Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Seruit khas Daerah Lampung

Seruit merupakan kuliner khas daerah Lampung. Berbeda dengan gulai taboh yang dimasak menggunakan santan dan bumbu rempah-rempah. Seruit dari bahan ikan yang dimasak dengan cara di panggang atau digoreng.

Kuliner seruit mudah dibuat, ikan dipanggang dan santap dengan sambal. Tambahannya tempoyak dan kuah santan. Makanan ini, dinikmati. Daging ikan di campur tempoyak, sambal dan disiram kuah santan. 

Seruit diambil dari bahan daerah, namun pada umumnya ikan panggang dan ikan yang telah digoreng sudah biasa menjadi makanan masyakarat. Selain dipanggang dan digoreng, ikan juga bisa di sambal. Untuk lauk saat makan. Masakan dari bahan ikan, apapun cara memasaknya, enak terasa. 
Membuat seruit bisa berbagai macam,
Ada yang dilumuri bawang putih yang telah ditumbuk atau digiling atau tanpa bawang putih.

Setelah itu, ikan dipanggang di bara api yang diolesi kecap, mentega, dan disajikan dengan sambal khas perpaduan tempoyak, atau sambal mangga dan kuah santan yang diaduk bercampur hingga dimakan bersama-sama.

Makanan seruit ini disajikan dengan nasi hangat Kemudian lalapan yang segar seperti jengkol, pete, kol, sawi, dan kemangi. sajian pelengkap lainnya yakni dengan tempe tahu goreng, terong hijau dipanggang atau digoreng. 

Kemudian, jangan lupa campuran sambal tempoyak/mangga yang campur dengan jeruk nipis. Tekstur ikan seruit benar-benar lembut, bumbunya meresap ke daging ikan. 

Untuk membuat seruit yang sederhana, ikan dipanggang dan buatlah sambal. Itu saja sudah cukup, tinggal di santap dengan nikmat. Tambahan lain, terong panggang. Langsung disantap dengan lezat.