Apa itu Organisasi? Pengertian dan Tujuan Oganisasi

Hasbundoya.com - Sebuah teori yang menjelaskan bahwa pentingnya organisasi. Dapat kita ibaratkan sebuah mesin yang bisa mempercepat anda untuk lebih belajar arti dari sebuah proses. Lingkup yang dimaksudkan bukan hanya sekedar organisasi formal saja tapi juga Non formal. dalam sebuah organisasi terdapat sebuah pembelajaran yang banyak mengenai kepemimpinan, keilmuan, kehdupan sosial, sikap mengambil peluang, kemandirian, networking, pengalaman, dan sebagainya.

Organisasi berguna untuk membentuk suatu tim kerja atau aktifitas tertentu yang lebih baik kedepannya. Organisasi identik dengan invidu ataupun sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yagn tergabung dalam suatu system dan memili tujuan bersama.

Pengertian Organisasi


Pengertian organisasi adalah sebuah wadah sekelompok orang yang memiliki tujuan dan cita-cita bersama. Organisasi  terdiri dari keanggotaan kelompok yang terstruktur dan memiliki kepentingan bersama untuk mencapai tujuan tertentu secara bersamaan.
Organisasi juga memiliki sistemnya masing-masing. Setiap orang yang akan mengikuti organisasi tertentu harus patuh terhadap aturan ADART dan menerapakannya dalam kehidupan sehari-hari. Baca juga: Cara memilih organisasi bagi pemula

Setiap orang memerlukan pengalaman dalam organisasi, dan berhak memilih atau menentukan organisasi apa yang akan diikuti sesuai keinginan. Pengalaman dan pembelajaran dalam organisasi sangat bermanfata untuk kehidupan. Manusia sebagai makhluk sosial yang jelas akan berhubungan antar sesamanya dalam hal intraksi sosial dan sebagainya.


Contoh Organisasi Intra Kampus dan Ekstra Kampus

Setiap Organisasi yang ada di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, instansi, bahkan perguruan tinggi, selalu menekankan kebaikan dan pembelajaran para anggota untuk kedepannya. Setiap organisasi yang ada pasti mempunyai tujuan masing-masing. Berikut contoh organisasi Intra kampus:

1. Contoh Organisasi Intra Kampus diantaranya: Unit Kegiatan Mahasisa (UKM) Pencak silat, UKM Lembaga Pers Mahasiswa, UKM Seni Budaya, UKM Olahraga, UKM Beladiri, UKM Mahasiswa Pencinta Alam, dan semua UKM yang ada dilingkungan kampus.

2. Organisasi Extra Kampus:
Contoh organisasi diluar kampus antara lain: Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII), dan lainnya.

Contoh lainnya organisasi yang ada diluar kampus, misalnya: KNPI, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Ikatan Duta Museum, Ikatan Duta Wisata, dan sebagainya.

Tujuan Organisasi

Sebagai tujuan oraganisasi yakni sebagai wadah dalam pengembangan diri, dan pembelajaran. contohnya Ukm pencaksilat yang lebih menekankan sikap keberanian untuk perlindungan diri dan mempelajari seni silat.

Contoh lain UKM Lembaga Pers Mahasiswa bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengenal dunia jurnalis yang meliputi sistem penulisan berita, tekhni menulis, cara berkomunikasi yang baik, cara menggali informasi, cara memawancara narasumber yang baik, dan sebagainya.

Itu artinya setiap organisasi yang dibentuk memiliki tupoksi dan arahnya masing-masing. Organisasi banyak manfaatnya, seperti memberikan ruang bagi seseorang untuk terus berkreasi dan berkarya dalam menyalurkan bakat agar searah dengan kelebihan dalam diri seseorang, memperbanyak kenalan, menambah keilmuan, dan lainnya.

Jadi, setiap organisasi pada umumnya memberikan tempat pembelajaran diluar penddikan formal selain disekolah atau kampus. selain itu, bagi setiap angota dapat memberikan pengaruh positif untuk dirinya sendiri, dan orang disekitarnya. seperti sikap kesopanan, bertutur kata yang baik, dapat mengahargai setiap orang, dan selalu memberikan keramahan kepada sesama.

Tujuan yang akan terbentuk adalah melatih sikap kepemimpinan, dan sebagai pengembangan diri bagi seluruh anggota.
Hal tersebut wajib didapatkan oleh setiap orang terutama anda sebagai mahasiswa, karena ruang lingkup yang akan dihadapi mahasiwa kedepan akan lebih luas dan lebih menantang.

Melalui organisasi yang diikuti mahasiswa akan mampu menjadikan seseorang lebih mudah beradaptasi dengan orang-orang disekitarnya. Apalagi saat sudah lulus dari perguruan tinggi akan lebih santai dalam pengembangan dan beradaptasi di tengah-tengah masyarakat. Jadi, alasan inilah yang membuat banyak orang mengikuti organisasi. 

Namun apapun organisasi yang kita ikuti betul-betul dijadikan sebagai tempat menimba ilmu. Bukan karena ikut-ikutan, bahkan paksaan. Ikutilah orgnisasi dengan hati yang tulus, aktif dan kerjarlah ilmunya dengan baik. Nah, itulah informasi mengenai organisasi mulai dari oengertian dan tujuannya. Sekarang anda sudah pahamkan apa itu organisasi. Untuk itu, ayo berorganisasi !! Semoga bermanfaat, Tabikpun..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel