Wisata Alun-Alun Benteng Kuto Besak Palembang, Sumatera Selatan

Hasbundoya.com - Benteng Kuto Besak di Palembang, Sumatera Selatan merupakan Bangunan peninggalan masa kerajaan yang bersejarah. Bangunan ini memiliki ukuran panjang 288,75 meter, tinggi 9,99 meter dan memiliki tebal 1,99 meter. Benteng Kuto salah satu daerah wisata tujuan wisatawan yang hendak ke kota Palembang.

Di setiap sudut terdapat bastion yang terletak di sudut barat laut bentuknya berbeda dengan tiga bastion lainnya.
Ciri khas bastion Benteng Kuto Besak terdapat Tiga Bastion yang sama. Selain tiga Bastion tersebut, terdapat pula bastion lain yang ada disetiap sudut barat laut dengan bentuk yang tidak sama.

Wisatawan dapat memasuki pintu masuk dari gerbang utama, tepat menghadap Sungai Musi. Gerbang utama ini disebut Lawang Kuto dan pintu masuk lain disebut Lawang Buritan. Sebutan macam ini perlu diketahui pengunjung supaya liburan terasa bermakna dan berwawasan.

Kondisi Malam Hari Benteng Kuto Besak Palembang

Malam hari, Benteng Kuto Besak selalu ramai. Pedangan terlihat menjajakan dagangannya berupa kuliner khas Palembang. Tahukan kuliner lezat yang paling banyak diburu wisatawan seperti empek-empek, aneka minuman, dan jajanan kuliner lain yang nikmat dan khas.
Ketika malam hari ini, udara terasa damai dan nyaman. Nongkrong di Benteng Kuto Besak jadi pilihan. Berkumpul dengan rekan-rekan, kerabat, bahkan keluarga, sambil menikmati kuliner lezat akan terasa menggembirakan.

Lokasi dan Jam Buka Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak beralamat di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kawasan daerah yang hanya dapat dinikmati pengunjung adalah di sekitar plaza depan benteng.

Palza ini berupa halaman terbuka yang bisa disebut alun-alun. Dihalaman inilah tempat wisatawan berkunjung, ada banyak kegiatan disini yang selalu ramai. Sehingga tempat ini dibuka 24 jam setiap hari. Jika lagi galau atau ingin wisata keluarga boleh lah kesini. Supaya suasana semakin damai dan bersahaja.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak sebagai tempat markas militer, jadi benteng ini tidak dapat dikunjungi secara umum. Tempat wisatawan hanya ada di alun-alun atau plaza sekitar Benteng Kuto Besak. Kegiatan di alun-alun bisa sambil nyore, atau lainnya.

Harga tiket masuk ke alun-alun Benteng Kuto Besak sebesar Rp 5.000 saja, ini berlaku bagi setiap pengujung. Tarif memang sangat murah dan cocok melepas penat kehidupan. Sebagai pangkalan militer, di bagian dalam Benteng Kuto Besak tidak menyiapkan sarana atau fasilitas wisata.

Hanya saja di bagian depan Benteng Kuto Besak inilah yang disediakan seperti Plaza, tempat santai, nongkrong, penjual makanan ringan lain, termasuk disediakan pula fasilitas penyewaan perahu untuk pelayaran wisata di sungai Musi bagi para wisatawan.

Wisata alun-alun Benteng Kuto Besak di Palembang, Sumatera Selatan ini menghadirkan kecerian tersendiri. Tempat ini selalu ramai, baik pengunjung pemburu kuliner atau para traveller kece. Anda boleh mencoba sensasi liburan di wisata alun-alun Benteng Kuto Besak Palembang, Sumatera Selatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel