Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekan Bahasa dan Makna Slogan Duta Bahasa

Pekan bahasa salah satu program dalam pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa dan sastra Indonesia dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, melalui balai dan kantor bahasa di seluruh Indonesia. Mengikuti kegiatan Kantor Bahasa menyenangkan. Berbagai kegiatan dilakukan pada kegiatan pekan bahasa melibatkan pelajar dan para guru. 

Kegiatan pekan Bahasa mendapatkan pengalaman bermanfaat. Pekan Bahasa salah satu upaya agar masyarakat terlibat aktif mengenali balai/kantor bahasa, serta menjaga sikap positif dan apresiasi masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu tinggi. Negara Indonesia memiliki keragaman, salah satunya dari bahasa. Sehingga bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang harus di junjung. Mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia sangat penting baik pada kegiatan pemerintahan sampai pada lingkup organisasi kemasyarakatan. 
Pekan bahasa merupakan kegiatan yang menarik dalam upaya pembinaan sastra Indonesia. Kantor bahasa Provinsi Lampung, berkesempatan menjadi tuan rumah pada pekan bahasa Se-Sumatra 2017. Kegiatan tersebut akan berlangsung di Hotel Emersia Bandarlampung, pada 17-21 Juli 2017. 

Mengikuti pekan bahasa menyenangkan. Menambah pertemanan dan pengalaman. Berbagai ilmu pengetahuan di setiap kegiatan menarik dilakukan. Pekan bahasa menghadirkan kegiatan sastra di acara tersebut. Sayang untuk dilewatkan. Bertemu duta bahasa dan penggiat literasi Se-Sumatra menambah wawasan khususnya selama acara berlangsung. 

Menariknya terdapat berbagai perlombaan pada Pekan Bahasa 2017, acara tersebut akan diikuti para pelajar Se-Sumatra. Kegiatan perlombaan pada pekan Bahasa se-Sumatra 2017, yaitu:
  • Lomba Mengajar bagi Guru SD;
  • Lomba Mewara bagi Pegawai Pemerintah dan Swasta;
  • Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Siswa SLTP;
  • Lomba Debat Bahasa Indonesia bagi Siswa SLTA;
  • Lomba Cerdas Cermat Bahasa dan Sastra Indonesia bagi Siswa SLTA;
  • Temu Duta Bahasa dalam Forum Diskusi Terpumpun; dan
  •  Temu Wartawan dalam Forum Diskusi Terpumpun.
Ikatan duta Bahasa Se-Sumatera akan berkumpul dan berdiskusi dalam kegiatan pekan Bahasa 2017. Sebagai upaya bagi generasi muda untuk mendukung dan perlindungan bahasa dan sastra Indonesia. Acara berlangsung selama 5 hari, dengan meriah. 

Makna Slogan Duta Bahasa

Ikatan Duta Bahasa memilki slogan yaitu: utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan Bahasa daerah, dan kuasa Bahasa asing. Maka Bahasa Indonesia harus menjadi Bahasa utama sebagai Bahasa persatuan Indonesia. 

Kemudian melestarikan Bahasa daerah, karena Bahasa daerah tergolong Bahasa Ibu, khususnya bagi masyarakat yang lahir di daerah. Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki bahasa daerah yang kaya dan beragam, bahasa Indonesia sebagai bahasa Melayu tinggi yang telah disempurnakan untuk alat komunikasi masyarakat Indonesia. 

Kuasai bahasa Asing, bukan berarti mengutamakan bahasa Asing di negara Indonesia. Namun bahasa asing mesti dikuasai agar dapat bersaing dalam kemajuan zaman, tanpa menghilangkan bahasa yang paling utama ialah Bahasa Indonesia. Sehingga dalam penggunaan Bahasa harus sesuai pada tempat dan kondisinya. 

Pada kegiatan pekan bahasa memberikan  pengetahuan dalam hal pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa dan sastra Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Indonesia yang harus di utamakan sesuai pada Sumpah Pemuda, yang diperingati pada setiap 28 Oktober. 

Nah, generasi Indonesia harus mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan di gunakan di ruang publik, tanpa menghilangkan Bahasa daerah, dan menyampingkan Bahasa Asing. Mempelajari bahasa perlu di sesuaikan pada kemampuan. Namun bahasa Indonesia harus di utamakan. 

Sehingga dalam menggunakan bahasa di kehidupan sehari-hari disesuaikan tempat dan kondisi. Rumusnya ialah: Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing. Sehingga berkomunikasi harus sesuai dengan tempat dan kondisinya. Indah bukan? Nah, silahkan bergabung di ikatan duta bahasa di daerah terdekat. 

Duta bahasa memiliki ikatan di masing-masing daerah bahkan dilingkup nasional. Bergabung di ikatan duta bahasa cukup mudah. Caranya ikutin pemilihannya yang digelar masing-masing kantor bahasa sesuai tempat di berbagai daerah di Indonesia. 

Salah dampaknya mendapatkan pengalaman dan menambah pertemanan. Ikatan duta bahasa akan terlibat dalam program sosial, baik dari komunitas atau kegiatan dari kantor bahasa langsung. 

Sehingga memudahkan untuk mendapatkan pembelajaran tentang bahasa dan sastra Indonesia. Setidaknya bergabung dengan orang-orang dari latar belakang berbeda-beda. Tentunya peka dan terus belajar di bidang Sastra Indonesia. 

Sebab, mempelajari bahasa dan sastra Indonesia gampang-gampang susah. Apalagi jika berhadapan dengan bahasa baku. Wow pelajaran penting dan cukup menguras otak. Silahkan bergabung di Pemilihan Duta Bahasa. Salam Bahasa..!