Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Berita Bahasa Lampung

Membuat naskah berita dalam Bahasa Lampung sama saja dengan berita Bahasa Indonesia pada umumnya. Membedakannya adalah segi Bahasa. 
Terutama bagi yang ingin membuatnya dalam bahasa daerah, atau untuk keperluan dalam keperluan tugas organisasi untuk muatan lokal. 

Membuat Teks Berita dalam Bahasa Lampung pada artikel ini, bertujuan untuk memberikan refrensi kepada teman-teman yang mendapatkan tugas di sekolah atau di kampus misalnya membuat berita menggunakan Bahasa Lampung. 
Buatlah berita dalam Bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan ke Bahasa Lampung. Untuk memudahkan saat membuatnya, maka (Lihat contoh di media online, cetak, dan Lainnya). 

Biasanya berita dalam bahasa Lampung, untuk menyelesaikan tugas perkuliahan atau organisasi komunitas di daerah. Sehingga untuk mempermudah maka perlu panduan supaya teks berita yang dibuat lebih baik..

LEAD: TEKS

Minak Muakhi/ Rega Tomat dipasar gintung kuta Bandar Lampung turun/// dipa rega tomat semakkungni angkah 15.000 per kilo/ kidang tannoji radu turun jadi 8.000 perkilo// lamkon sai bujual nguhkon masalah turunni rega tomat// menurut tian/ turunni rega seno lamon pasokan sai anjak petani///

TEKS NASKAH BERITA BAHASA LAMPUNG:

Tomat sai tanno ji lamon, nyani rega ni turun dipasaran. Kik sai semakkungni rega tomat di Rp15.000 perkilo ni, tanno malah turun jadi Rp8.000 perkiloni. Budi, sai bujual di pekan pasir gintung, Kota Bandar Lampung ngucakkon bahwasani turunni rega tomat disebabkon mani pasokan anjak sunyinni petani radu lamon.

Rega tomat sai turun budampak munih jama uleh anjak pedagang. Nanggapkon kedayok sinji lamon sunyinni pedagang ngeluhkon rugi mani rega tomat bida jama rega sai semakkungni.

"Biasani kipak turun mawat hak aga mesaka, mani aga lebaran idul adha ajo saninggulai pasti muloh di rega biasani", Ani budi pas tituggai di Pasar Gintung, Bandarlampung, pada Rebu (01/8/2019).

Kik tiprediksikon bahwasani turunni rega tomat sinji mawat haga mesaka. Mani adu redik di idul adha ji pasti kebutuhan haga cakak, gegoh juk rega tomat sai haga muloh juk rega biasani. Tanno sunyuinni sai bujual lamon sai rugi, kidang kipakhak reno tetap tian bujual pak rega ni turun.


Itulah contoh teks berita dalam Bahasa Lampung. Apabila mahasiswa di lampung membuat tugas kampus atau kegiatan organisasi tentang membuat berita dalam Bahasa Lampung. Ini hanya contoh saja, karena membuat teks berita yang baik seperti tulisan Jurnalis maka perlu pelatihan khusus dan tehknik menulis berita.

Tips Membuat Teks Berita Bahasa Lampung

Membuat teks berita Bahasa Lampung, buatlah menggunakan bahasa Indonesia. berikut tips menulis berita:

Unsur-unsur Berita
Berita yang baik harus memperhatikan rumus 5W + 1H, yaitu:

What/apa ?
Maksudnya peristiwa apa yang terjadi?

Who/siapa?
Maksudnya siapa orang yang terlibat dalam peristiwa itu ?

Where/ di mana?
Maksudnya di mana terjadi peristiwa itu ?

When/ kapan ?
Maksudnya kapan terjadi peristiwa itu ?

Why/mengapa?
Maksudnya mengapa bisa terjadi ?

How/bagaima?
Maksudnya bagaimana kejadian itu berlangsung?

Selain 5W + 1H dalam bahasa Indonesia juga dikenal rumus dan istilah penulisan berita yang baik seperti ASDAMBA (Apa, Siapa, Di mana, Apabila/kapan, Mengapa dan Bagaimana). Sehingga lebih mudah dalam menyusunnya. 

Kemudian, langkah terakhir mentranslit bahasa ke bahasa daerah. Paling penting membuat berita dengan panduan, akan lebih mudah. Dengan panduan akan menghasilkan teks berita yang baik dan menarik.