Sumpah Warga PSHT Wajib Ingat

Hasbundoya.com - Sumpah bersama warga PSHT merupakan sebuah tindakan yang berisi larangan agar selaly tumduk dan patuh terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mengikuti aturan ADART PSHT, serta menjauhi larangan yang merusak sebagai insan yang berbudi pekerti luhur, tau benar dan salah.

Apa sumpah warga PSHT?
Sebagai keanggotan dalam aliran silat tentu memiliki tradisi masing. Termasuk pada sumpah bersama yang akan di ikrarkan sebagai keanggotaan. Begitu juga di PSHT dimana memiliki sistem dan cara dalam memberikan keterangan kepada anggota PSHT sebagai tradisi yang sudah ada sejak mula.

Sumpah bersama warga PSHT di ikrarkan saat sudah menjadi bagian dari badan Oragnisasi Pencak Silat ini. Pada dasarnya, saat sudah masuk dalam aliran silat PSHT, maka seluruh siswa akan mendapatkan wejangan sebagai pedoman hidup, ajaran kebaikan untuk selalu taat pada perintah Tuhan Yang Maha Esa. Baca juga: Cara Cek Warga PSHT Asli Atau Gadungan/Palsu

Warga PSHT adalah seseorang yang sudah menyelesaikan tahapan-tahapan proses di latihan hingga selesai pada tahap pengesahan dengan ikrar sumpah warga PSHT yang telah kukuhkan sebagai keanggotaan resmi oleh Dewan Pusat. Warga PSHT sudah melalui proses materi yang di awali dari Sabuk Polos (Hitam), naik ke tinggkat Jambon atau sabuk warna pink, meningkat ke sabuk hijau, lalu ke Sabuk putih kecil.

Setelah sabuk putih tersebut maka tinggal pengulasan dan penambahan materi tambahan, hingga selesai menunggu proses pengesahan tiba. Jika sudah di sah kan maka identitas masing-masing warga tersebut akan terdaftar di pusat, dan mendapatkan nomor identitas serta piangam bukti pengesahannya.

Pastinya semua itu dilakukan berdasarkan aturan, maka tingkatan dari siswa dari macam-macam sabuk akan berubah menjadi sebutan Warga PSHT. Sejak terdaftar menjadi siswa pada ranting di masing-masing latihan. Maka seluruh siswa akan dibekali hal-hal mengenai duni persilatan. Seperti materi pokok, materi dasar, dan lainnya. Baca: 10 Perbedaan Pencak Silat PSHT Dengan Beladiri Lain

Perhatikan Sumpah Warga PSHT 

Sebagai wejangan untuk kebaikan para generasi pendekar PSHT, selalu dibekali dengan ilmu kehidupan yang menjelaskan bahwa pentingnya kebaikan dan kebajikan setiap insan. Sebenarnya aliran sila yang begitu banyak, sama-sama menerapkan kebaikan agar para generasi penerus pengkaderan organisasinya mengahsilkan sosok pendekar yang baik. Baca juga: Sejarah Singkat Pencak Silat PSHT

Terkhusus pada aliran PSHT yang selau menerapkan kesetian kepada sesamanya. Memahami akan kebenaran dan kesalahan. Sehingga terciptanya para pendekar yang amanah, dan berbudi pekerti luhur serta tundukndan patuh terahdap aturan sesuai dengan keyakinan yang maha esa.

Dalam dunia persilatan, seluruh keanggota wajib menjunjung tinggi kode etik yang sudah tertera dalam ADART Organisasi. Sebab, kepengurusan PSHT sama halnya dengan aliran silat pada umumnya yang memiliki struktur kepengurusan yang tertata dan terorganisir. Mulai dari Pusat, Cabang, dan daerah. Jika sumpah PSHT sudah di ikrarkan maka harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi seluruh warga PSHT untuk selalu menebarkan kebaikan kepada sesama, dan selalu bersinar di dimanapun berada. Seperti Lambang PSHT yang tertera memiliki maknanya masing-masing. Semoga PSHT akan selalu jaya dan terus tumbuh para pendekar-pendekar tanah air yang selau setia pada hatinya dan selalu ingat sumpah warga PSHT agar selalu terhindar dari perlakuan yang merusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel