Cara Jitu Jadi Voice Over Sukses, Berikut Rahasianya

Habsundoya.com - Voice Over adalah kegiatan mengisi suara dengan melalui proses rekaman dan alat bantu lainnya. Voice Over sama halnya dengan Dubber.
Dimana mereka bekerja dengan membaca teks yang sudah tersedia menggunakan tehknik suara yang unik dan menarik.

Voice over digunakan untuk membuat Iklan, Bumpper Program, dan Dialog animasi lainnya. Hasil dari voice over itu bisa berupa drama serial, bahkan film animasi upin-ipin, masya and the bear, dan lainnya. Saat di tonton seolah-olah mereka berbicara, padahal suara itu hasil dari rekaman para voice over.

Dunia tehknologi yang semakin canggih banyak memunculkan peluang, termasuk kebutuhan pengisi suara. Memiliki keahlian dibidang voice over atau dubber tentu menyenangkan. Selain bertugas dibelakang layar, pekerjaan ini begitu ringan.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan ini. Ibarat kata jadi voice over itu gampang-gampang susah. Kuncinya banyak latihan dan olah vokal suara agar lebih menarik, unik, jelas, dan berkarakter. Seoarang voice over itu bisa mengubah suara dengan berbagai versi. Misalnya suara anak-anak, remaja, suara perempuan, meniru suara laki-laki, dan bahakan suara orang tua.

Kamu tertarik ingin jadi voice over? Tapi bingung karena merasa sulit. Jangan khawatir disini akan di jelaskan sesuai pengalaman yang pernah saya lakukan.

Nah, simak tips jitu menjadi voice over baik berikut ini:

1. Bermain dengan konsep suara

Anda harus tetap memposisikan karakter suara anda sesuai peran. Misalnya, anda seoarang voice over yang berperan sebagai orangtua maka anda harus menjiwainya dengan baik.

2. Banyak latihan

Latihan itu penting untuk memantapkan diri agar jadi voice over yang baik. Berlatih dengan tekun akan membuat karakter suara jadi lebih halus dan tidak kaku. Anda bisa mencoba versi yang banyak misalkan mencoba rekaman suara jenis iklan produk, suara animasi, dan lainnya.

3. Buatlah karakter khas suara

Sebagai seorang voice over juga harus punya karakter unik sebagai ciri khas anda. Walaupun sangat susah untuk menemukan karater khas dari suara, namun jika terus diasa akan menemukan dengan sendirinya.

4. Jangan mudah berpuas diri

Kadang jika sudah merasa bisa kita pun akan berpuas diri. Sebenarnya ini cara yang salah. Anda seharunya terus memantaskan dengan berbagai cara, terutama mencoba karakter suara lain agar memiliki pariasi. Seorang voice over dengan suara yang banyak jauh lebih mantap ketimbang hanya satu karakter suara saja.

5. Banyak sharing

Sharing dengan sesai voice over atau dengan teman seprofesi akan membuat banyai perubahan. Berikan tanggapan terhadap hasil dubber anda dengan rekan-rekan. Mintaklah masukan seperti krtik dan saran. Ini bertujuan agar memberikan dampak perubahan yang signifikan disetiap waktu.

6. Jangan Takut dan Malu

Jangan takut dan malu, menjadi voice over/dubber hanya bekerja dibalik layar. Jadi kamu tidak perlu merasa taku dan malu-malu. Tinggal baca teks narasi yang sudah disediakan dengan cara anda. Kalau masih takut dan malu sangat susah untuk berkembang.

7. Jangan minder karena persaingan

Apapun pekerjaannya, masalah persaingan memang tak bisa dihilangkan termasuk didunia penyiaran seperti Voice Over/dubber. Jika anda minder jelas akan tertinggal karena persaingan anda dari kalangan yang berpengalaman dan karakter suara yang beragam.

8. Banyak nonton voice over terkenal

Agat anda terbiasa maka perbanyak menonton contoh para voice over/dubber indonesia lainnya. Supaya kamu mendapatkan refrensi lain yang lebih baik. Biasakan diri dengan mengamati dan memahaminya secara perlahan.

9. Praktek langsung rekaman

Praktek langsung adalah cara untuk melihat sejauh mana hasil yang telah anda pelajari. Anda bisa memanfaatkan rekaman dari android anda dengan banyak membaca teks narasi berita dari berbagai media online.

10. Jaga Attitude

Etika yang baik itu penting, anda harus biasa berkomunikas dengan rekan and degnan bahasa yang santun dan perangai yang baik. Jangan sampai karena anda merasa bisa dan mendapatkan pujian malah hilang kendali, merasa sombkng, angkuh, dan attitude yang buruk. Ini harus anda waspadai selalu.

Penggunaa Voice Over/Dubber yang Jarang diketahui Orang

Mungkin anda tidak menyadari saat sedang nonton televisi, dimana muncul berbagai macam iklan produk dengan suara yang beragam. Nah iklan saat iklan tersebut tayang bersama dengan para bintang, akan muncul suara merdu sesuai peranan tokoh.

Berikut voice over yang sering kita dengar, antara lain:

1. Naskah Berita

Pernahkah anda mendenger saat sedang nonton berita televisi? Dimana saat presenter berita sudah selesai berbicara akan muncul tayangan video yang menjelaskan peristiwa kejadian. Suara itulah hasil rekaman dari voice over atau dubber yang sudah di edit dengan baik.

Seiring perkembanganya, saat ini dalam membacakan teks narasi berita sudah mulai dengan cara baru. Dimana para presenter pun langsung membacakan narasinga hingga selesai. Namun biasanya untuk berita-berita yang sedang hangat dan trending topik. Kalau untuk berita biasa barulah melalui proses rekaman dari voice over/dubber.

2. Iklan Produk

Iklan produk diataranya, ada perlengakapan pembersih mulai dari ujung rambut hingga kaki. Ada pula iklan fasion, makanan, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

3. Pembuatan Film

Selain iklan, dalam pembuatan film juga memibutuhkan voice over atau dubber. Biasanya film ini seperti drama kolosal, film luar negeri yang ditayangkan di indonesia maka harus ada bahasa indonesia dengan memakai jasa para voice over.

4. Bummper Program

Bumper program juga menggunakan Voice Over. Biasanya terdapat pada program berita acara talkshow, dan sebagainya. Anda bisa melihat dan mendengarkan saat beberapa program acara televisi akan mulai, dimana akan muncul suara khas yang menggelegar sesuai konsepnya.

Misalnya saat acara program berita RCTI, sebelum mulai akan terdengar suara "Di siarkan langsung dari studio kebun jeruk , jakarta, inilah bulletin berita siang". dan masing banyak yang lainnya.

5. Stasiun Id

Stasiun id juga sering menggunakan voice over atau dubber sebagai ciri khas dari televisi. Misalnya saat break atau acara akan mulai akan tayang video khusus, kemudian akan muncul suara "TV One Memang Beda". Nah kira-kira itu contohnya.

6. Acara-Acara Formal

Termasuk dalam acara besar voice over juga sering terlibat, seperti diskusi publik yang dihadiri para pejabat, perlombaan besar yang mempersilahkan MC sebelum masuk contoh kalimatnya "Hadirin sekalian, kita sambut MC utama malam hari ini Hasbun Doya, dan Rina Nose".

Kemudian misalnya pada saat opening ceremony dan closing asian games, dan lainnya berupa "Selamat datang di Opening Ceremony Asing Games 2018", Sea Games, dan acara lainnya.

7. Acara Pertunjukan

Drama pertunjukan juga sering memakai jasa dubber. Ini hampir sama dengan pembuatan film layar lebar hanya saja dalam pertunjukan ini hanya ditampilkan pada acara tertentu saja.

Para tokoh akan menggerakan mulut seoalh berbicara mengikuti alur suara voice over secara bersamaan. Misalnya pada acara pertunjukan pentas drama, dan lainnya.

Sebenarnya siapapun bisa menjadi voice over, yang penting yakin dan temukan kelebihan dari suara anda. Jangan lupa ikut casting baik radio maupun televisi karena kamu akan mendapatakan tempat pertama kali saat tergabung didunia penyiaran.

Dengan sendirinya kamu bisa terus mengembangkan kemampuan dubber/voice over sebaik mungkin hingga mendapatkan taawaran diluar job radio maupau televisi tempat anda bekerja. Sekarang ini perkembangan tehknologi semakin canggih, lihat saja channel youtube mulai ramai digeluti baik perorangan maupun instansi.

Disitulah peran voice over/dubber yang jelas sangat dibutuhkan. Saran saja jika anda mendapatkan projek voice over atau dubber jangan pernah berbicara mengenai uang dulu. Tapi jadikan pengalaman dan jam terbang terlebih dahulu agar terus mengudara.

Untuk masalah penghasilan dengan sendirinya kamu akan menemukan sistem dan caranya masing-masing, apalagi jika pemula yang jelas bayarannya disesuaikan dengan jam terbang anda sebagai Voice Over atau dubber.

Nah itulah cara menjadi voice over yang baik dan sukses. Siapapun bisa mejadi voice over asalkan berani melakukan terobosan suara dan menggali potensi diri dengan baik.

Jika anda merasa informasi ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikan link keteman-teman anda. Selamat mencoba, smeoga berhasil..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel