Tips Rahasia Lulus Tes Cpns Terbaru

Hasbundoya.com - Banyak yang mengeluhkan terkait cara lulus tes cpns. Mengabdi untuk negeri masih banyak diidam-idamkan oleh setiap orang. Walaupun peluang lolos tes cpns menyediakan formasi yang sedikit. Persaingan begitu banyak, dan berharap bisa lolos tahapan seleksi sampai dinyatakan terima. Lalu apa kira-kira rahasia agar lulus tes cpns?

Anda pengen jadi PNS, maka persiapan pun harus matang. Langkah awal memang harus jeli dalam memantau setiap formasi yang sudah disebarkan. Disini anda dapat mengamati kira-kira instansi apa yang akan anda ambil. Karena pembukaan cpns memberikan kesempatan untuk memilih 1 instansi saja. Jadi anda harus memikirkan nya dengan baik. Baca: Cara membuat essay yang benar


Sebelum pembukaan Cpns di umumkan, maka anda wajib mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Untuk pelengkapan dokumen pasti membutuhkan waktu lama, dan membaca, mengamati contoh soal tes cpns perlu anda pelajari.

Tips Latihan Soal Tes Cpns

Untuk lulus seleksi tes cpns sampai dinyatakan terima merupakan sebuah karunia tuhan yang luar biasa. Saat mengikuti seleksi cpns, anda akan dihadapkan dengan berbagai soal yang beragam. Misalnya dari segi tes meliputi Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang.

Tes Kompetensi Dasar meliputi: Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing tahapan itu memiliki penilaian tersendiri atau ambang batas yang mutlah dipenuhi pendaftar. Penilainnya sebagai berikut:
  • Tes Intelegensia Umum 80
  • Tes Wawasan Kebangsaan 75
  • Tes Karakteristik Pribadi 143
Tips Rahasia Lulus Cpns Mengerjakan Soal

1. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes ini memiliki tipes soal yang mudah asalkan anda teliti. Jalan keluarnya adalah anda baca dulu, dan jawab yang menurut anda mudah. Contohnya mungkin kamu kurang paham menjawab soal aljabar, maka lewatkan saja dengan mengerjakan soal yang lain.

Atau anda juga dapat mendahulukan menjawab soal verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial. Ini bersifat pengetahuan anda. Penting adalah fokus dan teliti saat membaca soal. Jika soal lain sudah dijawab barulah amati ulang soal yang sebelumnya.

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal wawasan kebanggsaan ini meliputi pembahasaan Pancasila, UUD 1945, Sejarah Indonesia, sampai sistem pemerintahan Indonesia, serta hal-hal tentang sistem pemerintahan indonesia. Jenis soal memang terlihat mudah tapi saat anda menjawabnya jangan disepelekan.

Nila-nila moral, dan budi perkerti, sosial kehidupan dan sikap toleransi sama halnya tentang pembahasan pelajaran kewarganegaraan. Pelajari dengan teliti dan berikan jawaban yang benar. Hal lain yang pesti anda ingat adalah waktu pelaksanaan. Dimana kamu harus menyelesaikannya dengan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

3. Tes Karakteristik Pribadi

Soal ini hanya sebatas mencari tahu siapa dirimu. Pilihlah jawaban yang bagus dan tepat saja. Usahakan jujur saat kamu menjawab karena setiao soal akan di bolak balik untuk mengetahui sosok anda sebenarnya. Jika jawaban kamu tidak sesuai dari soap yang hampir sama, maka kamu harus jeli.

Untuk lolos di tahap ini, silahkan pelajari saja contoh soal tes CPNS khusus TKP ini, karena biasanya soal yang akan anda hadapi hampir sama dari seleksi sebelumnya.

4. Tes Kompetensi Bidang

Sebagai saran saja, lebih baik kamu pilih instansi yang sesuai dengan jurusan. Soal yang akan kamu hadapi nantinya tak jauh-jauh dari bidang akademik yang kamu dapatkan saat di bangku perkuliahan. Contohnya kamu ambil untuk instansi Pemerintahan, maka jika jurusan kamu seperti hukum, politik pemerintahan, sangat cocok. Jadi sesuaikan dengan bidang anda terlebih dahulu.

Alternatif bagi kamu yang akan mendaftar Cpns maka jangan sungkan untuk banyak membeli buku latihan. Jangan lupa pahami sistem simulasi Computer Assisted Test (CAT) juga. Untuk lebih mudah kamu dapat mempelajarinya lewat aplikasi CAT CPNS yang tersedia di Play Store android anda. Jika gratis, kenapa tidak dimanfaatkan dengan baik.

Menjadi seorang PNS merupakan salah satu pekerjaan yang menjadu incaran orang banyak. Kuota penerimaan PNS biasanya tak sebanding dengan jumlah yang mendaftar. Artinya memang anda harus siap berlomba dan bersaing untuk menyelesaikan proses seleksi cpns tersebut dengan baik.

Hampir setiap tahun selalu dibuka penerimaan cpns. Jumlah pendaftar bukan ribuan saja tapi sampai jutaan. Maka jika kamu berniat ikut pendaftaran cpns, lebih baik persiapkan jauh hari mulai dari persyaratan berkas, dan bekali diri anda dengan banyak berlatih mengerjakan contoh soal tes pns supaya memudahkan anda untuk berhasil.

Nah itulah rahasia tes cpns yang dapat menjadi info tambahan anda. Bagi mereka yang lulus tahapan seleksi sampai dinyatakan terima pasti memiliki perjuangan yang luar biasa. Tapi percayalah jika sudah rejeki anda maka tidak akan terambil oleh yang lain. Berusaha, berdoa, dan terus ikhtiar memohon keridhoanNYA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel