Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal dan Jawaban Muatan Lokal Budaya Lampung

Bahasa Lampung sudah diajdikan sebagai mata pelajaran muatan lokal di seluruh jenjang sekolah baik SD, SMP, SMA, Sederajat di Lampung. Hal itu berdasarkan aturan yang sudah di berlakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yang telah di Launching di Gedung Bagas Raya pada tanggal 27/08/2019.

Pada peraturan Gubernur nomor 39, mengenai Bahasa Lampung sebagai muata lokal maka setiap sekolah wajib melaksanakan dan menerapkan kurikulum Bahasa Lampung tersebut untuk di diajarkan kepada siswa. Pada luacnhing dibagas raya mengenai muatan lokal Bahasa Lampung juga bersamaan dengan program Lampung mengaji.
Adanya pelajaran muatan lokal ini bertujuan agar para pemuda-pemudi yang tinggal lampung dapat mengetahui kebudayaan lampung yang ada sejak zaman dahulu. Pemahaman akan hal ini sangat tepat diterapkan pada generasi muda lampung. Jangan sampai para pelajar di lampung tak mengetahui sejarah, dan adat budaya di Provinsi Lampung.

Di pembahasan kali ini kami muat berbagai kumpulan soal dan jawaban muatan lokal budaya lampung yang biasa saja muncul pada pembelajaran siswa/i baik dari sekaolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA). Sebagai berikut:

Kumpulan Soal dan Jawaban Muatan Lokal Bahasa Lampung

Berikut kami sampaikan contoh soal/ kumpulan soal muatan lokal untuk bahan pembelajaran yang harus kita lestarikan bersama sebagai berikut. 

1. Kapan provinsi lampung di resmikan?


Provinsi lampung diresmikan pada tanggal 18 maret 1964. Jika pada tahun sebelumnya provinsi lampung masuk pada wilayah sumatera selatan.

2. Apa makna lambang "Sai Bumi Rua Jurai" ?


Makna Lambang sai bumi rua juara adalah terdapat dua suku yang mendiami wilayah lampung dengan tujuan bersama.

3. Sebutkan suku masyarakat lampung dan perbedannya?


Terdapat 2 suku masyarakat lampung yakni lampung sai batin dan pepadun. Keduanya memiliki perbedaan. 

4. Berapa jumlah kelabai dan jumlah anak yang terdapat pada aksara lampung?

Jumlah kelabai aksara lampung yakni 20 kelabai surat dan jumlah anaknya sebanyak 12.

5. Jelaskan adat pernikahan masyarakat lampung saibatin?


Pernikahan adat lampung sai batin yaitu meliput adat jujor, semanda, dan sebambangan, nayuh, serta bukhasan. 

6. Apa yang anda ketahui adat lepas metudau?


Ialah salah satu upacara pernikahan adat lampung, melayu pesisir yang banyak dilakukan dibagian pesisir seperti krui, pesisir barat. Saat ini telah banyak dikembangkan melalui seni tari. 

7. Apa makna budaya kakicik pada masyarakat lampung?

Budaya kakicik adalah sebuah rapat atau berhimpun untuk mengadakan suatu acara. Seperti adat perkawinan, sebelum hari H dimulai jauh-jauh hari sudah dilakukan kekicik untuk penetuan tanggal nikah dan konsep yang ada dibuat. Kakicik sama halnya berkumpul bermusyawarah, cara ini sudah ada sejak dulu. 

8. Jelaskan apa itu budaya ngakhun?

Budaya ngakhun adalah sebuah kebiasaan muda-mudi lampung dalam membantu saiful hajat dengan melakukan penanakan nasi atau merebus air yang dilakukan oleh pemuda-pemudi lampung. Acara ini biasa dilakukan oleh Muli dan mekhanai untuk menyediakan bahan utama santapan untuk tamu undangan.

9. Apa itu budaya budiker?

Budaya budiker dilakukan oleh orangtua dewasa, dinyanyikan dengan iringi musik rebana. Adat istiadat dapat menambah pengetahuan. 

10. Jelaskan tarian nyambai?
Nyambai adalah tarian adat lampung secara turun temuran, sejak dahulu. Untuk jenis tarian nyambai yang memiliki karakteristik yang baik. 

11. Jelaskan tarian hadra masyarakat lampung?
Tarian hadra adalah sebuah seni tari yang biasa dipakai oleh masyarakat lampung saibatin seperti Melayu pesisir pada upacara adat. 

12. Sebutkan jenis dan motif kain tapis khas lampung?

Jenis dan Motif kain Tapis Lampung sangat beragam termasuk bagi pemakainya. Seperti contoh tapis jung sarat, pucuk rebung dan lainnya.

13. Jelaskan apa faktor bahasa lampung tidak dipakai?

Faktor bahasa lampung tidak di pakai salah satunya gengsi, dan pengaruh lingkungan. Berkomunikasi harus sesuai pada tempat dan  kondisinya. 

15. Apa nama makanan khas daerah lampung?

Makanan asli khas lampung yang telah populer ialah seruit. Seruit dibuat dari bahan ikan yang di panggang atau di goreng. 

16. Sebutkan masakan dan makanan ringan daerah lampung?

Terdapat masakan dan makanan ringan asli lampung yang wajib anda ketahui secara lengkap, salah satunya yakni gulai taboh dan kue ibek. 

17. Sebutkan jenis pernikhan semanda pada masyarakat lampung sai batin?

Jenisnya yaitu semanda raja-raja, semanda tabuh geduk, dan sebagainya. 

18. Apa yang anda ketahui tentang budaya hahiwang?

Hahiwang adalah sastra lisan asli lampung yang dibawakan dengan menyanyi dengan nada menangismenangis/sedih.

19. Contoh budaya warisan tak benda?

Budaya warisan tak benda antara lain yaitu budaya kakiceran yang ada di kabupaten pesisir barat, di Provinsi lampung. 

20. Jelaskan apa itu budaya kakiceran?

Budaya kakiceran yaitu kesenian Melayu pesisir, sebagai ajang silaturahmi dengan pertunjukan  tarian adat dan tarian cipta, kegiatan ini dilakukan satu tahun sekali dalam rangka memeriahkan hari raya idul fitri.

21. Jelaskan apa itu wayak lampung?

Lirik wayak lampung yakni sebuah nayanyian yang dibawakan pada kegiatan kakiceran. 

23. Jelaskan sejarah singkat kabupaten pesisir barat?

Pesisir Barat dibentuk tanggal 25 oktober 2012 dan diresmikan pada 22 april 2013 dengan julukan "Negeri para saibatin dan ulama".

Demikian contoh soal dan jawaban muatan lokal dalam pelajaran bahasa lampung yang dapat diterapkan atau diajarkan kepada anak-anak dalam muatan lokal. 

Pentingnya pemahaman tentang budaya dan adat istiadat yang harus ditanamkan sejak dini khususnya di daerah. Hal tersebut dikarenakan "Melayu tak akan hilang di bumi". 

Mengingat kita tinggal di provinsi lampung yang harus mengetahuinya. Untuk menjawab pertanyaan diatas silahkan klik kolom pencarian pojok kanan, tulis saja judul kuncinya maka akan keluar artikelnya. Semoga bermanfaat..