Cara Menang Mas dan Mbak Jawa Tengah

Hasbundoya.com - Cara Menang Mas dan Mbak Jawa Tengah dapat anda simak dengan jelas pada tips berikut. Penyelenggaraan pemilihan Mas dan Mbak dalam memilih putera puteri terbaik untuk menjadi Duta Wisata yang digelar oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah selalu tidak salah pilih.

Seluruh peserta Mas dan Mbak akan mengikuti berbagai tahapan seleksi yang cukup ketat. Penilain pun tidak hanya sekedar dari fisik, tetapi etika kepribadian, dan tentu memahami adat istiadat bahkan daerah wisata di Jawa Tengah.

Cara Menang Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah, dan bingung bagaimana cara mudah untuk memenangkannya. Perhatikan tips rahasianya:

1. Memahami Materi

Materi yang akan diujikan kepada seluruh peserta Mas dan Mbak Jawa Tengah berupa adat istiadat, dan wisata daerah di Jawa Tengah. seorang calon Duta Wisata harus mengetahui tentang kearifan lokal dan kekayaan alam didaerah tersebut.

Pelajari semuanya meliputi: Sejarahnya, kapan berdirinya, tempat-tempat bersejarah, makanan khas, tokoh-tokoh bersejarah, potensi wisata, dan wisata unggulannya apasaja. Supaya lebih aman silahakan anda hafalkan secara detail. Baca: Cara Menang Pemilihan Denak Kenong Kota Semarang

Materi semacam itu, bersifatnya wajib sebagai calon Duta Wisata. Sangat lucu jika calon duta wisata tidak mengetahui tentang daerahnya sendiri. Bagaimana caranya menjawab soal tertulis, wawncara, dan pertanyaan dewan juri lain saat grand final? Jelas malukan jika tidak memahaminya.

2. Tampil Percaya Diri

Jangan gugup dan tak perlu minder jika teman mu lancar dengan bahasa asingnya, teman anda lebih tinggi, lebih keren dan cantik dari anda. Itu tak jangan anda hiraukan. Penting adalah tampil percaya diri dan konsisten. Tunjukkan bahwa anda layak juara !.

3. Jaga Etika

Etika yang baik akan menampilkan aura yang berisinar. Pemenang pun bisa terlihat dari saat Audisi pertama dan cara ia berintraksi. Ingat dari sikap seseorang seperti tutur kata, keramahan, rendah hati, terbuka, dan periang bisa terbaca semuanya. Dari sikap yang baik juga akan terlihat di sesi wawancara atau saat anda berlomunikasi.

4. Komunikasi yang Baik

Saat anda berbicara atau menjawab pertanyaan hindari kata "emmm" atau berfikir terlalu lama, dan berkata sambil mata melirik ke atas atau menoreh kiri kanan. Berfikirlah dengan cepat dan jawablah pertanyaan dengan lugas, singkag, padat, dan meyakinkan.

Mainkan gaya bicara intonasi, dan artikulasi agar berwibawa. Biasanya dalam kompetisi usahakan menjawab pertanyaan tidak seperti rumus 1 + 1 = 2, itu kurang baik. Tapi berikan jawaban yang berretorika dan meyakinkan. Misalnya 1+1= 11 atau 0, jadi anda penjelasan yang tertata tapi meyakinkan. Disini yang dinilai bukan mutla kebenaran dari jawaban yang anda katakan. Tapi bagaimana sistem anda menjawabnya.

5. Penampilan yang Bagus

Penampilan biasanya di ambil nilai dari segi busana, cara berjalan di atas panggung. Ini rahasia yang harus dilakukan untuk calon Duta Wisata saat diatas panggung: Badan tegap, pandangan lurus ke depan, tangan kiri lurus ke bawah, hanya tangan yang diperbolehkan diayunkan, tangan kanan depan perut dalam keadan dikepal, jalannya pelan-pelan saja ikuti irama musik, dan harus terlihat gagah, dan yang paling penting jangan lupa selalu senyum dengan juri dan penonton.

6. Tampilkan Bakat Totalitas

Bakat sangat menujang supaya nilai anda terbantu. Saat penampilan bakat harus totalitas, jangan setengah-setengah. Jika menampilkan silat atau beladiri maka tampilkan tehnik yang baik. Begitu juga jika menyanyi, usahakan dengan suara merdu dan kawin antara musik dengan lagu yang anda bawakan.

Tips Hadapi Wawancara Mas dan Mbak Jawa Tengah

Sebenarnya tips ini bukan hanya berlaku di pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah saja, tapi juga berlaku pada pemilihan duta wisata lainnya. Untuk sukses di tahap ini ushakan jangan seperti pidato atau terlalu berlebihan seperti bercerita, karna terkesan kaku dan membosankan.

1. harus yakin dengan jawaban anda, jangan ragu. Berikan kesan yang baik penuh wibawa saat wawancara dimulai hingga selesai.

2. Saat berbicara usahakan tidak nunduk, pandangan mata kearah juri (jika itu face to face), tapi jika FGD bisa tatap smua audiense / peserta tes lainnya.

3. Jangan asal menjawab, pikirkan dulu baru jawab. Setidaknya pakai tehnik retorikan pengantar jika pertanyaan tidak asing bagi anda dan yakinlah dengan jawaban.

4. Fokus ke pertanyaan juri, jangan melebar kemana-mana saat menjawab. Perhatikan intonasi dan anda bicara yang tepat. Intinya sama seperti saat anda tes interview kerja.

Pahami lagi, semua dewan juri akan menilai anda lebih jeli dari setiap sudut. Hindarikan main hp terus terusan. Tampil maksimal dan tidak rapih. Semua akan dilihat dari ujung rambut sampai kaki. Coba lihat para pemenang Mas dan Mbak duta wisata Jawa Tengah sebelumnya. Mereka percaya diri, berkarakter baik, dan etikanya bagus.

Jadi, bagi anda yang akan mengikuti pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah harus mempersiapkan berbagai hal sebagai bekal yang akan anda hadapi saat sesi penjurian berlangsung. Yakinlah dengan kemampuan anda dan berikan ketulusan, tidak dengan kepura-puraan. Foto: @brianpriyangga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel