Cara Bersaing dalam Dunia Kerja yang Mantap

Hasbundoya.com - Persaingan di dunia kerja selalu kita dengar. Tapi bersaing yang bagus bukan didasari atas sikap iri penuh kedengkian. Walaupun persaingan dapat membuat pusing, namun harus berani bersaing dengan baik yang lebih mantap.

Kita bisa berasumsi banyak memgenai makna persaingan. Bukan hanya didunia kerja saja, bersaing di dunia bisnis, dalam kompetisi dan sebagainya. Dampak dari persaingan akan melahirkan banyak hal.

Setiap manusia lahir dibumi oleh sang pencipta memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Maka kebali kelebihan dan kekurangan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana cara bersaing di dunia kerja?

Cara Bersaing di Dunia Kerja

Sejak awal anda memasuki dunia kerja dan dihadapkan dengan kewajiban maka perlu memiliki kemampuan yang tidak biasa dimiliki rekan-rekan anda. Bukan berarti anda harus sombong? Tapi sebagai langkah utama anda dalam mengembangkan kelebihan anda untuk melahirkan berbagai inspirasi yang dalam anda terapkan di dunia kerja.

Jika tidak mampu bersaing bisa menimbulkan stress. Hindari pikiran negatif untuk masalah persaingan, jika berfikir begitu anda akan mendapatkan hal negatif yang sama. Contoh kecil tak perlu menyalahkan orang lain, menjelekkan, mengolok-olok sehingga jadi bahan pembicaraan untuk menaikan citra anda kepada atasan atau rekan lain.

Prinsip yang harus kita tekankan adalah "Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai". Nah untuk lebih jelas cara bersaing di dunia kerja bagi anda sebagai berikut:

1. Hormati dan Hargai Atasan anda

Mengiormati atasan anda penuh ramah. Budayakan tersenyum jika berhadapaan dengan mreka. Kemudian saat anda mendapatkan masalah maka segeralah memperbaiki kinerja. Ingat, kamu harus mengakui kesalahan walaupun kamu tidak salah. Tidak masalah, terimak konsekuensi yang diberikan atasan anda jika diberikan sanksi.

2. Postif selalu dengan Persaingan

Berfikirlah postif tentang persaingan, dimana akan berdampak baik terhadap perusahaan tempat anda bekerja, menjadi lebih baik dan lebih maju. Jika anda berfikir negatif maka jangan heran jika yang datang datang dalam hidup kita hal-hal yg negatif.

Berfikirlah secara logis misalnya Persaingan akan membuat teman kerja anda semakin mantap secara financial dan mendapatkan reputasi yang baik.

3. Tingkatkan Kemampuan

Setiap orang punya kemampuan yang beragam dan ahli dalam bidangnya.
Untuk bisa mengatasi tantangan dalam persaingan adalah "Lakukan apa yang mereka lakukan, dan lakukan apa yang tidak bisa mereka lakukan".

Persaingan akan melahirkan banyak terobosan baru dan semua pekerja akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Nah disitulah peran anda untuk mengasah kemampuan sebaik mungkin agar mampu membrikan gagasan yang tepat.

4. Bekerja penuh ketulusan

Bekerjalah dari hati karena para pekerja pasti digaji yang disesuaikan dengan tugas masing-masing. Hindari bekerja biasa-biasa saja, hanya menunggu atas anda berbicara barulah memiliki trobosan. Ingat, disaat kita bekerja dengan ketulusan lebih mulia dibandingkan dengan bekerja mengharapkan pujian.

Kembali lagi poin sebelumnya, ibarat kata "Jika kita menanam cabe, tak mungkin berbuah tomat". Maka bekerjalah degan penuh tanggung jawab agar berkah kita dapatkan.

5. Jalin hubungan baik dengan atasan

Tipe setiap orang berbeda-beda, ada yang berkarakter cuek, ada yang periang, pendiam, pemalu, dan sebagainya. Salam hubungan sosial kita harus mengenali macam-macam karakter yang ada.

Jika anda termasuk orang yang pemalu, misalnya malu untuk menegur, atau takut untuk menyapa atasan anda. Maka berikan salam atau minimal senyum penuh ramah bukan cari muka.

6. Taat aturan perusahaan

Namanya bekerja dalam perusahaan maka kamu harus patuh dengan aturannya. Setiap perusahaan memiliki aturan masing-masing. Jika kamu pekerja yang baik maka jangan melanggar.

Agar bisa bersaing yang baik, lakukan tugas sesuai kewajiban dan wewenang anda. Lakukan dengan tanggung jawab dna berikan target untuk perubahan dari konsep kerja anda. Bangun citra positif dan berusaha menerima masukan agar anda menjadi lebih baik lagi.

Nah, itulah cara bersaing didunia kerja yang mantap. Sebenarnya itu hanya tambahan refrensi anda saja. Penting adalah banyak belajar dari orang-orang disekitar anda. Banyak bertanya, evaluasi dan terus bangun strategi konsep yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel