10 Ciri Ciri Warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

Hasbundoya.com - Apa ciri ciri warga PSHT ? Biasanya sangat sulit menebak ciri dari warga PSHT. Sebab jika dilihat dari seragamnya saja tidak cukup. Ini dikarenakan warna seragam hampir sama dengan silat lainnnya. Diketahui bahawa Perguruan PSHT adalah sebuah aliran pencak silat asli indonesia yang mengutamakan rasa persaudaraan antar anggota.

Aliran pencak silat PSHT ini sudah lama yang didirikan pada tahun 1922. Menjadi anggota pencak silat PSHT juga memiliki aturannya. Dimana harus mengikuti tahapan untuk dapat resmi sebagai anggotanya. Jika dilihat memang tidak bisa di tebak ciri ciri warga PSHT, sebab yang dapat mengetahuinya hanya sesama anggota PSHT saja. Baca juga: Cara Cek Warga PSHT Asli/Gadungan 

Namun pada intinya, anggota PSHT di didik untuk berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah. Selain itu, anggota PSHT juga harus hidup rukun dan damai, tetap menjaga sikap toleransi yang baik kepada sesama ummat. Namun semua aliran pencak silat pasti mengajarkan tentang kebaikan, jadi tidak ada salahnya jika anda bergabung.

Ciri Ciri Warga PSHT Sebagai Tandanya

Ciri-ciri artinya gambaran atau tandanya, tapi banyak hal yang dapat melihat ciri anggota silat PSHT. Untuk lebih jelas mengenai ciri dari warga PSHT, berikut ini gambaran umum saja. Jika anda ingin mengetahuinya secar rinci alternatifnya silahkan daftar dan ikut latihan terdekat.
Ciri warga PSHT secara umum:

1. Bersikap Berbudi Pekerti Luhur

Berbudi perkerti luhur adalah sikap beretika dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Pada fase kehidupan kita juga akan dihadapkan berbagai macam permasalahan hidup. Namun kita juga bisa memahami setiap permasalahan yang ada dengan mengetahui benar dan salahnya. Sehingga kita bisa lebih mudah dan santai dalam menjalani kehidupan sosial bermasyarakat.

2. Rajin dan Aktif Latihan

Sebagai salah satu cara untuk menjadi bagian dari anggota PSHT adalah rajin dan aktif latihan. Disinilah awal mula kita mahami segala bentuk tehnik dilat dan ajarannya. Semua tidak instan, dimana ada tahapan yang harus dilalui dan berbagai ujian materi yang harus diselesaikan oleh calon anggota PSHT mulak dari tahap sabuk hitam, pink, hijau, putih kecil dan sabuk mori.

3. Menjunjung Persaudaraan

Menjunjung persaudaran adalah salah satu kewajiban yang diajarkan dari aliran silat PSHT. Semua anggota harus bersikap menjaga persaudaraan layaknya saudara kandung. Saling berbagi, menjalin kebersamaan, dan selalu ceria. itulah hal hal kecil yang harus diterapkan sesama anggota persaudaraan setiap hati terate (PSHT).

4. Hormat Menghormati

Hormat menghormati juga termasuk dalam sikap yang harus di emban oleh setiap manusia. Kita harus menghormati dan menghargai yang tua dan yang muda. Harus bisa menempatkan posisi diri dimanpun berada dan dengan siapapun lawan disaat berintraksi.

5. Bersikap Toleransi

Toleransi adalah salah satu ciri yang dimiliki warga PSHT. Sebab anggota PSHT juga terdriri dari berbagai latar belakang mulai dari agama, suku, ada budaya dan bahasa. Dimana kita harus bersikap saling menyayangi antar sesama. Dengan adanya perbedaan inilah yanh dapat menajdikan hidup kita lebih berwarna.

6. Suka Menolong Tanpa Pamrih

Saling tolong menolong tanpa mengharapkan balasan adalah salah satu ajaran yang diterapkan pada setiap anggota PSHT. Menolong orang lain adalah sebuah kebaikan yang harus di lakaukan dalam hidup. Supaya berkah dan diberikan kelancaran oleh yang maha kuasa.

7. Tidak Bersikap Iri, Dengki, dan Hasut

Penyakit hati memang harus di hindari oleh setiap orang. Begitupula dengan anggota PSHT, dimana mereka juga dituntut untuk memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan. Tidak bersikap iri, dengki, dan hasut yang dapat membahayakan dan berdampak buruk pada diri sendiri.

8. Rendah Hati dan Tidak Sombong

 Rendah hati dan tidak sombong juga sebagai ajaran yang ada di PSHT. Jika kita berbuat angkuh dan sombong pasti perbuatan yang tercela. Sehingga akan merugikan diri sendiri.

9. Bertanggung Jawab

Sikap bertanggung jawab adalah sebuah modal yang dapat dipercaya oleh siapapun. Tanggung jawab yang diajarkan oleh para pelatih di PSHT juga mulai diterapkan saat memberikan materi. Termasuk disiplin wajtu dan membina organisasi khususnya PSHT supaya lebih berkembang.

10. Menjalankan Tugas Seorang Hamba

Semua mahkluk ciptaan tuhan hsrus tunduk kepada sang pencipta. Selaku anggota PSHT juga harus melaksanaknlan kewajiban sesuai pada ajaran kepercayaan masing-masing. Mengerjakan perintah tuhan yang maha esa dan menjauhi larangannya.

Nah jika anda sudah memahami 10 ciri warga PSHT diatas, maka anda dapat menyimpulkan saja para anggota Persaudaraan setiap hati terate (PSHT) itu bagaimana. Namun yang jelas, semua aliran silat juga mengajarkan akan kebaikan. Kita selaku hamba tuhan tetap menjalankan nilai-nilai spiritual sesuai kepercayaan masing - masing agar selalu terciptanya perdamaian dunia.

Ciri warga persaudaraan setia hati terate    (PSHT) diatas dapat anda jadikan acuan jika ingin bergabung di PSHT. Pastinya menjadi anggota setia hati terate memang tidak ada ruginya. Sebab kita juga diajarkan supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Intinya adalah berusaha untuk bersikap berbudi pekerti luhur selama hidup didunia.

Itulah 10 ciri ciri warga PSHT yang dapat menambah wawasan anda mengenai aliran silat ini. Semoga anda juga dapat tergabung menjadi bagian pencak silat persaudaraan setiap hati terate (PSHT) di daerah anda. Sebab aliran silat PSHT sudah ada di seluruh nusantara. Anda bisa memilih tempat untuk laitihan bisa di rsnting, rayon, komisariat, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel