4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Pemilihan Duta Bahasa



Hasbundoya.com - Duta Bahasa merupakan panutan yang akan berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian bahasa indonesia, Menjadi Duta Bahasa bukan berarti harus selalu menggunakan bahasa Indonesia setiap waktu tetapi ahrus sesuai dengan tempat dan kondisi yang mencakup aspek susunannya yang sesuai selogan dari duta bahasa itu sendiri yaitu utamakan bahasa indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.
Untuk itu, sebelum anda mengikuti duta bahasa ada baiknya memahami hal-hal yang perlu disiapkan. 
Berikut 4 hal yang harus anda terapkan dalam pemilihan duta bahasa:

1. Tepat waktu.
Setiap peserta yang sudah terdaftar anda harus berhati-hati dalam bertindak. Dimulai dari pertama anda berkumpul hingga selesai seluruh panitia sudah berisiap-siap menagamati rekam jejak kepribadian anda. Pointnya adalah jangan terlambat, setiap perkumpulan yang diberikan oleh pihak kantor bahasa anda harus disiplin dengan datang tepat waktu.

2. Etika.
Pada awal panitia menjumpai seluruh peserta duta bahasa yang diamati selanjutnya adalah etika peserta. Jadi anda tetap harus menjaga etika yang baik seperti bertutur kata yang baik terhadap orang yang lebih tua dari anda, dan kepada orang-orang diesekitarnya.

3. Ramah.
Point ke tiga yaitu ramah, setiap orang yang memiliki kepribadian yang baik pasti selalu ramah. Jika anda bersifat ramah maka banyak orang-orang yang akan berteman dan mengajak anda untuk berkomunikasi walaupun hanya sebatas baru kenal. Sehingga para panitia yang memperhatikan anda akan merasa senang dan selalu menempatkan nama anda saat penentuan ke tahap berikutnya.

4. Senyum
Senyum merupakan hal yang bersifat terpuji dan sangat mulia, dengan tersenyum anda akan lebih mudah dalam mengatasi gerogi dan lebih santai dalam beraktifitas, ini juga merupakan hal yang perlu anda lakukan saat anda bertemu dan berinteaksi dengan siapapun. Setiap orang yang melihat dapat memberikan kesan dan pengaruh positif tentang diri anda, oleh karena itu tetap tersenyum walaupun kondisi yang sangat menegangkan.

Itulah 4 hal penting yang harus anda pahami dalam setiap kompetisi dan diterapakan dalam kehidupan sehari. Jika itu anda lakukan maka akan menambah point tersendiri serta semakin dekat pada kemenangan. Semoga bermanafaat agar berpacu dalam melodi,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel