Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada !! Bahaya Main Gawai Saat Kilat dan Petir

Bahaya bermain gawai saat kilat dan petir perlu diwaspadai. Hal itu sangat mengkhawatirkan bagi para pengguna, Apalagi sudah banyak pemberitaan yang terus memperingatkan, agar  tidak ceroboh dalam bermain gawai terutama saat kondisi kilat dan petir.

Gawai sudah biasa menjadi alat dalam mempermudah aktivitas sehari-hari. Tapi jangan lupa untuk selalu waspada, karena dalam bermain gawai disaat hujan disertai petir akan sangat membahayakan.

Alasannya sudah banyak memakan korban hingga menewaskan orang-orang yang suka lalai dan menganggap sepele saat tengah asyik bermain gawai saat kilat dan petir terjadi. Banyak kejadian yang menimpa seseorang akibat ceroboh bermain gawai saat kilat dan petir, bahkan dapat terjadi ketegangan frekuensi dari gawai hingga mudah meledak.
Disaat cuaca buruk disertai hujan dan angin kencang, seringkali kilat dan petir menyambar. Hal itu, harus waspada untuk tidak bermain gawai. Walaupun sekedar berkomunikasi via Telephone. Untuk mengantisipasi, saat hujan dengan petir berlangsung maka hindari mengaktifkan WiFi maupun "Hotspot" yang berhubungan dengan jaringan sinyal dan listrik.

Paling penting untuk mengingatkan, suatu hal yang membahayakan bukan karena akan terjadi kerusakan pada gawai. Tetapi lebih kepada keselamatan nyawa pengguna. Maka sebaiknya, saat terjadi kilat dan petir, alangkah baiknya tidak bermain gawai dan tunggu sampai kondisi aman.  

Bahaya Bermain Android Saat Kilat dan Petir Berlangsung

Android terdiri dari berbagai macam komponen logam yang sudah terkoneksi dengan jaringan tekhnologi. Sehingga sangat mudah dalam menangkap sinyal dari gelombang elektromagnetik yang mampu menghasilkan jaringan pada medan magnet.

Coba dirasakan disaat bermain gawai, seringkali  gawai perlahan-lahan terasa panas. Disaat bermain gawai pada saat kilat disertai petir, justru akan sangat membahayakan diri dan orang-orang disekitar.

Walaupun memiliki pemahaman lain mengenai hal ini, setidaknya mencegah agar selalu berhati-hati dalam menggunakan gawai disesuaikan dengan kondisi, tempat dan waktunya. 

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, masih mending jika terjadi luka ringan dari ledakan yang terjadi. Bagaimana jika nyawa yang terancam hanya karena ceroboh dengan kondisi kilat dan petir?

Tips Terhindar Sambaran Kilat dan Petir 

Nah untuk mengatasinya, supaya aman saat menggunakan gawai dalam kondisi kilat dan petir terjadi, sebagai berikut:

1. Pakai alas kaki

Berjalan tanpa alas kaki tentu berbahaya saat kondisi kilat dan petir. Terutama saat akan menghidupkan atau mencabut colokan kabel  listrik. Sebab, akan mudah menghantarkan aliran listrik melalui benda-benda sekitar termasuk lantai. Untuk menghindari radiasi aliran listrik saat kilat dan petir maka gunakan alas kaki. 

2. Diam di rumah

Ketika kondisi kilat dan petir, maka segera masuk ke gedung, rumah, atau bangunan kantor lainnya. Hal ini untuk melindungi diri dari bahaya petir saat menyambar yang sangat cepat.

3. Hindari berenang atau bermain di pantai

Menunda bermain di pantai, atau saat sedang mandi di sungai dan bermain di pantai, pastikan kondisi cuaca. Sekiranya mendung dan hujan maka segera pulang. Air sungai, danau dan laut bisa menghantarkan enegi panas ketika kilat dan petir menyambar. Hal itu, akan membahayakan keselamatan. 

4. Matikan Data Android saat di rumah

Matikan data atau sinyal pada gawai. Tujuannya agar tidak mudah tersambar. Sambaran Kilat dan petir sangat cepat, maka biasakan mematikan data. Apalagi saat petir menyambar secara terus menerus. Tunggu sampai kilat dan petir tidak terjadi. 

5. Jangan angkat Telephone

Hindari berkomunikasi via telephone saat kondisi cuaca buruk disertai kilat dan petir. Hal itu, akan sangat membahayakan. Harus selalu waspada, dalam kondisi kilat dan petir. 

Tips di atas memang sangat berguna untuk keselamatan bersama. Info di atas tidak hanya berlaku bagi pengguna gawai saja, tapi barang-barang elektronik lain yaitu Laptop, dan saat menonton televisi untuk segera dimatikan saat kondisi kilat dan petir terjadi. 

Pentingnya mengingatkan keselamatan, terutama pada kondisi kilat dan petir terjadi.  Bahaya bermain gawai saat petir dan kilat berlangsung harus diingat dalam kehidupan sehari-hari. Selamatkan diri dan orang-orang terdekat agar tidak bermain gawai dalam kondisi cuaca buruk disertai kilat dan petir.