Wisata Alam Kebun Teh Medini Kendal, Jawa Tengah

Hasbundoya.com - Mengenal Sejarah Kebun Teh Medini di Kendal Jawa Barat. Berbicara mengenai daerah wisata di indonesia sepertinya tak ada habisnya. Kali ini kita akan membahas daerah wisata alam di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu daerah wisata alam yang asri di kendal ialah Kebun Teh Medini yang tak asing di telinga wisatawan.

Dibalik hijaunya kebun teh medini di kendal menyimpan banyak kisah yang patut kita ketahui mulai dari sejarah, kawasan objek wisata, dan lokasi kebun teh yang subur akan membuat anda berah berlama-lama di lokasi.

Berwisata ke Jawa Tengah tak cukup jika tidak mampir di Kebun Teh Medini Kendal, Jawa Tengah. Tanaman teh yang hijau didukung udara yang segar dan sejuk sangat tepat dijadikan tempat rekreasi keluarga yang nyaman.

Ada hal menarik dari kawasan wisata kebun teh medini ini, oleh sebab itu kita akan membahas wisata alam kebun teh mulai dari sejarah dan objek wisata yang ada didaerah ini.

Sejarah Kebun Teh Medini di Kendal Jawa Tengah

Kebun Teh ini memiliki luas 386,86 hektar yang sudah ada sejak tahun 1901 pada zaman penjajahan Belanda. Pada mulanya kebun teh kendal di Jawa Tengah ini dikelola oleh Pemerintah Kerajaan Belanda.

Lokasi Kebun Teh Medini berada di di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tepat di sisi utara Gunung Ungaran dengan ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut.

Para karyawan kebun teh setiap hari terlihat berbondong-bondong memetik bahkan merawat kebun teh dengan penuh keahlian. Mereka akan anda jumpai saai berada di sini. Ramah, dan terbuka terhadap para pengunjung juga bisa anda manfaatkan untuk bertanya langsung mengenai kebun teh ini.

Kebun Teh Medini di Kendal Jawa Tengah tumbuh subur. Udara sejuk dan asri akan dirasakan para pengunjung yang datang. Pokonya seru sekali beriwisata alam ke kebun teh medini karena menyimpan banyak tempat wisata lain yangt tak banyak diketahui banyak orang.

Bagi anda yang baru pertama kali akan mengunjungi Kebun Teh Medini di kendal maka perlu diketahui mengenai rute perjalanannya. Kondisi jalan menuju lokasi bukanlah perlintasan umum. Hanya jalan khusus yang biasa dipergunakan kendaraan pengangkut hasil panen teh seperti kendaraan truck pengangkut dan mobil petugas.

Rute Perjalanan Menuju Kebun Teh Medini Kendal, Jawa Tengah

Letak lokasi berada di daerah perbukitan jadi saat akan ke lokasi anda melewati jalan yang memiliki kerikil dan batuan besar. Saat hujan tiba suasana jalan semakin licin, sebaiknya berhati-hati saat berkendara melewati jalan ini alternatifnya gunakan kendaraan roda dua seperti motor biar lebih ringan dan cepat sampai di Kebun Teh Medini.

Rute perjalanannya diawali dari Kota kota Semarang, anda tinggal melewati jalur Pasar Jrakah-Boja. Kemudian akan melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran.
Dari Cangkiran nantinya tinggal mengikuti jalan lurus sampai bertemu Taman Rejo. Setelah itu anda tinggal masuk ke arah jalan Promasan. Pada tahap ini anda sudah lebih dekat dengan Kebun Teh Medini yani tepat di Pintu Masuk.

Tarif Masuk Wisata Kebun Teh Medini Kendal, Jawa Tengah

Berapa biaya masuk ke kebun teh kendal di Jawa Tengah? Hanya dengan membeli tiket di Pintu Masuk dengan harga Rp3.000/ orang anda sudah bisa melanjutkan perjalan hingga sampai ke titik lokasi kebun teh medini. Kebun teh ini memiliki lahan hang luas jadi anda tidak lama melakukan perjalanan lagi.

Sepanjang perjalanan santai dari pintu masuj anda akan menyaksikan hamparan kebun teh yang segar dan luas secara merata. Terlihat pula para petani dan petugas yang sedang sibuk memetik daun teh dengan lihai. Mereka memetik daun teh menggunakan alat khusus. Disini anda bebas berekspresi seperti berfoto dan menikmati keindahan alamnya.

Objek Wisata di Kebun Teh Medini Kendal, Jawa Tengah

Selain menikmati panorama kebun teh yang hijau di perbukitan luas ternyata daerah ini memiliki objek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Nah apasaja tempat wisata menarik di Kebun Teh Medini ini? Jika anda penasara simak langsung objek wisatanya berikut ini:

1. Air Terjun Curug Lawe

Objek wisata yang ada di Kebun Teh Medini terdapat Air Terjun Curug Lawe yang berada di daerah Kalisidi. Hanya menempuh sekitar 15 menit berjalan santai dari arah pintu masuk Kebun Teh Medini. Akses jalan seperti biasa berkelok dan baiknya dilakukan dengan berjalan kaki.

2. Air Terjun Curug Medini

Air terjun curug medini memang indah, memiliki 3 sumber pancuran air yang mengalir dengan ketinggian berbeda. Berjarak tak jauh dari lokasi parkiran. Untuk kondisi jalan tidak terlalu terjal karena sangat datar. Kesegaran air terjun curug medini memang dingin, dan jernih. Biasanya para pengunjung ada yang mandi dan berfoto disekitaran air terjun.

3. Petirtaan Candi Promasam

Selanjutnya objek wisata lain yang ada di Kebun Teh Medini ialah terdapat Candi Promosam berupa petirtaan yang sudah tua. Namun masih ada juga tanda bangunan puing yang dulunya merupakan
struktur candi Promosam seperti Lingga, jenis Arca, Ratna, dan Jaladwara yang dapat pengunjung lihat secara langsung di lokasi tersebut.
Tidak jauh dari Candi Promosam di lokasi ini terdapat bukti sejarah peninggalan penjajahan jepang kala itu. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Goa. Sekilas pintu masuk Goa ini memang terlihat kecil tapi saat anda masuk kedalam lorong sangat lebar. Setiap pengunjung masuk usaha membawa penerangan supaya anda tidak merasa takut dan bisa melihat langsung dalam Goa peninggalan Jepang tersebut.

Jika anda berwisata alam ke kebun teh medini di Kendal, Jawa Tengah sangat disayangkan jika tidak mendatangi objek wisata yang ada diwilayah ini. Pastinya anda akan mendapatkan banyak pengetahuan lain yang dapat menambah wawasan anda.

Wisata Alam di Jawa Tengah mengang bergam dan memiliki keunikan tersendiri. Saat anda berwisata ke suatu daerah maka lokasi yang anda kunjungi juga perlu anda perhatikan. Sebab di suatu daerah wisata ada yang jaraknya tidak berjauhan. Maka perhatikan lokasinya dulu supaya anda bisa singgah ke lokasi lainnya yang ada disekitarannya.

Untuk wisata alam di Kebun Teh Medini sudah biasa di kunjungi wisatawa baik lokal maupun wisatawan luar. Sebagian berpendap bahwa wisata kebu teh medini memiliki citra tersendiri untuk menghabiskan waktu liburan. Apalagi bagi kalangan mahasiwa pencinta alam, kebun teh medini sangat cocok dijadikan lokasi berpetualang.

Saat berada di Lokasi Kebun Teh Medini dan objek wisata lain yang ada maka jangan lupa membawa kamera yang bagus supaya hasil jepretan anda memuaskan. Selain itu bawalah peralatan seadanya saja. Hindarkan membawa peralatan yang berlebihan nanti ribet saat kesana kemari. Kalian bisa juga bawa bekal atau snack dan lainnya untuk dinikmati di lokasi.

Bawak pula pakain salin siapa tahu anda bisa bermain di Air terjun sambil berfoto dengan latar yang beragam. Di kebun teh ini sangat bagus bagi para photgrafer untuk menjadikannya sebagai latar foto. P

Panorama alam terbuka, dengan udara yang sejuk akan menambah sensasi rasa nyaman dan menyenangkan. Ayo kunjungi wisata alam kebun teh medini sekarang juga. Ajak rekan-rekan anda supaya wisata alam kebun teh medini semakin populer. (Foto: @bagoes_uc dan @mount_dhar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel