9 Contoh Hadist Tentang Sedekah Dalam Islam

Hadist tentang sedekah dalam Islam sangat banyak. Sedekah sebagai anjuran yang diajarkan oleh Rasululllah Solallah Hu'alaihi Wassalam. Dalam sedekah banyak mengandung keistimewaannya.

Manfaat sedekah sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Quran: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

Untuk memberikan panggilan hati agar gemar bersedekah, maka simak beberapa contoh Hadist tentang sedekah berikut ini:

1. Allah melipatgandakan pahala orang bersedekah. Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid:18).
2. Sedekah dapat membebaskan siksa kubur.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

3. Sedekah mencegah pedagang maksiat dalam jual-beli. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi no. 1208, ia berkata: “Hasan shahih”)

4. Orang yang bersedekah melapangkan hati dan fikiran yang bahagia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan permisalan yang bagus tentang orang yang dermawan dengan orang yang pelit:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya.

Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

5. Pahala sedekah terus berkembang. Pahala sedekah akan terus dikembangkan Allah SWT, menjadi besar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. 

Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud” (HR. At Tirmidzi 662, ia berkata: “hasan shahih”).

6. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka. Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016).

7. Sedekah amal yang tidak putus sampai mati. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda: 

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya“.

8. Sedekah menjadikan umur panjang. Nabi SAW bersabda: 

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

9. Sedekah menghindarkan segala bala. Sedekah itu merupakan penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Rasulullah saw bersabda: 

“Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” Dari nabi SAW bersabda: “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Dari beberapa hadist diatas, jika kita maknai keistimewaan sedekah langsung mendapatkan balasan dari Allah SWT. Gemar dalam bersedekah akan merasakan kesenangan, ketenangan, dada yang lapang, dan penghapus dosa, serta ibadah kepada-NYA.

Setelah memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan akan bermanfaat kepada penerima dan yang memberi. Itulah keistimewaan yang harus dimaknai dalam sedekah.

Kumpulan dalil-dalil yang menjelaskan tentang sedekah sangat banyak.  Mengabarkan tentang manfaat sedekah dan keutamaan bagi orang-orang yang menjadikan sedekah salah satu langkah ibadah kepada Allah SWT, yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kelak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel