5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Sebelum Mengikuti PSHT

Hasbundoya.com - Kamu ingin mengikut pencak silat Persaudaraan setia hati terate (psht)? Jangan buru-buru dulu. Mestinya kamu harus tahu betul aliran silat ini. Jangan sampai karena ambisius mu, malah gagal. Berharap bisa selesai sampai akhir malah terhenti diawal, bahkan ada pula yang terhenti mendekati tahap penyelesaian.

Pencak silat adalah budaya asli indonesia yang perlu dilestarikan. Aliran silat di indonesia itu sangat banyak, kamu bebas untuk memilih dan masuk aliran yang mana. Mengikuti pencak silat itu tidak ada paksaan, tapi kamu harus harus siap secara fisik dan menaati aturan AD/ART organisasinya.

5 Persiapan Sebelum Mengikuti Pencak Silat PSHT

Topik bahasan kita adalah aliran silat Psht, jika kamu tertarik dan ingin mengikutinya kamu mesti memersiapkannya dengan baik, apasaja itu? Yuk simak info selengkapnya berikut ini:

1. Niat

Percaya saja semua aliran silat itu memiliki sifat yang sakral, jika niat kamu baik maka kamu akan mendapatkan hidayah, memahami segala bentuk materinya, dan bisa sampai pada tahap penyelesaian secara sah sebagai anggota silat yang anda ikuti.
Namun jika awalnya niat kamu sudah tidak baik, misalnya ikut silat karena ingin sombong sok jago, biar dikenal orang berani, dan niat karena jahat, maka kamu tidak akan mendapatkan ilmu yang berkah bahkan tidak akan selesai selama mengikuti pendidikannya.

Hal ini, pun sama berlakunya pada aliran silat di psht. Banyak orang-orang tidak selesai pendidikan di psht karena niatnya sudah tidak baik. Bisa saja dapat cobaan waktu, cobaan kesehatan, keuangan, dan kesibukan lain hingga harus menanggalkan latihan dan harus berhenti dari latihan psht.

2. Mental

Persiapkan lainnya adalah mental. Mental kamu harus siap-siap dilatih di setiap aliran pencak silat. Namun di Psht kamu akan ada tes mental yang akan bermanfaat untuk kamu kedepannya. Kenapa mental mesti disiapkan sebelum mengikuti Psht karena akan banyak gerakan dan tehnik yang akan menguras tenaga dan fikiran selama mengikuti latihannya.

Setiap tingkatan dari masing-masing sabuk akan ada porsi latihan masing-masing. Mental kamu harus kuat, mungkin saja jika kamu belum mempersiapkan mental saat memutuskan untuk ikut psht, kamu banyak mengeluh, bersedih, bahkan menangis hingga memutuskan untuk berhenti dari latihan.

3. Tujuan

Persiapkan selanjutnya adalah tujuan. Apa tujuan kamu ikut psht? Jika tujuan mu tidak sesuai dengan ajaran-ajaran psht maka kamu pun tidak akan bertahan lama dilatihan. Tujuan psht tidak untuk kejahatan dan keburukan, sama saja tujuan aliran silat lain di indonesia.

Jadi sebelum kamu memutuskan untuk bergabung di psht maka pastikan dulu tujuan anda. Jangan sampai tujuan anda salah, kamu akan menanggung akibatnya. Lebih baik kamu cari tahu dulu secara dasar aliran psht ini, jangan karena ikut-ikutan teman mu, dan dengan tujuan yang tidak baik kamu memutuskan ikut bergabung. Sangat sayang dengan waktu dan tenaga yang sia-sia.

4. Lokasi Latihan

Untuk mengikuti pencak silat psht, kamu mesti melihat dan mengamati lokasi latihan. Sesuaikan dengan jarak tempat tinggal mu yang tidak terlalu jauh. Sebab materi psht itu banyak, dan waktu latihannya pun bisa sampai pagi. Ketika tempat tinggal mu jauh dari latihan maka bisa saja kamu mundur bahkan keluar karena jenuh dan merasa terlalu jauh dari rumah.

Tentukan lokasi latihan yang mudah anda jangkau, sebab porsi latihan disetipa sabuk pun berbeda, dan waktunya pun bisa berubah-ubah tergantung kebijakan pelatih. Khawatirnya jika tempat latihan mu jauh dari lokasi, pihak keluargamu akan tidak setuju kamu pulang larut malam, kemudian takut resiko dijalan seperti kendaraan macet, dan hal lainnya.

5. Surat Izin Latihan

Persiapkan surat izin latihan mu dan ikuti petunjuknya. Surat izin latihan harus ditandatangani pihak keluarga mu, dan menyepakati keterangan jelas bahwa pihak keluarga mu harus menyetujui semua atruan yang diterapkan saat kamu mengikuti berbagai kegiatan latihan. Apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka harus patuh terhadap isi dari surat izin yang telah disepakati.

Video Selengkapnya, Berikut ini:
Surat izin latihan ini wajib ditandatangani oleh pihak keluarga dan siswa yang akan mengikuti latihan dan ditandai dengan materai secara sah. Jadi semuanya harus tertata dengan baik sesuai kebijakan dari organisasi psht.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk bergabung di aliran silat psht, penting sekali bagimu untuk mempersiapkan 5 point diatas. Jika memang masih ragu maka cari tahu dulu aliran psht baik dari media sosial, dan orang-orang tersekat anda. Pastikan semua niat kamu mengikuti psht dari hati, tidak dengan paksaan, tidak dengan ikut-ikutan, dan niat buruk lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel