Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tarian Lepas Metudau Daerah Lampung

Lepas Metudau merupakan salah satu Proses Rangkaian dalam Adat Pernikahan di daerah Lampung. Dalam pentas seni, lepas metudau dijadikan dalam suatu tarian kreasi yang menghibur. 

Status metudau dipentaskan dalam tarian yang telah dilombakan. Dalam seni tari, memiliki pesan dan cerita. Saat menyaksikan tarian baik di kanal YouTube atau dalam pertunjukan seni, sebagai sarana hiburan. 

Metudau juga merupakan sebuah status pernikahan dimana seorang wanita yang akan sepenuhnya masuk dalam mengikuti pihak suami dan masuk dalam keluarga besar pasangannya tersebut. 
                        (Foto: @samsu.humas)
Tarian lepas metudau sangat unik, saat dipentaskan di acara seni. Tarian lepas metudau menceritakan proses pernikahan seseorang, dimana sang ibu akan melepas anak gadisnya dengan rasa sedih dan haru penuh bahagia.

Mengikhlaskan kepergian gadis terkasih dengan berlinang air mata, mengambil air yang telah disiapkan untuk di percikan langsung ke kepala putrinya sebagai bentuk simbol doa kepada sang pencipta dengan mengharapkan kebahagiaan selalu kepada keduanya dan senantiasa hidup rukun, damai, dan kesejahteraan dalam membina rumah tangga yang baik.

Banyak para pecinta budaya membuat tarian yang mengangkat tema. Salah satunya " Tarian lepas metudau" dengan kreasi yang unik dengan pesan yang tersiratkan.

Tarian kreasi mengangkat tema lepas metudau ini, pernah ditampilkan dan telah berhasil meraih penghargaan sebagai penampil terbaik ke-5. Untuk penata rias dan busana terbaik ke-3 dinaungi oleh sanggar seni teluk stabas.