahasaan/kebangsaan pelajari dan hapalkan tentang sumpah pemuda, pelajari kaliamat langsung dan tidak langsung, pelajari sejarah bahasa indonesia meliputi kapan peresmian bahasa indonesia sebagai bahasa nasional, dan uud tentang bahasa.

✓Untuk materi kebudayaan seperti adat pernikahan daerah, makna konsepnya, tentang kemuakhian/puakhi, adat istiadatnya, makanan khas dan cara membuatnya, juga meliputi tempat wisata unggulan daerah tersebut.

✓untuk pengetahuan umum sifatnya menyuluh, bisa dari sistem pemerintahan atau sejarah yang barakaitan dengan kebahasaan, pelayan publik terhadap masyarakat.

2. Tahap pendaftaran.

Pastikan anda sudah terdaftar sebagai peserta, agar dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Saat anda mengumpulkan berkas terutama biodata/profil sebaiknya sertakan seluruh prestasi yang pernah anda ikuti, organisasi, bahkan kegiatan sosila lainnya. Sebap ini akan menjadi nilai tambah untuk anda.

3. Tahapan Seleksi.

Setiap perlombaan dalam menentukan pemenang pasti melewati ujian terlebih dahulu, sama halnya dengan pemilihan duta bahasa di tingkat provinsi. 

Berikut ini tahapan seleksi untuk menjadi duta bahasa:

a. Pengumpulan Essay.
Easai merupakan poin terpenting untuk menambah nilai anda. dewan juri untuk melihat sejauh mana kecerdasan anda berfikir. Esay dibuat minimal 500-600 karakter (kata) hasil pemikiran peribadi sesuai tema yang ditentukan. Agar skor anda dapat membantu mengantarkan sampai ke final dan telitilah dalam membuat esai.

Penting bahwa perhatikan tulisannya seperti hurif kapital, singkatan, titik, koma, dan paragraf, yakni harus sesuai dengan EYD (ejaaan yang dibakukan). Jadi, menulis esai jangan ngaur harus ada refrensi bacaan lain agar memudahkan anda dalam membuatnya.

b. Tes UKBI.
Setelah pengumpulan esai, selanjutnya yang akan kalian hadapi adalah tes ujian kemahiran bahasa indonesia (UKBI). Persiapkan pensil dan penghapus, Disini seluruh peserta akan mengerjakan sebanyak 100 soal dalam waktu yang begitu cepat.

Tes UKBI seperti halnya ujian nasional jadi ada beberapa soal yang khusus mendengarkan rekaman (listening) dan akan muncul percakapan yang panjang, pastikan anda teliti sampai ada pertanyaan sehingga mudah memahami dan berikan jawaban.

Ditahap ini akan banyak peserta gugur, jadi anda harus benar-benar yakin dengan jawaban anda. Dan isi semua lembar jawaban jangan sampai ada yang kosong.

c. Tes wawancara.
Bagi peserta yang lolos di tahap UKBI maka akan berkesempatan mengikuti tes wawancara, kali ini juri yang kalian hadapi yang memiliki pengalaman dibidang ini. Jangan lupa salam dan cimum tangannya, Saran saya ketika menjawab pertanyaan juri jangan berangan-angan atau berbohong.

(Gmbr: Peserta Duta Bahasa 2017 saat tes wawancara berlangsung)

Santai tapi pasti, jangan lupa senyum yang ramah Karena saat anda melakukan wawancara, panitia dibelakang anda akan selalu memperhatikan. Mereka akan menilai dari keseluruahan anda bahkan beberapa panitia ada yang berpura-pura menjadi tukang foto.

Aspek penilaian disini meliputi cara berjalan, posisi anda duduk (usahakan jangan nyender dikursi, posisi tegap). Jika ditanya bakat Ikuti saja, anda ingin bernyanyi atau menari silahkan yang penting totalitas.

d. Pengumuman finalis.
Setelah semua diumumkan mulai dari tahap UKBI sampai ke tahap wawancara. Setelah semua seleksi selesai anda akan menunggu pengumuman sebagai finalis yang akan mengikuti tahap akhir yaitu malam grand final.

Jika sudah menjadi finalis maka anda sudah menjadi bagaian dari keluaraga ikatan duta bahasa provinsi lampung dan siap-siap bergabung di group khusus.

Baca Juga:
1. Panduan Cara Menang di Pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung
2. Cara Menang di Pemilihan Duta Museum, Berikut Panduannya
3. 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Pemilihan Duta Bahasa
4. Cara Lolos Menjadi Finalis Duta Bahasa, Hingga Ke Tahap Akhir
5. Simak Rahasia Sukses di Pemilihan Duta Bahasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel