Cara Awal Menulis Essay Yang Benar, Berikut Panduannya


Hasbundoya.com - Sebelum menulis essay sebaiknya pahami dulu cara membuat essay yang benar, agar memudahkan anda untuk sampai ke tahap penyelesaian. Jika anda sudah mengerti, maka simak langkah-langakah mengerjakannya berikut ini:

1. Tentukan Judul.
Sebelum membuat tulisan sebaikanya anda menentukan judul atau tema yang akan dibahas, judul disini memiliki peran penting yang akan memberikan pengaruh positif bagi pembaca. Sebap dari judul inilah yang akan menentukan layak tidak esaay anda untuk dibaca. Jadi, jangan sembarang membuat judul jika anda ceroboh asal jadi, siap-siap tulisan anda akan lewat begitu saja.

2. Tulis Kalimat Pembuka.
Kalimat pembuka dimaksud ialah bagian yang terletak di bagian paragraf pertama essay. Hal ini bertujuan sebagai kalimat pembukaan yang mengungkapkan terkait apa yang akan anda bahas dalam essay tersebut.

Selain itu, didalam kalimat pembuka juga terdapat pencerahan Anda tentang suatu pemasalahan yang akan dibahas sesuai tema yang diambil, hingga mengerucut dan menyinggung bagian pokok awal, agar pembaca terus penasaran dan merasakan keingintahuan dalam tulisan tersebut.

Dibagian awal ini ada harus membatasi tulisan anda, jangan sampai menyebutkan bagian isi tema supaya essay yang anda buat tidak melebar hingga akan anda ukang di bagain isi paragraf berikutnya. Dengan demikian tulisan anda dapat tertata secara rapi.

3. Bagian Isi.
Jika anda sudah selesai langkah selanjutnya membahas dibagian terpenting yaitu isi paragraf. Paragraf ini khusus memberikan keterangan isi dari tema yang anda buat. Ketika sudah menulis ditahap ini maka tuangkan semua pokok bahasannya mulai dari permasalahan dan solusinya.

Dalam menulisnya usahakan menggunakan kalimat yang formal agar mudah dipahami dan tidak membuat pembaca kebingungan, sehingga orang langsung paham tentang statement yang ada tuliskan. Silahakan kembangakan melalui bahasa anda yang lebih tertata dan jelas.

Jika anda merasa kehabisan kata maka buatlah kalimat penghubung, tetapi jangan samapai terjadi pengulangan agar lebih rinci dan tidak muter-muter, tambahkan kalimat pendukung berupa data agar tulisan anda lebih kuat dan lebih berkualiatas.

4. Bagian Penutup.
Tahapa selanjutnya anda menulis dibagian penutup. Pembahsaan ini anda hanya menyimpulkan secara keseluruhan, tulislah kesimpulan dari essay yang anda buat. Agar lebih mudah bahaslah kembali point terpenting pada bagian isi dengan menggunakan bahasa lain dalam satu kalimat. Menulis kesimpulan merupkan hal yang paling mudah, tapi ingat ketika menulis essay ditahap ini anda perlu berhati-hati. hindari kalimat yang dapat memunculkan topik baru, sehingga akan membuat yang membaca menjadi kebingungan.

Itulah cara membuat essay yang baik, perbanyaklah latihan menulis agar anda lebih terbiasa dan paham. Untuk melihat sperti apa contoh essay yang baik dan benar maka lihat artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel