Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sukses Interview Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia

Peserta Putra Putri Bahari Indonesia akan melewati berbagai tahapan perlombaan. Sejak karantina dimulai akan dilakukan penilaian. Penilaian tertinggi terdapat pada sesi Interview, poin selama karantina akan diakumulasikan secara keseluruhan.

Tahapan Interview dilakukan sesuai urutan nomor peserta. Dewan juri di bidang pengetahuan umum (Kebaharian), Kepribadian (Psikologi), Kelautan dan Perikanan (Perwakilan Staf Kementrian Kelautan RI), dan lainnya Namun agenda pemilihan setiap tahun kemungkinan berbeda-beda, termasuk juri penilaian pada sesi tanya jawab. 
Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia dilaksakan sesuai waktu yang telah ditentukan. Para peserta mempersiapkan segala kebutuhan selama proses seleksi. Mulai dari materi pengetahuan umum dan lainnya. Fokus dalam mengikuti seleksi dan tulis paparan materi berlangsung. 

Selama wawancara, dewan juri selanjutnya ialah
Kemudian Bahasa Inggris (Akademisi), Persentasi Materi Makalah Pariwisata (Panitia), Publik Speaking. Bagaimana cara sukses melewati sesi Interview dan mendapatkan poin memuaskan. 

Pada proses wawancara dilakukan satu persatu  sehingga pertanyaan harus dijawab dengan baik. Dari beberapa sesi tersebut maka persiapkan dengan baik. Penampilan formal sebagai salah satu penilaian, disesuaikan dengan ketetapan saat wawancara akan dilakukan. 

Nah, untuk lebih jelas perhatikan Tips Sukses Interview Putri Putri Bahari Indonesia: 

1. Publik Speaking

Juri di bagian Publik Speaking akan menilai kemampuan komunikasi masing-masing finalis. Publik Speaking perlu disiapkan dan dipelajari sebelum tes Interview dilakukan. Ketika berbicara gunakan artikulasi yang jelas.

Jangan mengulang jawaban, dan meminta juri mengulang pertanyaan. Intinya disini fokus dengan pertanyaan dan jawaban yang diberikan. Menjawab dengan santai dan tidak terlalu cepat atau terburu-buru.

2. Bahasa Inggris

Komunikasi menggunakan Bahasa Inggris dalam Interview. Juri memulai dengan meminta peserta memperkenalkan diri, dan berdialog. Walaupun Bahasa Inggris peserta pasif, jangan berkecil hati. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris yang pasif dan tetap percaya diri. 

Jika kesulitan menjawab dengan Bahasa Inggris, maka jawab saja dengan Bahasa Indonesia. Pertanyaan mulai dari perkenalan diri dan kegemaran. Tujuan mengikuti dan motivasinya apasaja. Hal itu, disampaikan dalam Bahasa Inggris. 

3. Tentang Kelautan dan Perikanan

Pertanyaan yang banyak muncul tahap ini, ialah materi yang telah dipelajari dan saat pemateri Staf Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan materi pada forum. 

Materi tentang Bahari dan maritim, batas wilayah laut indonesia, ekosistem laut manfaat tumbuhan mangrove, jenis penyu, penyebab kerusakan ekosistem laut, dampak reklamasi pulau, dan lainnya. 

4. Kepribadian

Interview di bagian Kepribadian akan diuji oleh seorang Psikologi. Pelajari sikap berjalan, duduk, dan berkomunikasi. Duduk formal, ramah dan sopan. Jujur saja menjawab pertanyaan karena kepribadian peserta akan dinilai dengan teliti.

5. Pengetahuan Umum

Interview di bidang pengetahuan umum termasuk poin penting dalam menentukan para pemenang. Jika tidak konsisten dengan memberikan yang terbaik maka, walaupun banyak yang menjagokan anda sebagai pemenang dapat tergeser oleh peserta lain.

Selain itu, sebelum wawancara dimulai perhatikan penampilan (pakaian formal). 
Hindari mengantuk, harus ditahan sampai semua peserta selesai Interview. Perlu dihindari saat menunggu panggilan Interview tidur di kursi, hingga mata merah dan wajah kusam.

Waktu Interview dimulai sejak 19:30 WIB sampai selesai. Sehingga benar-benar harus prima dan menahan diri tidak mengantuk.
Intinya, semangat dan ikuti tahapannya dengan konsisten. Tampilkan yang terbaik dan pasang target untuk menang.