Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Menulis Membuat Hidup Bermanfaat

Menulis salah satu cara menuangkan berbagai ide yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca. Hasil ide yang dituangkan dalam tulisan akan terus dikenang dan diingat para pembaca walaupun posisi kita telah tiada.

Menulis dapat menginspirasi, walaupun tulisan yang dibuat tidak terlalu sempurna. Setidaknya para pembaca dapat mengambil pelajaran yang tertulis untuk perubahan dimasa mendatang.

Menulis Membuat Hidup Bermanfaat

Menulis juga memiliki banyak manfaat, baik terhadap diri sendiri dan untuk orang banyak. Menulis sangat penting, bukankah sejak kecil kita sudah di ajarkan agar dapat menulis. Berikut 3 manfaat menulis:

1. Menulis upaya mengeluarkan ide dan gagasan. 

Biasanya ketika menulis semua ide akan muncul dengan cepat. Manfaat yang begitu terasa dari menulis ialah menambah pengetahuan, melatih daya ingat, memberikan informasi kepada pembaca, dan lainnya.
Menulis dapat mendorong menuju perubahan. Contohnya perubahan mengenai peradaban manusia sebagai mahluk, diawali dari berbagai ide, kemudian dituangkan menjadi bentuk tulisan.

Maka tulisan itulah yang akan dilihat dan dibaca oleh orang lain hingga mendorongnya untuk melakukan perubahan. 

Perubahan apa?, Secara tidak langsung akan memberikan efek positif bagi kita.
Tulisan tersebut dapat memberikan wawasan bagi yang membaca. Pada intinya adalah apabila anda ingin dikenang maka menulislah, karena menulis banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang banyak.

2. Menulis menjadi profesi.

Hanya karena menulis seseorang bisa berkeliling jalan-jalan. Bukan hanya dari desa ke desa saja atau antar kota, tapi akan membawa anda keliling dunia, Aamiin.

Sebagai perubahan dari awal sebagai penulis, maka lambat laun anda akan menjadi seorang trainer. Apakah bisa?, Tentulah. Lihat orang-orang yang hobi menulis, yang sudah menjadi profesinya. Bisa keliling dunia dengan pengetahuan yang luas.

Berbagai forum yang membutuhkan untuk mengundang mengisi acara, akan banyak mengharapkan. Jangan tanya sekarang, fokuskan saja menulis, dengan sendirinya anda akan dibutuhkan.

3. Menulis tak ada yang sia-sia.

Berpikirlah positif, Setiap tulisan akan memiliki pengaruh baik kepada banyak orang. Menulis juga akan membuat hidup kita menjadi abadi. Hanya dengan tulisan yang ada tersebut akan dibaca dan dikenang orang lain dimana pun ia berada.

Berbagai tulisan sebagai penyampai pesan yang baik. Sehingga ketika para pembaca mengamalkan isi tulisan tersebut, maka suatu kebaikan yang luar biasa.

Apakah Ada Bukti Orang Yang Sukses Dari Menulis,?

Sangat banyak dan tak terhitung jumlahnya. Tak perlu jauh-jauh, Orang-orang disekitar kita banyak yang sudah merasakan dampak baik dari menulis. Misalnya para Jurnalis, Penyair, Sastrawan, Akademisi, dan lainnya. 

Bukan hanya itu saja, Raditya Dika dengan bukunya berjudul "Kambing Jantan", Ippho Santoso dengan buku Best seller berjudul "7 Keajaiban Rizky dalam 40 Hari", "10 Jurus Terlarang", dan lain sebagainya.

Dari profesi sebagai penulis mereka bisa menjadi pembicara profesional yang sukses. Mereka bisa berkarya dan sangat menginspirasi. Beranikan menulis dengan gaya tulisan semampunya, yang penting mulai lakukan dan terus mencoba dan berproses. 

Ketika orang lain membaca tulisan atau karya seseorang, maka secara perlahan akan mendapatkan perubahan. Saat terjadi dorongan untuk melakukan perubahan merupakan suatu dampak dari tulisan yang dibaca.

Begitupun sebaliknya, saat tulisan dibaca orang lain, dan mendapatkan informasi yang bermanfaat. Maka penulisnya juga mendapatkan berkahnya. Itulah kenapa menulis itu sangat baik. Mari sama-sama belajar untuk mulai menulis agar merasakan dampak yang baik pula secara bersamaan.