Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Hemat Penggunaan Gas LPG di Rumah

Gas LPG adalah salah satu kebutuhan pokok yang digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Hampir setiap rumah rumah tangga, memasak menggunakan kompor Gas. 

Untuk melancarkan kegiatan memasak maka Gas LPG juga harus tersedia setiap saat. Tapi menggunakan Gas Elpiji mesti berhemat supaya tetap irit. Supaya kebutuhan dapat tercukupi dengan baik. 

Bagaimana cara menghemat penggunaan Gas LPG ? Sebenarnya penggunaan Gas LPG yang hemat cukup mudah. Jika Gas LPG irit, maka kebutuhan bulanan tentu dapat mencukupi kebutuhan lain. 

Cara Menghemat Penggunaan Gas LPG

Menghemat penggunaan Gas Elpiji dapat meringankan kebutuhan lainnya.
Apalagi anak-anak kosan, kebutuhan pun kian bertambah termasuk rokok, belum uang jajan, uang kebutuhan lain.
Kehabisan Gas Elpiji membuat biaya kebutuhan meningkat. Itulah pentingnya Gas LPG yang harus dihemat agar tidak mengeluarkan uang sembarangan. Nah, Bagaimana caranya agar Gas LPG di rumah bisa irit?, Simak tipsnya berikut ini:

1. Memperhatikan Ukuran Api

Ukuran api juga berpengaruh terhadap Gas yang dikeluarkan ketika sedang digunakan. Misalkan anda sedang memasak, maka gunakanlah api yang kecil dan tidak terlalu besar. 

Ketika ukuran api selalu besar di atas ukuran standar panci maka Gas dari tabung akan keluar dengan banyak. Inilah yang harus anda hindari supaya pemakaiannya bisa irit.

2. Gunakan Tutup Panci

Tutup panci harap selalu anda gunakan saat tegah memasak apapun. Menutup panci dapat mempercepat proses pematangan, dikarena uap panas yang dihasilkan tidak langsung menguap sampai terbuang sia-sia.

Selain menghemat Gas LPG anda, nutrisi sayuran atau apapun masakan yang anda olah tidak akan hilang. Sangat sepele memang, tapi silahkan mulai membiasakan diri untuk selalu hemat.

3. Matikan Sejenak saat Memasak

Ketika anda sedang memasak, menumis sayur, dan sebagainya maka langsung cepat matikan api ketika sayuran sudah masak setengah matang. Biarkan saja di atas kompor gas, selang beberapa menit akan terjadi proses pematangan yang terus berlanjut.

Ini disebabkan oleh sisa panas dari peralatan masak dan benda besi dari kompor. Sehingga apapun yang anda masak akan matang sempurna. Tapi tidak untuk makanan berbahan daging karena proses memasak daging cukup lama sampai matang.

4. Gunakan Alat Masak Berbahan Stainless Steel

Buat anak-anak kosan harus tahu bahwa penghantar panas terbaik adalah stainless steel. Jika anda menggunakan alat masak berbahan stainless steel makanan akan lebih cepat matang dan tentu penggunaan Gas LPG akan hemat.

Walaupun banyak jualan dipasaran berbagai macam panci, wajan, dan sebagainya tapi untuk bahan aluminium, enamel kedua jenis logam tersebut bukan penghantar panas yang baik, maka saran saja pakai yang berbahan Stainless Steel saja biar irit.

5. Sesuaikan Ukuran Alat Masak dengan Bahan yang di Masak

Gunakan peralatan masak sesuai dengan ukurannya dan perkiraan porsi makanan yang akan dimasak. Hindarkan memasak porsi kecil menggunakan alat yang besar karena akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa berubah menjadi panas hingga menyebabkan penggunaan Gas lebih banyak.

Sekarang sobat sudah tahukan cara menghemat Gas LPG di rumah. Maka mulailah hidup hemat, karena hemat pangkal kaya. Bagikan info ini jika memang bermanfaat untuk anda. 

Ingat, sampaikan saja walaupun hanya satu ayat. Berarti anda pahamkan maksudnya, ambil positifnya. Yuk berbagai informasi agar berkah. Selamat mencoba, semoga Gas LPG di rumah irit setiap hari.