Contoh Teks Berita Bahasa Lampung

Habsundoya.com - Membuat naskah berita dalam teks bahasa lampung harus jelas dengan kalimat yang baik. Sebenarnya sama saja dengan naskah berita pasa umumnya, yang membedakannya adalah dari segi bahasa. Untuk lebih mudah membuat teks berta dalam bahasa lampung maka dilakukan pengamatan kira-kira berita apa yang akan anda tulis.

Berita dalam bahasa lampung memang tergolog gampang-gampang susah. Sebaiknya buatlah teks berita bahasa lampung dengan kosa kata pada umumnya atau menggunkan bahasa dialek anda sehari-hari. Kita ketahui bersama bahwa bahasa lampung sendiri terdiri dari 2 dialek yakni A dan O.

Tips Membuat Teks Berita Bahasa Lampung

Memulai menulis teks berita dalam bahasa lampung jangan dianggap sulit. Semua bisa di pelajari dengan baik, namun untuk memberikan kemudahan tersebut maka simak tips untuk memulainya:

1. Tentukan berita apa yang akan dibahas, misalnya dibagian kriminal, hukum, ekonomi, kesehatan, pendidikan, berita olahraga, dan sebagainya.

2. Tulis judul dan rangkai kalimat, misalkan topik yang akan anda buat berupa ekonomi maka tulis judul seperti "Harga ikan melambung, pedagang sepi penjual".

3. Mulai tulis keterangan lengkap, biasanya menulis berita harus jelas dan akurat. Dimana anda harus mencari tahu langsung ke tempat yang sesuai. Misal di pasar, wawancara dengan pedagang dan wawancara dengan embeli.

4. Cantumkan waktu wawancara, termasuk tempat anda mencari berita. dimana videokan sebagai dokumentasi pelengkap.

5. Buat Statement, sama halnya dengan berita menggunakan bahasa indoneia. Dimana ada statement dari pelaku objek yang terkait.
Berikut ini ditulis contoh teks narasi tv dan teks naskah berita. Perbedaanya, jika narasi tv berupa kalimat pokok utama berita yang dibacakan presenter televisi saat video akan ditayangkan. Namun untuk teks berita yang tertulis sebagai contoh teks seperti di media cetak atau online.

Contoh Teks Berita Dalam Bahasa Lampung

Teks Narasi Tv:

Minak Muakhi/ Rega Tomat dipasar gintung kuta bandar lampung turun/// dipa rega tomat semakkungni angkah 15.000 per kilo/ kidang tannoji radu turun jadi 8.000 perkilo// lamkon sai bujual nguhkon masalah turunni rega tomat// menurut tian/ turunni rega seno lamon pasokan sai anjak petani///

Teks Naskah Beritanya:

Tomat sai tanno ji lamon nyani rega ni turun dipasaran. Kik sai semakkungni rega tomat di Rp15.000 perkilo ni, tanno malah turun jadi Rp8.000 perkiloni. Budi, sai bujual di pekan pasir gintung, Kota Bandar Lampung ngucakkon bahwasani turunni rega tomat disebabkon mani pasokan anjak sunyinni petani radu lamon.

Rega tomat sai turun budampak munih jama uleh anjak pedagang. Nanggapkon kedayok sinji lamon sunyinni pedagang ngeluhkon rugi mani rega tomat bida jama rega sai semakkungni.

"Biasani kipak turun mawat hak aga mesaka, mani aga lebaran idul adha ajo sayuran pasti muloh di rega biasani", Ani budi pas tituggai di Pasar Pasir Gintung, Bandar Lampung, pada Rebu (01/8/2019).

Kik tiprediksikon bahwasani turunni rega tomat sinji mawat haga mesaka. Mani adu redik di idul adha ji pasti kebutuhan haga cakak, gegoh juk rega tomat sai haga muloh juk rega biasani. Tanno sunyuinni sai bujual lamon sai rugi, kidang kipakhak reno tetap tian bujual pak rega ni turun.
________________
Nah, untuk lebih mudah lihat terjemahan teks berita diatas dalam menggunakan bahasa lampung berikut.

Terjemahan Bahasa Indonesia Teks Narasi Tv dan Teks Berita diatas

Teks Narasi Tv:

Pemirsa/ Harga tomat di pasar pasir gintung kota bandar lampung turun/// dimana harga tomat semula 15.000 per kilo/ namun saat ini turun menjadi 8000 perkilo// Pedagang pun banyak yang mengeluhkan turunnya harga tomat/ menurut pedang/ harga tersebut turun karena banyaknya pasokan dari petani///

Teks Naskah Berita:

Tomat yang saat ini melimpah membuat harga semakin turun di pasaran. Jika sebelumnya harga tomat Rp15.000 per kilonya, saat ini turn menjadi Rp8000 saja. Budi, selaku pedang yang ada di pasar gintung, kota bandar lampung menyampaikan bahwa turunnya harga tomat disebabkan karena pasokan dari para petani semakin melimpah.

Harga tomat yang turun berdampak terhadap pemasokan pedagang. Terlihat banyak tomat yang membusuk karena berkurangnya minat para pembeli. Menanggapi hal ini banyak para pedang mengeluhkan kerugian karena harga tomat berbeda dari sebelumnya.

"Bisanya tidak akan lama, apalagi mengahadap lebaran tiba semua sayuran akan naik kembali", Saat ditemui di Pasar Pasir Gintung, Bandar Lampung, pada Rabu (01/8/2019).

Jika di prediksi bahwa turunnya harga tomat ini tidak akan bertahan lama. Sebab mendekati hari raya idul adha kebutuhan semakin meningkat, termasuk harga tomat yang akan kembali normal. Kini para pedagang juga banyak yang mengalami kerugian, namun tetap berjualan meski permintaan pembeli berkurang.

Itulah contoh teks berita dalam bahasa lampung. Biasanya bagi mahasiswa di lampung yang membuat tugas kampus di jurusan komunikasi pasti akan mendapatkan tugas membuat berita dengan bahasa lampung. Silahkan pakai cara membuat berita dalam bahasa lampung diatas.

Untuk lebih mudah dalam membua berita menggunakan bahasa lampung memang harus mengerti dan fasih baik dari kosa kata maupun maknanya. Baca: Cara Mudah Belajar Bahasa Lampung
Nah sekarang silahkan pelajari dengan baik dan perlahan agar bisa. Semoga bermanfaat..

Baca juga: 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel